Ciri-ciri Burung Lovebird Bermental Petarung dan Cara Memilihnya

Media online kekinian yang menyajikan informasi seputar gaya hidup hijau yang ramah lingkungan dan peristiwa terkait alam, lingkungan, sosial, serta pemberdayaan masyarakat untuk bumi kita yang lebih hijau dan lestari
Konten dari Pengguna
18 Oktober 2018 0:20
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Trubus ID tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Trubus.id -- Sudah beberapa tahun belakangan, burung lovebird seakan menjadi burung wajib yang harus ada di setiap rumah, khususnya para kicau mania. Maklum saja, tak hanya karena fisik dan suaranya, bentuk serta warnanya yang beragam juga cukup menarik banyak orang.
ADVERTISEMENT
Hingga saat ini, banyak orang yang membeli lovebird di pasaran untuk dijadikan burung peliharaan di rumah, untuk lomba kicauan dan juga untuk dinikmati keindahan bulunya. Dengan begitu, saat membeli burung lovebird kamu harus bisa memilih yang sesuai dengan keinginanmu. 
Apabila anda memelihara lovebird hanya untuk dijadikan pajangan saja, maka sebaiknya anda memilih lovebird yang memiliki warna menarik serta indah untuk dipandang mata. Namun apabila anda memelihara lovebird yang tujuannya untuk dijadikan burung lomba, maka sebaiknya kamu memilih lovebird yang bermental petarung atau fighter serta memiliki kemampuan ngekek panjang.
Nah, kali ini Trubus.id akan membahas burung lovebird yang tujuannya untuk dilombakan. Karenanya, kamu harus tau ciri-ciri lovebird bermental fighter yang pastinya mendukung penampilan burung kesayangan kamu saat turun ke arena perlombaan. 
ADVERTISEMENT
Burung Lovebird yang memiliki mental fighter tak hanya bisa kita amati dari kualitas suara kicauan dan juga tingkah laku. Burung lovebird yang memiliki sifat petarung juga bisa diamati dari fisiknya.
Memang jika dilihat sekilas, lovebird yang biasa dengan lovebird yang memiliki mental fighter sepertinya sama saja. Terutama untuk pecinta lovebird yang masih pemula yang belum memiliki jam terbang, pastinya akan merasa kesulitan dalam membedakannya. Namun, untuk pecinta sejati burung lovebird, hanya dengan melihat sekilas saja mereka sudah akan bisa mengetahui apakah lovebird itu memiliki mental fighter atau tidak bermental fighter.
Ciri-ciri lovebird bermental fighter
Yang perlu anda di dalam mengetahui ciri-ciri lovebird bermental fighter serta memiliki suara ngekek panjang ini ternyata tidak bisa kita tentukan jika dilihat berdasarkan warna burung. Apa pun warna burung lovebird, pasti ada yang bemental fighter dan ada yang bermental biasa saja. Akan tetapi, kebanyakan lovebird yang diikut sertakan dalam acara lomba yaitu lovebird yang berwarna hijau. Untuk lovebird warna hijau tersebut bahkan juga paling banyak kita jumpai di pasaran.
ADVERTISEMENT
Ciri-ciri lovebird bermental fighter yang paling menonjol yaitu bisa dilihat dari bentuk sayap dan juga dilihat dari bentuk bagian ekor. Lovebird yang bermental fighter pada umumnya memiliki bentuk sayap menyilang serta terlihat agak melengkung ke atas. Kemudian untuk bentuk ekornya, burung lovebird bermental fighter biasanya memiliki ekor lurus ke bawah yang tampak sejajar dengan kaki. Dengan demikian, anda jangan memilih lovebird yang punya bentuk ekor yang mengarah ke belakang.
Kelebihan memilih lovebird yang ekornya lurus ke bawah dapat terlihat ketika lovebird berbunyi atau ngekek. Pada umumnya, saat ngekek ini burung lovebird akan memainkan ekornya serta akan terlihat seperti melambai-lambai. Dengan begitu untuk lovebird yang ekornya turun kebawah dengan membentuk huruf V ketika ngekek dan akan terlihat indah sekali seperti halnya tangan yang melambai-lambai ketika memanggil seseorang.
ADVERTISEMENT
Ciri-ciri lovebird bermental fighter berikutnya yaitu bisa kita lihat pada bagian leher. Pada umumnya lovebird fighter ini punya leher yang besar untuk dijadikan tanda bahwa ia punya nafas yang panjang. Akan tetapi ketika lovebird kaget atau terancam, lehernya terlihat memanjang serta gagah.
Tips memilih lovebird bermental fighter
Ciri-ciri lovebird bermental fighter tak hanya bisa dilihat dari bentuk sayap, ekor serta leher, namun dapat ditentukan dari kualitas suara. Lovebird fighter pada umumnya cenderung cerewet dan kerap berkicau.
Bisa juga anda memilih lovebird yang selalu ngriwik. Terutama untuk lovebird yang masih anakan yang pada umumnya belum mempunyai kemampuan ngekek panjang, namun sudah terlihat dari sifatnya yang cerewet serta gemar ngeriwik.
Tapi yang paling mudah, Kamu bisa memilih lovebird bermental fighter dengan melihat garis keturunan dari burung tersebut. Pasalnya, indukan dengan mental fighter hampir selalu menurunkan sifat petarungnya itu pada anak-anaknya kelak. [RN]
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Galaxy Z Fold4 I Z Flip4 5G