Bisnis
·
21 September 2020 9:57

Manfaatkan Platform Digital, Unisma Latih 132 UMKM Binaan Pemkab Malang

Konten ini diproduksi oleh Tugu Malang

Pemkab Malang Menggandeng Unisma

Manfaatkan Platform Digital, Unisma Latih 132 UMKM Binaan Pemkab Malang (22647)
Produk UMKM. Foto: Ulul Azmy
MALANG - Sebanyak 132 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) binaan Pemerintahan Kabupaten Malang mendapat bantuan pelatihan kewirausahaan dalam menghadapi persaingan baru di era digital.
ADVERTISEMENT
Pemkab Malang menggandeng Universitas Islam Malang (Unisma) untuk memberikan workshop sebagai bentuk ikhtiar bersama mendorong pemulihan ekonomi sejak dihantam badai pandemi COVID-19.
Kerjasama ini diwujudkan melalui kegiatan dengan tajuk Workshop Kewirausahaan di Era Digital bagi UMKM Kabupaten Malang, di Gedung Ustman Mansyur Unisma, Kota Malang, pada Minggu (20/9/2020).
Manfaatkan Platform Digital, Unisma Latih 132 UMKM Binaan Pemkab Malang (22648)
Produk UMKM. Foto: Ulul Azmy
Dalam pelatihan ini, mereka mendapatkan berbagai materi teknis pemasaran produk UMKM melalui platform digital, manajemen, pengembangan SDM, hingga peningkatan kualitas produk.
Tak kalah penting, Bupati Malang, Sanusi, berjanji siap menggelontorkan dana segar untuk dijadikan modal para pelaku usaha ini.
''Semuanya kita dukung. Sepanjang berkaitan dengan pemberdayaan ekonomi masyarakat akan difasilitasi penuh. Mulai skill, pendampingan, kredit modal, regulasi perizinan, izin produksi, hingga sertifikasi, semua bisa kita fasilitasi. Bahkan kalau bisa gratis,'' janjinya.
Manfaatkan Platform Digital, Unisma Latih 132 UMKM Binaan Pemkab Malang (22649)
Bupati Malang, Sanusi, meninjau ratusan produk UMKM binaan Pemkab Malang yang dipamerkan di Unisma, pada Minggu (20/9/2020). Foto: Ulul Azmy
Untuk sumber dana, lanjut Sanusi, pihaknya bahkan bisa menjalin kerjasama dengan layanan perbankan yang ada. Mulai dari BRI, BNI, dan lain-lain.
ADVERTISEMENT
''Bisa nanti kami kerjasamakan dengan perbankan, bisa lewat KUR dengan bunga rendah 6 persen setahun misalnya. Semua akan kita fasilitasi,'' tambahnya.
Selain itu, pihaknya kini juga telah menggagas Pasar Online, dimana semua pelaku usaha bisa memanfaatkan portal itu sebagai alternatif lain dalam menjual produknya.
Manfaatkan Platform Digital, Unisma Latih 132 UMKM Binaan Pemkab Malang (22650)
ads
''Dengan harapan bisa memperluas pemasaran produk, juga konsumen bisa lebih mudah berbelanja tanpa harus keluar rumah,'' jelasnya.
Sementara itu, Rektor Unisma, Prof Dr Maskuri, sangat menyambut baik jalinan kerjasama yang dibangun Pemkab ini.
Maskuri mengaku, membuka lebar-lebar kesempatan para pelaku usaha untuk bekerjasama dengan Unisma.
Lewat kepercayaan ini, kata Maskuri, Unisma sebagai lembaga akademik tentu akan memberikan pendampingan terbaik demi kembali menggeliatkan perekonomian selama masa pandemi ini.
ADVERTISEMENT
"Kami terbuka kepada siapapun untuk membuka kerjasama, apalagi kelompok pengusaha. Saya berharap keberadaan Unisma dapat memberikan manfaat untuk kesejahteraan masyarakat melalui ilmu pengetahuan dan teknologi,” harapnya.
Workshop ini juga sekaligus ajang pameran produk para 132 pelaku usaha UMKM tersebut. Ada banyak kreasi warga yang cukup unik dan menarik. Mulai makanan, minuman, perhiasan, kerajinan tangan, dan masih banyak lagi.