kumparan
30 Juni 2019 11:14

5 Kuliner Rumahan yang Wajib Dicoba Saat Berkunjung ke Malang

61349290_106710067244221_17460985540863669_n.jpg
Penampakan masakan rumahan di Warung Cak Uut, Kota Malang.(foto: IG Sego Sambel Cak Uut)
TUGUMALANG.ID-Daerah Malang Raya yakni Kota Malang, Kota Batu, dan Kabupaten Malang, terkenal dengan suhu yang dingin. Di daerah ini, wisata alam dan buatan begitu banyak jumlahnya. Tak hanya itu, di tempat ini begitu banyak makanan enak.
ADVERTISEMENT
Diantaranya adalah makanan rumahan di bawah ini. Disebut makanan rumahan, karena masakan di tempat ini dimasak layaknya makanan rumahan. Tidak seperti masakan restoran berkelas. Tapi, soal rasa, begitu maknyus.
Berikut lima masakan rumahan yang dirangkum tugumalang.id. Lima tempat ini, wajib Anda kunjungi ketika ke Malang.

Sego Sambel Cak Uut

IMG-20190628-WA0037.jpeg
Penampakan masakan rumahan di Warung Cak Uut, Kota Malang. (Rezza Do'a Lathanza/Tugu Malang).
Kuliner ini menyediakan masakan rumahan dengan sambal yang pedas. Ciri khas sambel tempong khas Banyuwangi. Ada petai dan jengkol, yang bisa dipilih oleh pembeli sebagai makanan pelengkap. Hanya dengan merogoh kantong mulai dari Rp 10.000,- pengujung sudah dapat menikmati sepiring nasi sambel tempong dilengkapi dengan tempe orek.
Beberapa varian menu makanan rumahan yang tersedia di Cak Uut seperti sego (nasi) sambel cumi, sego sambel udang, sego sambel ayam, sego sambel telur, sego sambel lele, sego sambel cakalang, sego sambel krengsengan. Selain itu juga tersedia menu tambahan lainya seperti uyah asem, botok,dadar jagung,sambel paru balado,botok telur asin,tempe,tahu,ikan asin, jengkol. Ditambah dengan menu minuman tradisional seperti es sinom, es blewah,es cao.
ADVERTISEMENT
Mengusung konsep tradisional mulai dari suasana hingga sebagian piring yang digunakan untuk makan. Tak heran, jika di tempat ini akan menemukan banyak makanan rumahan yang sangat lezat untuk dinikmati. Untuk menikmati kuliner ini pengujung bisa langsung mendatangi tempat kuliner yang terletak di Jl. Simpang Raya Langsep No.30, Pisang Candi, Kecamatan Sukun, Kota Malang. Pengujung bisa melakukan survey sebelum mendatangi lokasi melalui akun Instagram @segosambelcakuut.

Warung Tangkilsari Malang

IMG-20190629-WA0029.jpeg
Warung Tangkilsari, di Desa Tangkilsari, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. (Foto Dokumen).
Ya, bagi penggemar kuliner di Malang siapa yang tak kenal dengan warung makan yang menjual dengan citra rasa kuah yang sangat pedas. Jenis sayur ikan yang dijual di Warung Tangkilsari yaitu sayur ikan tuna pedas, sayur ikan pe pedas, sayur udang pedas, sayur bebek pedas.
ADVERTISEMENT
Meskipun tempatnya tidak ditengah Kota namun banyak wisawatan yang rela mencari dan mendatangi tempat ini untuk menikmati olahan sayur pedas. Olahan sayur yang pedas dan nikmat tak heran jika pembeli harus antri untuk menunggu giliran.
Warung Tangkilsari ini berada di Desa Tangkilsari, Kecamatan Tajinan Kabupaten Malang wisatawan dapat menggunakana google maps untuk sampai ditempat ini. Dari jantung Kota Malang, sekitar 30 menit perjalanan. Warung ini buka mulai pukul 09.00 WIB sampai dengan 17.00 namun biasanya mereka hanya sampai pukul 15.00 karena sudah habis terjual semua sayur pedas.

Sego Goreng Resek

nasi goreng resek.png
Sego Resek, kuliner unik khas Malang. (Foto: Instagram @dimaslandy)
Sego Goreng Resek salah satu kuliner dengan nama jawa ini rupanya menarik banyak perhatian wisatawan. Suhu udara yang dingin di Kota Malang memang cocok makan malam dengan makanan yang lezat, salah satunya Sego Goreng Resek. Dengan nama yang unik resek artinya sampah rupanya warung ini memiliki sejarah dulunya berjualan di dekat tempat pembuangan sampah yang sampai saat ini menjadi jujukan wisawatan di malam hari.
ADVERTISEMENT
Sego Goreng Resek ini sama dengan nasi goreng lainya namun ada ciri khas yang tidak dimiliki oleh warung kuliner lainya. Salah satunya cara pembuatanya satu kali masak dapat menyuguhkan sebanyak 80 porsi. Sego Goreng Resek ini dibuat dengan campuran toge, mie, suwiran ayam dan irisan kol dan diolah menggunakan kaldu ayam. Jika wisatawan mengunjungi warung ini dan melihat proses memasak pasti terpikirkan seperti tumpukan sampah, tapi jangan salah soal rasa tidak diragukan lagi. Sego Goreng Resek ini Dibandrol dengan harga Rp 9.000 selain itu disediakan juga menu tambahan seperti rempela dan hati, ayam goreng, tempe goreng, lilitan usus tentunya dengan harga yang bertambah sesuai dengan menu tambahan yang diinginkan. Tidah sulit untuk mencari lokasi ini pasalnya Sego Goreng Resek terletak di tengah Kota Malang Jl Brigjend Katamso, Kauman, Klojen,Kota Malang.
ADVERTISEMENT

Warung Kiroman

warung kiroman.jpg
Penampakan masakan Warung Kiroman. (foto dokumen). (foto: Amazing Malang).
Wisatawan yang mengujungi Kota Malang di siang hari dan ingin menyantap rawon serta menu masakan sayur rumahan tak perlu kebingungan. Warung Kiroman yang terletak di Kota Malang ini menyediakan berbagai menu sayur yang dapat dinikmati di siang hari seperti sayur sop, rawon,gulai,nasi campur, soto dan beberapa menu sayur lainya. Dengan lauk pauk yang lengkap seperti tempe goreng, empal, sate daging, sate usus sapi, tahu, perkedel menjadi menu tambahan agar semakin mantap untuk dinikmati saat makan siang.
Warung ini selalu berjubel dengan pembeli saat jam makan siang, warung kiroman terletak ditengah kota dekat dengan perkantoran. Menu andalan yang menjadi favorit pembeli yaitu Rawon dan Soto Daging dengan rasa yang lezat dan porsi yang banyak yang dapat menghilangkan rasa lapar disiang hari dengan cepat. Ditambah dengan menu andalan sate usus sapi yang dipanggang menambah kelezatan. Sangat mudah untuk mengujungi lokasi ini Warung Kiroman terletak di Jl. Yulius Usman Kota Malang.
ADVERTISEMENT

Nasi Empok Wakini

wakini.jpg
Penampakan Nasi Empok Wakini. (foto FB Nasi Empok Wakini).
Mengujungi Kota Wisata Batu banyak sekali kuliner yang dapat dinikmati dan dicicipi oleh pengujung wisata. Kuliner Nasi Empok Wakini salah satunya Kuliner yang dapat dijadikan jujugan saat perut merasa lapar. Nasi empok yang terbuat dari campuran nasi dan jagung ditambah dengan sayuran pedas, tempe tahu,terong. Nasi jagung disajikan dengan sayuran kuah yang pedas akan lebih terasa nikmat jika ditambah dengan menu lauk pauk seperti tempe,mendol,telur, dadar jagung.
Nasi Empok yang terkenal dijual di daerah pedesaan rupanya juga sangat banyak diminati dijual didaerah perkotaan. Menikmati Nasi Empok Wakini yang mengenyangkan perut dan selalu ingin kembali dibandrol dengan harga Rp 7.000,- sampai Rp 11.000,- sesuai dengan lauk pauk tambahan. Nasi Empok Wakini terletak tidak jauh dari tempat wisata tepatnya di Dusun Sumbersari Desa Giripurno Kecamatan Bumiaji Kota batu.
ADVERTISEMENT
Reporter : Rezza Doa Lathanza
Editor : Irham Thoriq
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan