Woman
·
1 September 2020 18:55

Mengenal Bripda Lintang, Anggota PPA Polres Batu yang Rajin Beri Edukasi

Konten ini diproduksi oleh Tugu Malang
Mengenal Bripda Lintang, Anggota PPA Polres Batu yang Rajin Beri Edukasi (40878)
Bripda Lintang. Foto: dok
BATU - Anggota Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Satreskrim Polres Kota Batu, Bripda Lintang Swasti Ayyufa Putri, berbagi pengalaman selama bertugas melindungi perempuan dan anak.
ADVERTISEMENT
Dia menyebutkan, banyak pengalaman yang didapat selama 3 tahun bertugas di bidang PPA. Terutama saat proses penyidikan perkara anak.
"Pengalaman yang berkesan saya dapat belajar bagaimana proses penyidikan terutama perkara anak seperti kekerasan terhadap anak, persetubuhan atau pencabulan terhadap anak dan perempuan," ucap Bripda Lintang.
Mengenal Bripda Lintang, Anggota PPA Polres Batu yang Rajin Beri Edukasi (40879)
Bripda Lintang. Foto: dok
Lintang bersama dengan tim PPA Polres Kota Batu gencar melakukan sosialisasi ke sekolah ataupun desa. Memberikan edukasi terkait kekerasan anak dibawah umur. Juga yang terpenting, edukasi terkait asusila di bawah umur.
Selain itu, dia menjelaskan, tugas PPA bukan di pemulihan korban, tetapi melakukan pendampingan dan perlindungan dengan orangtua atau kuasa hukum selama penyidikan. "Kalau pemulihan itu nanti di Dinsos, kami melakukan pendampingan," terangnya.
ADVERTISEMENT
Terkait kiprah polisi wanita dalam menjalankan tugas, menurutnya tidak ada perbedaan dengan polisi laki-laki. Semua sama sebagai pelayan dalam mengayomi masyarakat dan memberikan perlindungan.
"Kami polisi wanita harus bisa seperti polisi laki-laki. Tidak ada perbedaan gender selama kami bertugas," kata polwan kelahiran 1997 ini.
Di hari jadi Polwan ke-72 ini, Lintang berharap, Polwan semakin solid, terdepan, dan menjadi kebanggaan institusi.