Demi Tingkatkan UMKM, Mahasiswa UNDIP Adakan Sosialisasi Social Media Marketing

Tri Oktavia Ulya
Mahasiswa Universitas Diponegoro 2019
Konten dari Pengguna
21 Februari 2023 16:20 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Tri Oktavia Ulya tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Penjelasan Materi Social Media Marketing oleh Mahasiswa UNDIP
zoom-in-whitePerbesar
Penjelasan Materi Social Media Marketing oleh Mahasiswa UNDIP
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Batang (31/1) Di masa ini, teknologi informasi menjadi hal yang penting bagi kehidupan termasuk di antaranya di bidang sosial dan ekonomi. Melalui platform digital, semua orang bisa melakukan interaksi dengan orang lain di seluruh penjuru dunia. Di bidang ekonomi sendiri, pemanfaatan teknologi yang kerap digunakan saat ini salah satunya yaitu ada Social Media Marketing. Social Media Marketing atau pemasaran melalui sosial media merupakan salah satu strategi pemasaran dengan memanfaatkan teknologi dan jaringan internet untuk mempromosikan produknya.
ADVERTISEMENT
Pada minggu ke-5 kegiatan TIM I KKN UNDIP 2023 diisi dengan pelaksanaan kegiatan Program Monodisiplin oleh Tri Oktavia Ulya dari Administrasi Publik (2019) pada hari Rabu tanggal 31 Januari 2023 melalui sosialisasi dengan materi tentang “Social Media Marketing sebagai Media dalam Meningkatkan UMKM”. Di dalam materi tersebut, mahasiswa menjelaskan mengenai pentingnya Social Media Marketing dan bagaimana strategi Social Media Marketing menggunakan model AIDAT (Attention atau Perhatian, Interest atau Ketertarikan, Desire atau Keinginan, Action atau Tindakan, dan Tell atau Memberitahu) untuk mempromosikan suatu produk. Acara sosialisasi ini dilaksanakan di Balai Desa Gombong, Kecamatan Pecalungan, Kabupaten Batang dengan audience yakni para pengusaha rumahan/lokal yang ada di Desa Gombong. Mahasiswa melakukan kegiatan ini karena melihat adanya potensi usaha mikro, kecil, dan menengah di Desa Gombong, khususnya di bidang makanan seperti opak, keripik, rengginang, pentol, dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT
Acara sosialisasi berjalan dengan baik, dan banyak dari pengusaha lokal yang datang dan tertarik dengan materi yang telah disampaikan. Diharapkan dengan adanya pemaparan materi yang penulis sampaikan, masyarakat usaha rumahan dapat mengimplementasikan Social Media Marketing ini untuk mempromosikan produknya agar mereka dapat meningkatkan usaha ataupun produk mereka.
Foto bersama para pelaku usaha rumahan/lokal Desa Gombong