News
·
21 Oktober 2020 19:53

Alat Cuci Tangan Sistem Injak, Solusi Tangan Steril dari Bakteri dan Virus

Konten ini diproduksi oleh Tugu Malang
Alat Cuci Tangan Sistem Injak, Solusi Tangan Steril dari Bakteri dan Virus (3404)
Alat Cuci Tangan Sistem Injak. Foto: dok
MALANG - Mencuci tangan merupakan langkah dalam mencegah penularan virus Corona. Namun tidak bisa dipastikan tangan akan sepenuhnya bersih sehabis dicuci. Nyatanya, banyak orang yang mencuci tangan dengan tetap menyentuh permukaan kran. Sedangkan kita tidak tahu bakteri apa saja yang menempel pada permukaan kran tersebut.
ADVERTISEMENT
Melihat kondisi tersebut, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) membuat fasilitas cuci tangan portabel yang dioperasikan dengan cara diinjak di Desa Kepuharjo, Kecamatan Karangploso, Kabupaten Malang.
“Saya senang sekali karena sudah dibuatkan tempat cuci tangan portabel dengan sistem injak untuk warga Kepuharjo yang sebelumnya masih menggunakan tangan. Warga di RT saya menjadi lebih rajin mencuci tangan,” tutur Ketua RT 18, Adhim.
Fasilitas cuci tangan portabel ini merupakan solusi yang tepat dalam mencegah penyebaran COVID-19. Dikarenakan fasilitas cuci tangan ini dioperasikan dengan cara diinjak, sehingga tangan tidak perlu menyentuh permukaan kran.
Fasilitas cuci tangan ini sudah dilengkapi dengan sabun cair dan juga poster informasi cara mencuci tangan yang benar. Dan akan dipasang di tiga tempat di RT 18 Desa Kepuharjo.
ADVERTISEMENT