kumparan
search-gray
News22 Desember 2019 10:26

Waria di Kebumen Tertipu Iming-iming Kaya dari Tuyul

Konten Redaksi Tugu Jogja
tuyul.jpg
Ilustrasi tuyul. Foto: Kumparan.
Salah seorang warga Desa Tirtomoyo, Kecamatan Poncowarno, Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah, AG (27) mengaku memiliki tuyul dan bisa menggandakan uang. Akibatnya, ia harus berurusan dengan pihak kepolisian.
ADVERTISEMENT
Kejadian berawal saat YT (48), seorang waria, bertemu dengan tersangka di Stadion Candradimuka Kebumen November lalu. YT bercerita kepada tersangka ingin berhenti menjadi waria jika ia sudah kaya. Tersangka pun mengatakan bahwa ia bisa membuat YT kaya, dengan meminta bantuan ke makhluk halus yaitu tuyul.
Termakan perkataan korban di mana ia mampu menggandakan uang dengan tuyul yang dimilikinya. Ia pun dijanjikan uang berlipat ganda dengan memberikan uang sejumlah Rp 20 juta pada AG.
"Tersangka menjanjikan korban dapat menggandakan uang melalui stok tuyul yang dimiliki, dengan syarat menyerahkan uang Rp 20 juta sebagai mahar tanda jadi," ujar Kapolres Kebumen, AKBP Rudy Cahya Kurniawan,
Sabtu (21/12/2019).
Bukannya uangnya berlipat ganda, YT mengetahui bahwa uang miliknya digunakan AG untuk membeli mobil. Merasa ditipu, YT pun melaporkan kasus ini ke pihak kepolisian.
ADVERTISEMENT
"Hingga dua hari setelah tanda jadi, tuyul yang dijanjikan akan diserahkan kepada korban tidak kunjung datang, tersangka juga menghilang," jelas Rudy.
Akibat perbuatannya, tersangka dijerat dengan Pasal 378 KUHP tentang penipuan. Tersangka juga terancam hukuman pidana empat tahun penjara. (gbr)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white