Konten dari Pengguna

Tetap Eksis Puluhan Tahun, Tak Mau Tunggu Konsumen JNE Memilih Jemput Bola

trianiagatha
Saat ini, saya berstatus sebagai mahasiswa aktif Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Makassar
10 Maret 2023 7:20 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari trianiagatha tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sumber Gambar: Dokumentasi Pribadi Penulis
Munculnya berbagai macam perusahaan jasa pengiriman saat ini tentu tidak lepas dari perkembangan teknologi. Namun tidak semuanya mampu bertahan di tengah gempuran persaingan fluktuatif pasar. JNE dikenal sebagai salah satu penyedia jasa pengiriman barang dalam negeri maupun ke luar negeri. Sejak awal merintis usahanya, tak terasa sudah 32 tahun JNE hadir di tengah kita.
ADVERTISEMENT
Butuh perjuangan besar untuk tetap mempertahankan eksistensi JNE, apalagi selama masa pandemi. Sama halnya dengan kondisi saat ini. Bedanya, mobilisasi yang dulunya terbatas kini perlahan kembali seperti semula layaknya sebelum pandemi berlangsung.
Dinamisasi dalam proses menjalankan perusahaan pasca pandemi tentu menjadi tantangan tersendiri bagi JNE. Berkat integritas, JNE mampu mempertahankan posisinya sebagai salah satu perusahaan pengiriman logistik dengan tingkat kepercayaan konsumen yang tinggi. Tak hanya itu saja, JNE tentu membekali diri dengan strategi yang menjadikannya tetap dikenal hingga kini. Lalu, strategi seperti apa yang dilakukan oleh JNE?
1) Tidak Mau Menunggu Konsumen
Sesuai dengan misi JNE yakni “memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan secara konsisten,” maka pelayanan yang terbaik bagi konsumen adalah prioritas utama. Sobat pembaca tentunya tahu bahwa hanya dengan melakukan panggilan ketika hendak mengirimkan barang, maka kurir akan datang menjemput barang tersebut.
ADVERTISEMENT
2) Barang Tiba Di Tempat Tujuan Konsumen Adalah Harga Mati
Sebagai perusahaan yang identik dengan warna merah biru ini, JNE berupaya keras agar barang konsumen tiba di tempat tujuan dengan tepat tanpa cacat. Karena itu, JNE menyediakan berbagai jenis layanan pengiriman dan menganjurkan konsumen untuk mengasuransikan barang kirimannya. Bahkan, JNE bersedia melakukan pembayaran klaim konsumen jika perusahaan asuransi tidak membayar klaim sesuai dengan waktu yang telah ditentukan.
3) Menciptakan Inovasi Layanan
Berbagai inovasi dilakukan oleh JNE untuk meningkatkan kepuasan konsumen seperti layanan Pesanan Oleh-oleh Nusantara (PESONA) dan JNE Trucking (JTR). Melalui PESONA, konsumen tidak perlu jauh-jauh kedaerah tertentu untuk membeli oleh-oleh khas daerah tersebut. Konsumen hanya perlu menghubungi JNE maka paket siap diantar ke tempat tujuan. Melalui JTR, konsumen dapat menikmati layanan pengiriman barang dalam jumlah besar tanpa rasa khawatir sebab layanan ini dilengkapi GPS. Tak hanya itu, JNE juga menyediakan jasa pengiriman surat-surat berharga yang tentunya disertai dengan jaminan.
ADVERTISEMENT
4) Menganut nilai yang berbeda dari perusahaan lainnya
Para founder JNE menganut prinsip "berbagi, memberi dan menyantuni," yang kini telah menjadi tradisi turun-temurun dalam perusahaan. Maka tak heran jika JNE seringkali berkolaborasi dengan kegiatan amal bahkan turut serta berkarya dalam peningkatan literasi di pelosok-pelosok daerah.
Itulah beberapa hal yang membuat JNE tetap eksis hingga kini. Sebagai perusahaan yang berada di tengah masyarakat, tentunya JNE tak luput dari komplain konsumen. Namun sesuai dengan filosofi penggunaan garis melengkung pada logo perusahaan, JNE berupaya bangkit untuk meningkatkatkan efektifitas, efisiensi dan fleksibilitas perusahaan demi peningkatan kualitas pelayanan konsumen.
#JNE32tahun,
#JNEBangkitBersama
#jnecontentcompetition2023
#ConnectingHappiness