Otomotif
·
16 Juli 2020 13:14

3 Rekomendasi Sepeda Balap Bagi Pemula

Konten ini diproduksi oleh Tugu Malang
3 Rekomendasi Sepeda Balap Bagi Pemula (74437)
Pegiat sepeda, Ilham Gama Pambudi (25). Foto: Ulul Azmi.
MALANG - Gowes atau aktivitas bersepeda saat ini menjadi tren di kalangan muda Malang Raya. Lihat saja, saat ini pesepeda hampir bisa ditemui di seluruh jalan dan pusat-pusat kota, baik siang maupun malam hari.
ADVERTISEMENT
Berbicara soal sepeda, saat ini ada beragam jenisnya. Perusahaan sepeda terus berlomba-lomba mengeluarkan produk-produk dengan fitur canggih paling mutakhirnya.
Pegiat sepeda, Ilham Gama Pambudi, menjelaskan tiga jenis sepeda yang sedang hype alias booming di masyarakat perkotaan. Yakni Folding Bike (sepeda lipat), Mountain Bike (sepeda gunung) dan Road Bike (sepeda balap).
''Nah sepeda lipat dan sepeda balap saat ini rupanya mulai banyak diminati. Mungkin karena bentukan sepedanya cocok dengan jalanan perkotaan ya. Lagian juga stylish dan sporty banget,'' ungkap pria asli Kecamatan Blimbing, Kota Malang ini.
Menurut Ilham, sepeda balap terdiri dari banyak jenis dan kategori, tergantung juga pada kebutuhan dan peruntukannya. Jika dibahasakan secara umum, Road Bike bisa dibagi dua kategori, yaitu tipe sepeda balap (sport) dan tipe sepeda endurance.
ADVERTISEMENT
Nah, sepeda balap yang akan kita bahas disini adalah sepeda balap tipe endurance yang banyak digunakan. Mengingat struktur frame dan geometry sepeda tipe ini cocok untuk menempuh segala medan. Baik medan perkotaan maupun medan jalan rusak dan berkerikil (gravel).
''Setelah tahu jenis dan kebutuhan, kemudian tentuin berapa budget yang kita punya. Baru tentuin merk apa yang bakal kita beli plus compare spesifikasi tiap merk. Kalau kita jeli, ada kok sepeda balap murah dengan spek mumpuni,'' kata pria kelahiran 1996 ini.
Nah bicara soal spesifikasi, pemuda alumnus Sosiologi UB ini, punya 3 rekomendasi sepeda balap buat kalian para pemula yang layak beli. Apa saja?
1. Polygon Stratos S2
3 Rekomendasi Sepeda Balap Bagi Pemula (74438)
Polygon Stratos S2. Foto: polygonbykes.com.
Dibandrol dengan harga sekitar Rp 5 jutaan, Polygon Stratos S2 bisa jadi pilihan kalian. Memiliki ukuran ban 700 c, sepeda roadbike dengan tipe All Rounder, groupset Shimano Claris R2000, Crank Compact 50-34, dan ban yang bisa capable hingga ukuran 700x28c.
ADVERTISEMENT
Struktur frame sepeda ini cukup tangguh dan ringan. Tinggal sesuaikan ukuran frame size apa yang cocok dengan postur kamu.
Jika boleh menyarankan, ganti sprocket jadi 11-32/11-34 biar hormon adrenalinmu puas melahap seluruh tanjakan.
''Apalagi di Malang kan banyak rute nanjak tuh. Seperti gowes ke daerah Batu misalnya,'' ujarnya.
2. Polygon Path 3 (Gravel Bike)
3 Rekomendasi Sepeda Balap Bagi Pemula (74439)
Polygon Path 3. Foto: polygonbykes.com
Rekomendasi berikutnya masih satu ukuran roda dengan Stratos S2, yakni Polygon Path 3. Sepeda ini sangat cocok bagi kalian jiwa-jiwa yang haus akan petualangan. Cocok juga bagi kalian yang suka sama rute-rute gahar yang semi gravel.
Path 3 ini juga cocok untuk dipakai untuk kegiatan harian. Bisa jadi sepeda komuter, untuk kerja, sekolah atau main ke sawah juga bisa. Soal harganya dibandrol antara Rp 5 jutaan. Soal spek juga lumayan kok, sudah pakai disc brake. Path 3 juga bisa pakai ban sampai 700 x 40C.
ADVERTISEMENT
''Tinggal upgrade sepeda ini pakai Drop Bar dan Brifter, jadilah Cyclocross yang bisa kamu ajak main ke hutan belantara,'' selorohnya.
3. Pacific Primum 3.0
3 Rekomendasi Sepeda Balap Bagi Pemula (74440)
Pacific Primum 3.0. Foto: pacific-bike.com.
Rekomendasi terakhir jatuh pada Pacific Primum 3.0. Cocok buat kalian yang suka dengan material carbon dan budget yang masih sopan.
Menurut Ilham, Pacific Primium 3.0 ini masih perlu dipertimbangkan. Pasalnya, harga sepeda ini cukup menguras jiwa dan raga. Harganya dibandrol di angka sekitar Rp 9 jutaan.
Tapi, dengan harga segitu, kalian sudah bisa dapat fullbike roadbike lengkap dengan frame carbon, Groupset Shimano Sora R3000. Pada bagian frame ini juga sudah internal cable sehingga tampak lebih rapi.
Nah, kira-kira seperti itu rekomendasi sepeda balap ciamik dari Ilham Gama. Semoga mencerahkan. Jangan lupa, Respect The Others, Share The Road dan Safety First ya, rek! Selamat bersepeda!
ADVERTISEMENT