News
·
29 Juni 2019 0:08

Semakin Jarang Dijumpai, Ikan Cupang Alam ini Semakin Bernilai Jual Tinggi

Konten ini diproduksi oleh Trubus ID

Semakin Jarang Dijumpai, Ikan Cupang Alam ini Semakin Bernilai Jual Tinggi

ADVERTISEMENT
Trubus.id -- Ikan cupang hias yang ada saat ini memiliki beragam jenis dan warna yang memikat hati. Namun demikian, ikan-ikan ini tidak akan dijumpai di alam liar yang biasa menjadi habitat ikan cupang. 
Kondisi ini terjadi karena sebagian ikan cupang hias yang ada sekarang, merupakan hasil persilangan berbagai jenis cupang yang telah melalui proses seleksi yang cukup panjang.
Menurut data yang ada, di seluruh penjuru dunia ada lebih dari 60 jenis spesies ikan cupang dengan berbagai macam variasi warna dan bentuk ekor. Namun demikian, beberapa jenis ini yang cukup banyak diminati dan mendapat tempat di hati para pecintanya. 

Betta Splendens (Siamese Fighting Fish)

Semakin Jarang Dijumpai, Ikan Cupang Alam ini Semakin Bernilai Jual Tinggi (142292)
Betta Splendens ini habitat aslinya berasal dari Thailand dan bisa hidup hingga 3 tahun. Ukuran jantan bisa mencapai sekitar 7-8 cm. Mereka dikenal akan berkelahi bahkan membunuh jantan lain. Tetapi umumnya mereka tidak terlalu agresif terhadap ikan jenis lain jika disatukan dalam satu akuarium. Ikan jenis ini selain menjadi cupang hias juga sering dijadikan cupang aduan.
ADVERTISEMENT

Betta Bellica (Standard's Betta)

Semakin Jarang Dijumpai, Ikan Cupang Alam ini Semakin Bernilai Jual Tinggi (142293)
Betta Bellica ini aslinya berasal dari Malaysia dan dikenal dengan nama ikan betah. Dibanding betta splendens ikan ini memiliki sirip yang lebih pendek dengan sirip ekor berbentuk hati. Di alam liar ketika makan ikan cupang ini kadang melompat dari air untuk menangkap mangsanya. Jantan memiliki ukuran badan lebih besar dan lebih berwarna dibandingkan  betinanya. Ukuran standar ikan ini 8-9 cm

Betta Coccina (Clorat's Betta)

Betta Coccina ini berasal dari Sumatra (Riau dan Jambi ) dan Johor Malaysia merupakan salah satu ikan cupang jenis terkecil. Umumnya memiliki warna merah atau coklat dan kadang memiliki titik dipunggungnya.
ADVERTISEMENT
Semakin Jarang Dijumpai, Ikan Cupang Alam ini Semakin Bernilai Jual Tinggi (142294)
Yang  paling menarik dari ikan cupang jenis Betta Coccina ini adalah matanya yang biru cerah. Jantan dan betina memiliki ukuran hampir sama.

Betta channoides (Snakehead betta)

~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~End Page~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~
Betta channoides adalah sejenis ikan cupang dalam grup Albimarginata; dalam perdagangan dikenal sebagai Snakehead Betta. Ikan ini merupakan salah satu cupang alam yang cukup populer karena warnanya yang menarik dan keberadaannya yang mudah didapat.
Semakin Jarang Dijumpai, Ikan Cupang Alam ini Semakin Bernilai Jual Tinggi (142295)
Semaraknya cupang alam dalam percaturan cupang dunia saat ini tidak urung mengangkat nama Betta channoides yang habitat aslinya di Sungai Mahakam dekat Pampang Kalimantan Timur. Popularitasnya tidak kalah dengan Betta macrostoma andalan negara Brunei Darussalam.

Betta imbellis (Slugger's Betta)

Betta imbellis adalah sejenis cupang yang terdapat Medan Indonesia dan Malaysia yang memiliki bentuk tubuh silinder dan memiliki warna tubuh hijau tua atau biru cemelang, kepalanya berbentuk bulat panjang dan berwarna hitam legam.
ADVERTISEMENT
Semakin Jarang Dijumpai, Ikan Cupang Alam ini Semakin Bernilai Jual Tinggi (142296)
Sirip ingsang berwarna hitam transparan. Namun kerap di jumpai sirip insang berwarna merah adapun sirip anal pendek dan berwarna merah dengan ujung berwarna putih,sirip ekor dan perut berwarna merah dan tepi sirip berwarna hijau atau biru. Sementara sirip punggung berwarna hijau atau biru dihiasi dengan bercak warna hitam. Cupang ini merupakan cupang yang asli dari perairan Indonesia dan kerap dijadikan cupang aduan.

Betta Mahachaiensis

Semakin Jarang Dijumpai, Ikan Cupang Alam ini Semakin Bernilai Jual Tinggi (142297)
Betta Mahachaiensis ini berasal dari Thailand. Cupang ini adalah cupang yang membangun sarangnya dengan busa (bublle nest). Betta mahachaiensis berwarna hijau metalik. Ikan ini sering termasuk ikan cupang yang sering diadu.

Betta Patoti

Semakin Jarang Dijumpai, Ikan Cupang Alam ini Semakin Bernilai Jual Tinggi (142298)
ADVERTISEMENT
Betta Patoti ini berasal dari Kalimantan.

Betta Picta (Painted Betta)

Semakin Jarang Dijumpai, Ikan Cupang Alam ini Semakin Bernilai Jual Tinggi (142299)
Betta Picta ini berasal dari pulau Jawa. Jenis cupang ini mudah untuk diternakan. Sayangnya jenis cupang ini warnanya tidak semenarik saudara-saudaranya sehingga kurang diminati dipasaran. Betina jenis cupang ini (betta picta) kadang suka berkelahi dengan jantannya sehingga sebaiknya dipisahkan apabila ini terjadi

Betta Smaragdina (Emerald Betta)

Betta Smaragdina ini berasal dari negara kamboja. Tubuh betta smaragdina berbentuk pipih dan berwarna hijau kehitaman dengan kepala pendek berwarna kehitaman.Sirip insang berwarna hitam transparan.
Semakin Jarang Dijumpai, Ikan Cupang Alam ini Semakin Bernilai Jual Tinggi (142300)
Adapun sirip analnya berukuran sedang dan berwarna hitam dengan bagian ujung berwarna putih kehijauan, sirip perut dan sirip ekor berwarna hijau tua dengan totol-totol hitam. Sementara sirip punggung berwarna hijau muda dihiasi bercak hitam. Ukuran panjang saat dewasa yaitu 6cm. 
ADVERTISEMENT
Itu tadi beberapa jenis ikan cupang / betta spesies yang ada di alam liar, namun keberadaanya kini banyak di cari oleh para kolektor maupun para pecinta ikan cupang di seluruh dunia pasalnya ikan cupang alam ini sudah langka dan jarang di temui di alam liar. 

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white