kumparan
11 Sep 2018 14:39 WIB

Belajar Teknik Membatik Bersama Hamzah Batik di Satu Suro

Dalam rangka merayakan Satu Suro berbagai macam kegiatan dilakukan masyarakat Jawa, khususnya Yogyakarta, dan salah satunya diinisiasi oleh Hamzah Batik Yogyakarta. Satu Suro merupakan hari pertama dalam kalender Jawa di bulan Sura atau Suro, di mana bertepatan dengan 1 Muharram dalam kalender Hijriyah.
ADVERTISEMENT
Sebagai pusat aksi atraksi dan budaya Jawa, Hamzah Batik, memanfaatkan perayaan satu suro untuk menyediakan sebuah wadah bagi wisatawan yang ingin belajar tentang batik, mulai dari membuat sendiri hingga mempelajari edukasi batik.
Supervising Hamzah Batik, Yetama Yeni, mengatakan Satu Suro kali ini bertepatan dengan Selasa Wage yang mana setiap hari tersebut para pedagang yang berada dipelataran Malioboro diliburkan.
"Kita mengajarkan edukasi batik asik dengan memanfaatkan Selasa Wage, karena setiap Selasa Wage Malioboro kan bersih dari para pedagang kaki lima," kata Yeni saat ditemui kumparan.com/tugujogja di Hamzah Batik, Selasa (11/9).
Ia menuturkan, kegiatan tersebut diisi dengan mengajarkan kepada wisatawan ataupun masyarakat yang ingin mengenal cara membuat batik dan juga edukasi tentang batik itu sendiri. Pembelajaran tersebut langsung dengan praktek membatik dengan ditemani para ahli dan pembatik yang telah berpengalaman selama edukasi membatik berlangsung.
ADVERTISEMENT
"Kami mengajarkan teknik cara-cara membatik bagi wisatawan dari anak-anak maupun dewasa untuk belajar membatik asik," ujar Yeni.
Namun, pihaknya saat ini belum menggratiskan untuk kegiatan tersebut. Akan tetapi, lanjut Yeni, Hamzah Batik mematok harga yang lumayan murah dalam sekali kegiatan sebesar Rp 30 ribu setiap orangnya dengan berbagai macam fasilitas yang diberikan.
"Nanti wisatawan sudah dapat free costum (digunakan saat mengikuti kegiatan) pakaian adat Jogja, kalau wanita menggunakan kebaya dan jarik, kalau pria pake surjan, jarik dan blangkon," ujarnya.
Yeni menambahkan, biaya yang dipatok oleh Hamzah Batik sendiri rencananya akan dipergunakan untuk menyelenggarakan kegiatan-kegiatan sosial kepada masyarakat luas.
"Biaya yang telah dikeluarkan itu bukan buat kita (Hamzah Batik) tapi nantinya untuk kegiatan sosial kepada masyarakat," ujarnya.
ADVERTISEMENT
Kegiatan di Selasa Wage itu dimulai pada pukul 10.00-20.00 WIB yang meliputi berbagai macam kegiatan seperti membatik asik, live siter, live gamelan, dan pertunjukan tari tradisional. Kegiatan tersebut dengan mengambil tempat dipelatatan Hamzah Batik Malioboro. (Nadhir Attamimi/adn)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·
Lorem ipsum dolor sit amet 
Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit.
11 Desember 2017 · · ·