kumparan
search-gray
Otomotif29 Juli 2020 15:37

DFSK Glory i-Auto Vs Wuling Almaz Exclusive 7-seaters, Siapa yang Unggul?

Konten Redaksi Tugu Malang
DFSK Glory i-Auto Vs Wuling Almaz Exclusive 7-seaters, Siapa yang Unggul? (368546)
MALANG - Penggemar otomotif, khususnya mobil SUV modern patut tergoda dengan kedatangan produk baru dari DFSK. Baru-baru ini, perusahaan asal China tersebut merilis unit teranyarnya, yakni DFSK Glory i-Auto. Kehadiran Glory i-Auto tak pelak membuat bursa pasaran mobil di Indonesia semakin memanas, khususnya bagi para pemain lama yang juga asal Cina seperti Wuling Motors.
ADVERTISEMENT
Wuling Motor lebih dulu punya unit SUV yang sepadan yakni Wuling Almaz Exclusive 7-seaters. Kini, unit SUV yang juga bukan kaleng-kaleng ini harus dipaksa bersaing dan disejajarkan dengan SUV Glory i-Auto milik DFSK.
Asal tahu, level keduanya setara. Sebelas dua belas. Sama-sama brand Cina, tampilan body yang keren, bermesin 1.500 cc turbo dan juga sama-sama punya banyak fitur canggih. Keduanya patut disejajarkan. Lantas, siapakah yang paling unggul?
Sebelum anda beranjak ke dealer terdekat, baiknya anda simak dulu komparasi info yang berhasil dihimpun reporter tugumalang.id, partner resmi Kumparan di bawah ini:
1. Dimensi
Dimensi mobil menjadi hal pertama yang harus jadi pertimbangan. Dari segi dimensi kedua unit ini tak jauh beda. Sama-sama memiliki 7 seat, Glory i-Auto punya dimensi sedikit lebih melar. Memiliki panjang 4.700 mm, lebar 1.845 mm dan tinggi 1.715 mm demgan sumbu roda 2.780 mm. Sementara, Wuling Almaz memiliki dimensi panjang 4.655 mm, lebar 1.835 mm dan tinggi 1.760 mm. Sumbu rodanya pun kalah panjang yakni 2.750 mm. Soal kapasitas tangki keduanya jauh beda. Tangki Glory i-Auto muat lebih banyak bensin dengan kapasitasnya mencapai 58 liter. Sementara tangki Almaz hanya menampung hingga 52 liter.
ADVERTISEMENT
2. Performa Mesin
Sama-sama berbahan bakar bensin, keduanya memiliki tipe mesin yang sama yakni 1,5 liter empat silinder dengan sokongan turbocharger guna menambah daya performa. Namun, dari kapasitas mesin keduanya jauh beda. Kapasitas mesin Almas 1.451 cc kalah jauh dengan Glory i-Auto yakni 1.498 cc. Sebab itulah output tenaga yang dihasilkan juga beda. Tenaga Almaz kalah besar yakni menyentuh 140 hp di putaran 5.200 rpm. Sementara, Glory i-Auto bisa menyentuh 148 hp saat putaran 5.600 rpm. Namun sebaliknya, torsi yang dihasilkan Almaz nyatanya jauh lebih besar yakni mencapai 250 Nm pada 1.600-3.600 rpm jika dibanding dengan Glory yang mencapai 220 Nm sejak 1.800-4.000 rpm. Sementara, untuk tipe transmisinya keduanya juga mengandalkan CVT otomatis. Glory i-Auto memakai 7-speed. Sementara, Almaz punya dua pilihan tipe CVT 8-speed manual dan manual 6-speed.
ADVERTISEMENT
3. Fitur Voice Command
Dari segi teknologi, keduanya juga bersaing ketat. Terutama dalam pengembangan fitur smart voice command. Wuling hadir dengan WIND (Wuling Indonesian Command), sementara DFSK hadir dengan i-Talk. Fungsi dasarnya sama, mulai multimedia, telepon hingga pengaturan AC, buka tutup jendela dan sunroof. Bedanya, i-Talk hanya berfungsi dalam perintah berbahasa inggris dan memiliki lebih banyak item seperti membuka GPS. i-Talk juga berbeda dengan fitur WIND yang sudah mengakomodir perintah dalam Bahasa Indonesia. Untuk fitur lain, keduanya juga sudah canggih karena mempunyai akses keyless dan start/stop button. Untuk fitur menonjol lain, Glory i-Auto juga ditambah Vehicle Running Recorder, Auto Lighting dan Auto Wiper. Sementara, Almaz lebih menonjol kepada fungsi Auto Vehicle Holding yang berfungsi menahan mobil tanpa perlu menginjak pedal rem.
ADVERTISEMENT
4. Safety
Untuk kelengkapan fitur keselamatan, keduanya juga terbilang cukup komplit. Sama-sama dilengkapi kamera 360 derajat dan sensor parkir depan belakang, persaingannya sangat kompetitif. Glory i-Auto juga sudah punya Electronic Stability Program (ESP), Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake Distribution (EBD) dan Brake Assist (BA) tersedia. Sistem pengeremannya setara dengan mobil balap sehingga lebih optimal dan lembut mencegah ban selip. Tak jauh beda dengan Almaz, juga tersedia fitur ABS, EBD, BA, HHC, ESC dan Traction Control System. Alammaz juga melengkapi SUV ini dengan fitur Emergency Stop Signal yang berfungsi menyalakan hazard saat mobil mengalami insiden. Saat jalan menanjak, keduanya juga sama-sama punya Hill Hold Control (HHC). Selain itu, keduanya juga punya Tyre Pressure Monitoring System (TPMS), mampu menginformasikan tekanan dan suhu ban.
ADVERTISEMENT
5. Harga
Bicara soal harga, juga tak beda jauh. Untui pasaran di Kota Malang, Glory i-Auto dibanderol lebih murah di angka Rp 347 Juta jika dibanding Wuling Almaz di angka Rp 350 Juta. Selisih Rp 3 hingga 6 juta. Branch Manager DFSK Malang, IGK Dodi Suyasa mengatakan, bagi pembeli di bulan Juli-Agustus akan mendapat garansi free maintenance selama 2 tahun. ''All coverage mulai ganti oli, filter udara dan lain-lain termasuk jasa. Bahkan bonus bensin gratis senilai Rp 700 ribu,'' ungkapnya. Soal promo, Wuling Almaz juga tak mau kalah. Dikatakan Luki Anggrasari, Sales Counter Wuling Motor Malang, dengan harga segitu, khusus pembeli pada bulan Juli akan mendapat diskon dan garansi free maintenance termasuk jasa, selama 4 tahun. ''Juga ada cashback dan voucher BBM gratis senilai 3 Juta,'' ujarnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white