kumparan
19 Jun 2018 16:39 WIB

Kunjungan ke Gunungkidul Tinggi, 3 Hari 181 Ribu Wisatawan

Pemerintah Kabupaten Gunungkidul optimis, target kunjungan wisatawan yang mereka tetapkan sebelum lebaran sebesar 300.000 orang akan terlampaui. Pasalnya, 3 hari lebaran kemarin jumlah wisatawan yang datang ke sejumlah obyek wisata di Gunungkidul sudah di atas 50%.
ADVERTISEMENT
Dinas Pariwisata Gunungkidul mencatat kunjungan wisatawan ke sejumlah obyek wisata baik pantai maupun destinasi alam lainnya selama tiga hari lebaran mencapai 181.801 orang. Optimisme capaian target akan terlampaui karena pada hari keempat setelah lebaran jumlah wisatawan mencapai 71.206 orang.
Padahal, target jumlah pengunjung yang mereka tetapkan selama lebaran adalah hingga tanggal 24 Juni mendatang. Sehingga Dinas Pariwisata setempat yakin, target tersebut akan bisa terlampaui karena masih ada beberapa hari untuk mengumpulkan pengunjung ke Gunungkidul.
Kepala Seksi Obyek dan Daya Tarik Bidang Pengembangan Destinasi Dinas Pariwisata Gunungkidul, Aris Sugiantoro mengaku optimis target pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi tiket masuk ke obyek-obyek wisata di Gunungkidul sebesar Rp 2,6 miliar pada libur lebaran kali ini akan terlampaui. Sebab, animo masyarakat untuk berlibur ke Gunungkidul masih cukup tinggi.
ADVERTISEMENT
"Kita lihat, antrian kendaraan selalu mewarnai Gunungkidul dalam beberapa hari terakhir,"ujarnya.
Ia mengakui, salah satu pekerjaan rumah yang belum bisa terselesaikan adalah kemacetan yang selalu mewarnai libur lebaran dalam beberapa tahun terakhir. Kemacetan yang paling banyak terjadi terutama di kawasan seputaran pantai masih menjadi persoalan klasik.
Sebab, berdasarkan data dari Dinas Pariwisata, 80 % wisatawan yang berkunjung ke Gunungkidul masih memilih untuk mengunjungi pantai, sisanya baru ke destinasi wisata lainnya. Sementara kapasitas jalan belum begitu memadai. Jalur Jalan Lintas Selatan-selatan (JJLS) sampai saat ini belum selesai. (erl)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan