Food & Travel
·
13 Juni 2019 0:09

5 Tanda Efek Kelebihan Lemak Dalam Tubuh

Konten ini diproduksi oleh Trubus ID
Trubus.id -- Menolak makanan yang mengandung lemak merupakan cara yang ampuh untuk mengurangi berat badan. Lemak selama ini menjadi alasan utama berat badan kamu bertambah. Selain itu, banyak jurnal kesehatan yang menyebutkan bahwa lemak memberikan efek negatif terhadap kesehatan, terutama untuk kesehatan jantung dan kolesterol.
ADVERTISEMENT
Meskipun lemak memberikan dampak yang buruk bagi tubuh, namun masih banyak orang yang tetap mengonsumsi makanan sumber lemak dengan alasan makanan tersebut lebih lezat.
Sebelumnya, perlu Trubus Mania perlu ketahui bahwa lemak terbagi menjadi dua, lemak yang sehat dan lemak yang dianggap tak sehat. Meskipun dikatakan sehat, lemak ini (lemak sehat berbentuk lemak tak jenuh) sebaiknya hanya dikonsumsi dalam jumlah sedang, karena makanan sumber lemak tak jenuh biasanya juga mengandung kalori yang cukup tinggi. Lemak sehat ini terdapat pada kacang, alpukat dan ikan.
Sebaliknya, lemak tak sehat (berbentuk lemak jenuh dan lemak trans) justru harus benar-benar dibatasi. Makanan yang mengandung lemak ini mudah dijumpai di makanan yang kamu konsumsi. Seperti pada makanan dengan proses digoreng, roti bermentega atau margarin dan lain sebainya.Tanpa disadari, kamu sudah mengonsumsi lemak dalam jumlah banyak.
ADVERTISEMENT
Nah, jika kamu khawatir terlalu banyak lemak dalam tubuh kamu, maka berikut ini adalah lima tanda yang bisa kamu perhatikan saat kamu kelebihan lemak dalam tubuh:
1. Berat badan bertambah Terlalu banyak mengonsumsi makanan sumber lemak, sudah pasti menyebabkan kandungan lemak dalam tubuh bertambah. Efeknya, berat badan kamu bisa bertambah. Saat hal tersebut terjadi, sudah saatnya kamu perlu mengevaluasi diet kamu dan mengurangi lemak.
2. Kadar kolesterol dalam darah meningkat Berdasarkan National Health Service di Inggris, salah satu tanda utama lain saat kamu makan terlalu banyak lemak adalah kadar kolesterol yang meningkat. Kadar kolesterol dapat dilihat melalui tes darah sederhana.
ADVERTISEMENT
3. Mengalami gangguan pencernaan Perlu kamu ketahui bahwa makanan berlemak lebih sulit dicerna di dalam usus. Sehingga, bila kamu mengalami gangguan pencernaan, periksa lagi diet yang kamu jalani. Bisa jadi, kamu kebanyakan konsumsi makanan tinggi lemak.
4. Mengantuk setelah makan Jika kamu merasa sangat lemas dan mengantuk setelah selesai makan, hal tersebut adalah indikator bahwa lemak tinggi dalam makanan dapat berdampak pada tingkat energi kamu.
5. Sulit berkonsentrasi Selain membuat kamu merasa mengantuk, terlalu banyak konsumsi lemak juga mengakibatkan kamu juga lebih sulit fokus dan berkonsentrasi. [NN]