Otomotif
·
6 Agustus 2020 17:09

4 Tanda-Tanda Mobil Sudah Harus Masuk Garasi Auto Detailing

Konten ini diproduksi oleh Tugu Malang
4 Tanda-Tanda Mobil Sudah Harus Masuk Garasi Auto Detailing (263)
Hasil auto detailing di Solid Garage. Foto-foto: dokumen Solid Garage.
MALANG-Ada waktu di mana kendaraan harus dilakukan perawatan khusus yakni Auto Detailing. Dengan peremajaan auto detailing, akan membuat tunggangan kembali kinclong dan memancarkan pesonanya selayaknya baru keluar dari dealer.
ADVERTISEMENT
Sebelum menuju garasi auto detailing, ada baiknya terlebih dulu memeriksa sejumlah tanda-tanda pada bagian mobil/motor anda, apakah sudah layak di auto detailing atau tidak. Pastikan tunggangan Anda pantas untuk mendapat sentuhan detailing dari sang empunya.
Berikut informasi yang berhasil dihimpun dari Taufik Fitrianto, pengelola Solid Garage Auto Detailing yang cukup popular di Kota Malang. Simak penjelasannya di bawah ini.
1. Warna body mulai kusam dan banyak baret
4 Tanda-Tanda Mobil Sudah Harus Masuk Garasi Auto Detailing (264)
Proses cleaning menghilangkan baret pada mobil
Kondisi pertama yang bisa dilihat secara kasat yakni terjadi perubahan pada kondisi cat body mobil atau motor anda. Warna kusam paling mencolok mudah terlihat pada body berwarna dasar putih. ''Kalau kusam biasanya warnanya menguning,'' kata Taufik ditemui di garasinya, Rabu (5/8).
Selain itu, pada body mobil juga biasanya banyak ditemui baret, baik halus maupun kasar. Kadang juga sampai tumbuh jamur. Kondisi-kondisi seperti itu menurut Taufik sudah waktunya dipoles kembali.
ADVERTISEMENT
Pada tahapan pertama auto detailing biasanya dilakukan proses cleaning dan claying. Mulai dari cuci hingga masuk proses pemolesan jika ada baret pada bagian body. Proses ini paling penting untuk mengangkat kotoran bandel yang menempel pada body.
Setelah dicuci, kata Taufik baret pada body mobil akan dilakukan tahapan preparasi alias paint correction dengan teknik compounding, polishing hingga glazing.
2. Tumbuh jamur pada kaca yang menggangu pandangan
4 Tanda-Tanda Mobil Sudah Harus Masuk Garasi Auto Detailing (265)
Before-After lampu mobil setelah proses detailing.
Dalam kondisi tertentu, kaca mobil menjadi perangkat yang perlu mendapat perhatian khusus karena berkaitan dengan keselamatan pengendara. Jika kusam atau bahkan tumbuh jamur, maka akan mengganggu pandangan. Jika sudah begitu, ada baiknya anda segera melakukan perawatan di garasi auto detailing terdekat.
Dengan peremajaan auto detailing, kaca mobil anda akan terjaga dengan baik dalam jangka waktu yang lama. Meski dicuci, jamur tidak akan bisa hilang, jadi harus di-detailing
ADVERTISEMENT
''Kalau di kita (Solid Garage), perawatan detailing pada kaca tidak pakai bahan kimia berbahaya karena bisa membuat kaca bergelombang. Justru berbahaya bagi pengendara. Kita pakai obat dan alat yang lebih safety,'' jelasnya.
3. Interior mobil mulai bau hingga tumbuh jamur pada kursi jok
Jika anda menemui hal aneh seperti bau apek dan tumbuh noda jamur pada jok, sebaiknya anda segera lari ke garasi terdekat. Di sana, bagian interior mobil anda juga akan mendapat sentuhan mulai dari cleaning hingga fogging untuk membunuh bakteri maupun virus yang mungkin berinkubasi di dalam.
4 Tanda-Tanda Mobil Sudah Harus Masuk Garasi Auto Detailing (266)
Salah satu proses pembersihan. Foto: dokumen solid garage
4. Tumbuh noda mengerak pada mesin, velg dan bagian-bagian terkecil
4 Tanda-Tanda Mobil Sudah Harus Masuk Garasi Auto Detailing (267)
Ruang infrared Solid Garage saat proses coating.
Bagian-bagian mobil seperti mesin, velg hingga kisi-kisi grill biasanya luput dari pandangan pengendara. Mobil yang tidak pernah tersentuh auto detailing sudah jelas akan timbul noda hingga kerak di part-part yang sulit dijangkau.
ADVERTISEMENT
Dengan melakukan perawatan auto detailing, mesin akan kembali kinclong dan mengembalikan performa seperti awal. Pada pengerjaan ini biasanya dilakukan secara teliti dan rinci. ''Kalau pengerjaan sendiri biasanya gak sampai bisa bersih di sela-sela kecil. Makanta kita pakai mesin steam baru bisa,'' ujarnya.
Selain itu, pada pengerjaan auto detailing juga menjamin soal proteksi sehingga hasil detailing bisa bertahan lama. Di Solid Garage, setelah tahapan pengerjaan selesai masih akan dilakukan proses coating di ruang infrared. Proses ini dinamakan coating, melapisi body mobil dengan obat coating hingga mencapai tiga lapis tergantung permintaan.
''Lapis coating pertama biasanya lebih jaminan pada kekuatan warna. Lapis kedua baru sampai ke efek daun talas, jadi bulir air pun hanya menempel kayak di daun talas. Obat coating kita terjamin kualitasnya. Kita pakai merk Modesta, top coating di dunia lengkap dengan garansinya selama 10 tahun,'' pungkasnya.
ADVERTISEMENT