News
·
3 Maret 2021 8:10

Truk Terperosok ke Tebing di Gunungkidul, 1 Orang Tewas

Konten ini diproduksi oleh Tugu Jogja
Truk Terperosok ke Tebing di Gunungkidul, 1 Orang Tewas (487308)
Truk di Gunungkidul yang terperosok ke dalam tebing dan timpa rumah warga. Foto: Erfanto/Tugu Jogja
Nasib naas dialami oleh Sukoro (44) warga Padukuhan Warak Kalurahan Girisekar, Kapanewon Panggang Gunungkidul. Lelaki ini tewas terjepit kabin truk cukup lama usai kendaraan yang dibawanya terperosok ke dalam tebing sedalam 4 meter, Selasa (2/3/2021) sore.
ADVERTISEMENT
Peristiwa naas tersebut terjadi ketika Sukoro mengemudikan truk dump E 9759 VB untuk memuat kayu dari Padukuhan Temuireng menuju ke Sanglor 2 Kalurahan Girisekar. Sekitar pukul 16.45 WIB, ia melintas di jalan menurun yang cukup curam. Saat melewati jalan cor blok di wilayah RT 02 RW 02 Padukuhan Sanglor 2, tiba-tiba truk melaju kencang.
"Remnya blong sehingga laju kendaraan tak bisa dikendalikan,"ujar Kapolsek Panggang AKP Mujiman, Selasa (2/3/2021) malam.
Sukoro merasa kesulitan mengendalikan truk karena membawa muatan kayu gelondongan sehingga tidak menguasai laju kendaraan tersebut. Sampai di lokasi kejadian kendaraan keluar jalur ke sebelah kanan dan terperosok ke tebing sedalam 4 meter.
Truk Terperosok ke Tebing di Gunungkidul, 1 Orang Tewas (487309)
Informasi selengkapnya klik di sini
Naas di bawah tebing ada rumah milik Suginah (55) sehingga truk tersebut menimpa atap rumah bagian samping. Bagian kabin menghunjam atap rumah sehingga Sukoro terjepit. Melihat peristiwa tersebut, warga langsung berusaha melakukan pertolongan.
ADVERTISEMENT
Beruntung pemilik rumah, Suginah (55) dan anggota keluarganya tidak berada di dalam rumah. Rumah tersebut dalam keasaan kosong karena pemilik rumah tengah pergi arisan di rumah tetangganya. Sehingga peristiwa naas tersebut tidak melukai pemilik rumah kecuali merusak sebagian bangunan.
Warga sendiri sempat kesulitan mengevakuasi korban karena posisinya terjepit diantara truk dengan tembok rumah. Evakuasi tubuh Sukoro berlangsung dramatis dan cukup memakan waktu. Bahkan memakan waktu hampir 2 jam untuk mengeluarkan tubuh Sukoro dari bangkai truk.
"Sopir truk sendiri terjepit cukup lama. Evakuasinya memakan waktu soalnya,"ujar Mujiman.
Truk Terperosok ke Tebing di Gunungkidul, 1 Orang Tewas (487310)
Truk di Gunungkidul yang terperosok ke dalam tebing dan timpa rumah warga. Foto: Erfanto/Tugu Jogja
Setelah berjuang cukup lama akhirnya korban berhasil dievakuasi. Korban kemudian dibawa ke Puskesmas Panggang II dalam keadaan lemas. Setelah dilakukan pengecekan dan pemeriksaan oleh petugas medis korban dinyatakan meninggal dunia.
ADVERTISEMENT
"Kondisi jalan di TKP memang menurun dengan kemiringan lebih dari 45 derajat. Truk hilang kendali dan terjun dari tebing ke atap sebuah rumah warga yang posisinya berada lebih rendah dari sisi jalan,"terangnya.
Proses evakuasi truk masih dilakukan hingga malam hari. Polisi masih menunggu datangnya mobil derek untuk mengangkat bangkai truk dari atap rumah milik Suginah. Garis polisi dipasang di seputaran lokasi kejadian agar warga tidak terlalu dekat mengingat posisi truk masih labil.(erl)