News
·
13 Agustus 2020 15:05

FEB Unisma Gelar Workshop Pengembangan Konten Pembelajaran

Konten ini diproduksi oleh Tugu Malang
FEB Unisma Gelar Workshop Pengembangan Konten Pembelajaran  (100679)
FEB Unisma. Foto: dok.
MALANG - Dampak pandemi COVID-19 berkepanjangan telah mengalihkan sistem pembelajaran menjadi berbasis daring. Sayangnya, banyak perguruan tinggi yang merasa belum siap. Termasuk para pengajar yang harus mengalihkan silabus dari sistem tatap muka menjadi sistem daring.
ADVERTISEMENT
Atas dasar tersebut, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Islam Malang (FEB Unisma) menyelenggarakan Pendampingan dan Workshop Pengembangan Konten Pembelajaran berbasis Learning Management System Unisma, pada 13-16 Agustus 2020.
Acara dibuka oleh Dekan FEB Unisma, Nur Diana SE MSi. Dalam sambutannya, dia mengatakan bahwa pandemi telah mempengaruhi perubahan perilaku dalam pengelolaan Pendidikan Tinggi. Khususnya sistem pembelajaran yang ada di FEB Unisma.
FEB Unisma Gelar Workshop Pengembangan Konten Pembelajaran  (100680)
FEB Unisma. Foto: dok.
“Untuk itulah, masa liburan semester genap tahun akademik 2019/2020, FEB Unisma menyelenggarakan workshop ini," ucapnya.
Selanjutnya, Diana mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di 3 program studi yang ada di FEB Unisma.
"Melalui peningkatan kemampuan dosen dalam memanfaatkan teknologi informasi untuk pembelajaran online," terangnya.
FEB Unisma Gelar Workshop Pengembangan Konten Pembelajaran  (100681)
FEB Unisma. Foto: dok.
Pada dasarnya, kata Diana, dalam pembelajaran daring harus mematuhi bebeberapa prinsip. Diantaranya: kurikulum yang sejalan dengan kebutuhan industri, inklusif, melibatkan pembelajar, pendekatan yang digunakan bersifat inovatif, metode pembelajaran daring yang efektif, dan lain sebagainya.
ADVERTISEMENT
Diana juga menekankan pentingnya interaksi dengan pembelajar. "Interaksi menjadi rawan dalam pembelajaran daring karena tanpa tatap muka secara langsung. Bagaimana menciptakan model pembelajaran daring yang menyenangkan, inovatif, kreatif serta menumbuhkan minat belajar yang tinggi di kalangan mahasiswa dan terpenting capaian pembelajaran tercapai," tekannya.
FEB Unisma Gelar Workshop Pengembangan Konten Pembelajaran  (100682)
FEB Unisma. Foto: dok.
Kegiatan ini menghadirkan narasumber Harun Alrasyid PhD, Dr Dwiyani Sudaryanti SE MSi Akt CA, dan Muhammad Rizal SE. Mereka merupakan Tim Pengelola Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) FEB Unisma.(ads)