kumparan
16 Sep 2019 22:27 WIB

Idealnya, Mahasiswa Sehari Baca Buku Berapa Jam?

Ilustrasi membaca buku. foto: pixabay.com
TUGUMALANG.ID-Mahasiswa selama ini identik dengan kaum intelektual. Oleh karenanya, mahasiswa harus aktif membaca buku. Lalu, sebenarnya berapa jam waktu ideal bagi mahasiswa untuk membaca buku. Ada sejumlah pandangan tentang hal ini.
ADVERTISEMENT
Penulis dan juga dosen di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) Yunan Syaifullah lebih berpendapat tentang buku yang harus dituntaskan dibaca oleh mahasiswa dalam seminggu.”Minimal untuk mahasiswa satu minggu mampu menghabiskan empat judul buku yg berbeda,” katanya dalam diskusi bertema ‘Sharing Seputar Organisasi’ di UMM, senin (16/9).
Para mahasiswa dalam sebuah diskusi tentang pentingnya organisasi di UMM, senin (16/9).
Dia juga berharap para mahasiswa tidak hanya menulis, tapi juga membaca.”Ketika sekitar 400.000 halaman telah dibaca, setiap mahasiswa harusnya mampu menuliskan sekitar 1200 kata," imbuhnya.
Sementara itu, di tempat terpisah aktivis literasi di Malang Eko Cahyono mengatakan, idealnya mahasiswa bisa meluangkan waktunya satu jam untuk membaca.”Satu jam itu bisa buat baca buku apa saja, majalah, koran dan lain sebagainya,” kata pria yang juga pendiri Perpusatakaan Anak Bangsa di Jabung, Kabupaten Malang ini.
ADVERTISEMENT
Eko menekankan pentingnya membaca buku. Selain untuk pengetahuan, membaca buku juga membuat mahasiswa bisa kritis dan peka terhadap fenomena sosial.”Mahasiswa tapi tidak baca buku, mending tidak usah kuliah. Mahasiswa tidak baca buku, seperti orang muslim tapi tidak shalat, Islam KTP,” katanya.
Editor : Irham Thoriq
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan