Fakta Unik Mugwort Sebagai Bahan Utama Makanan hingga Solusi Permasalahan Kulit

Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Airlangga
Konten dari Pengguna
11 Mei 2022 21:30
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Trisya Nadita Takiya tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Fakta Unik Mugwort Sebagai Bahan Utama Makanan hingga Solusi Permasalahan Kulit  (123854)
zoom-in-whitePerbesar
Gambar 1. Daun Herbal Mugwort (Sumber : shutterstock)
Mugwort adalah tanaman herbal dengan beragam manfaat yang menarik. Daun baru cina ini merupakan tanaman yang berasal dari Eropa Utara dan Asia. Tanaman ini telah digunakan berbagai masyarakat di penjuru dunia sebagai obat tradisional maupun bahan utama dalam suatu hidangan.
ADVERTISEMENT
Setelah melakukan aktivitas yang berat di luar rumah, pikiran seketika akan kacau melihat wajah yang kusam di depan cermin. Hari juga akan terasa lebih suntuk jika tiba-tiba muncul jerawat mengganggu di wajah Anda. Tentunya, Anda akan merasa senang jika melihat wajah Anda berseri-seri. Wajah yang berseri-seri terbukti dapat meningkatkan semangat untuk bekerja dan beraktivitas.
Produk kecantikan berbahan mugwort, merupakan salah satu solusi untuk Anda ketika masalah kulit muncul pada wajah Anda. Produk tersebut juga dapat membantu Anda untuk menjernihkan pikiran serta memberikan efek relaksasi. Saat ini, mugwort dapat dengan mudah ditemukan di berbagai produk perawatan kulit. Untuk itu, berikut ini adalah fakta unik mengenai mugwort yang terbukti efektif untuk mengatasi permasalahan kulit Anda.
ADVERTISEMENT

1. Menjadi Bahan Utama Makanan di Festival Qingming

Fakta Unik Mugwort Sebagai Bahan Utama Makanan hingga Solusi Permasalahan Kulit  (123855)
zoom-in-whitePerbesar
Gambar 2. Qingtuan Hidangan Utama Festival Qingming (Sumber : shutterstock)
Daun baru cina atau yang biasa disebut mugwort merupakan tanaman herbal tradisional Tiongkok yang telah digunakan lebih dari 1000 tahun lalu. Masyarakat Tiongkok telah menggunakan daun ini setiap tahunnya pada tanggal 4 April sebagai bahan utama dalam hidangan di Festival Qingming, yang bernama Qingtuan. Qingtuan merupakan camilan berbentuk pangsit yang diberikan sebagai tanda penghormatan kepada leluhur mereka di festival ini.

2. Mengatasi Masalah Jerawat

Jerawat seringkali muncul di waktu yang tidak tepat. Hal tersebut membuat kita kurang percaya diri untuk tampil di muka umum. Namun, jangan khawatir, Anda dapat menggunakan produk kecantikan berbahan mugwort yang dapat mengatasi masalah jerawat Anda karena mugwort memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, dan juga anti jamur. Gunakan produk berbahan daun baru cina ini dengan rutin untuk hasil yang maksimal
ADVERTISEMENT

3. Turun Temurun Digunakan di Korea

Fakta Unik Mugwort Sebagai Bahan Utama Makanan hingga Solusi Permasalahan Kulit  (123856)
zoom-in-whitePerbesar
Gambar 3. Masker dengan Kandungan Mugwort (Sumber : shutterstock)
Mugwort merupakan salah satu kandungan alami pada produk masker yang sedang menjadi tren di negeri ginseng, Korea. Mugwort dapat ditemukan di berbagai produk kecantikan Korea. Anda dapat dengan mudah mencari produk kecantikan Korea yang berbahan mugwort, seperti masker, serum, toner, dan essence.
Mugwort atau dikenal sebagai "ssuk" di Korea pada awalnya, merupakan produk alami yang sering digunakan sebagai bahan herbal di sebuah pemandian Korea untuk memberikan efek penghangat dan relaksasi pada tubuh. Selain itu, ssuk juga turun temurun digunakan sebagai bahan alami yang digunakan dalam makanan Korea. Misalnya, berbagai kue berbahan dasar mugwort dan masakan herbal lainnya.

4. Mencerahkan Wajah

Selain mengatasi jerawat, bahan alami mugwort juga dapat mencerahkan wajah. Tidak heran, bahwa mugwort menjadi salah satu masker yang sering dipakai oleh remaja. Seorang dermatolog asal Amerika Serikat menyatakan bahwa mugwort memiliki sifat antioksidan seperti Vitamin C. Antioksidan yang dimaksud, yaitu molekul yang dapat melawan stres akibat oksidasi dan sebagai penangkal radikal bebas. Kerusakan akibat oksidasi itulah yang dapat menyebabkan kulit menjadi kusam.
ADVERTISEMENT

5. Cocok untuk Kulit Kering dan Sensitif

Bagi Anda yang memiliki wajah kering dan sensitif, masker berbahan utama mugwort sangat cocok untuk Anda gunakan. Mugwort memiliki sifat antiinflamasi yang dapat membantu Anda mengatasi masalah kulit kering dan sensitif. Kandungan pada mugwort inilah yang dapat mencegah iritasi pada kulit Anda.
Mugwort terbukti memiliki berbagai manfaat untuk mengatasi masalah kulit Anda. Untuk hasil yang optimal, Anda disarankan untuk menggunakan produk perawatan kulit dengan rutin. Gunakan kandungan produk perawatan kulit yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan kulit wajah Anda.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020