kumparan
8 November 2019 10:06

Mengenal Tanadi Santoso, Ayah Risa Santoso, Rektor Termuda Indonesia

tanadi.png
Tanadi Santoso. foto: www.tanadisantoso.com
TUGUMALANG.ID- Sejumlah pengguna media sosial beranggapan keberhasilan Risa Santoso, rektor termuda di Indonesia, karena pengaruh dari sang ayah yakni Tanadi Santoso, yang tak lain salah satu dari pemilik Institut Teknologi dan Bisnis (ITB) Asia Malang, kampus tempat Risa menjadi rektor. Saat diwawancara Kamis (7/11), Risa tidak menjawab saat ditanya apakah ada peran sang ayah dalam penobatannya sebagai rektor?
ADVERTISEMENT
Perempuan 27 tahun itu hanya menanggapi kalau ayahnya memang sumber inspirasinya.
"Ayah saya memang salah satu yang meng-influence saya,” katanya.
Menurut dia, sang ayah adalah public speaker diberbagai perusahaan.
"Ayah saya public speaker, konsultan, coach diberbagai perusahaan,” imbuhnya.
Berdasarkan data yang dihimpun tugumalang.id, Tanadi Santoso dalam website resminya menjelaskan kalau dirinya adalah seorang entrepreneur yang tidak pernah bekerja di perusahaan manapun. Berikut profile Tanadi Santoso di website resminya:
Setelah menyelesaikan pendidikan civil engineering-nya di Taiwan. Tanadi Santoso membuka toko komputer pada tahun 1986 dan sampai saat ini Tanadi Santoso juga masih aktif dalam bisnis pendidikan S1 di Malang dan Bali, program setara D1 di Malang, Madiun, dan Bali ; Perusahaan web-design, graphic, dan multimedia miliknya pun berjalan sukses di Jakarta dan Surabaya ; Sandler Training ; Gift Shop Pipiland ; Property dan beberapa binis lainnya.
ADVERTISEMENT
Tahun 2002 sampai saat ini Tanadi Santoso masih aktif mengisi acara Business Wisdom di Radio Bisnis Pas Fm : Jakarta (92.4), Surabaya (104.3), Semarang (106.0), Solo (90.9) dan berbagai stasiun radio lainnya.
Berbekal Pengalaman keberhasilan dan kegagalan berbisnis selama lebih dari 25 tahun itu serta Ilmu – ilmu MBA dari University of Chicago, Tanadi Santoso sering mengadakan Seminar dan In- house Training di berbagai perusahaan ternama. Sebagai seorang Business Motivational Speaker, Tanadi Santoso selalu belajar, mengikuti training – training dan meng-update ilmu-ilmu bisnisnya dengan mengikuti kelas executive education yang diselenggarakan di UC Berkeley dan Stanford University.

“Hidup adalah perjalanan, yang ditaburi mimpi, diisi keberanian, dan dinyatakan dalam tindakan”.

Tanadi Santoso–

Sedangkan terkait kepemilikan kampus tersebut, Presiden BEM Institute Teknologi dan Bisnis (ITB) Asia Malang Hizkia Jakub Pasorong membenarkan kalau Tanadi adalah pemilik kampus tersebut.
ADVERTISEMENT
"Setahu saya dia yang punya saham terbesar, tapi itu menurut saya tidak perlu diperpanjang, yang perlu dibahas adalah inovasi-inovasi yang akan dilakukan rektor baru, kami yakin beliau membawa angin perubahan, apalagi jiwa beliau milenial,” pungkasnya.
Risa Santoso, Rektor Termuda di Indonesia.
Risa Santoso, Rektor Termuda di Indonesia. Foto: Dok. Tugu Malang
Diberitakan sebelumnya, Risa Santoso, membetot perhatian publik. Dia tercatat sebagai rektor termuda di Indonesia dengan usia 27 tahun. Dia dilantik Sabtu (2/11) lalu setelah ditunjuk oleh yayasan, mengalahkan dua rektor pesaingnya.
Meski usia muda, banyak pihak yakin kalau Risa akan mampu memimpin kampus Institute Teknologi dan Bisnis Asia, Malang. Lantaran, dia adalah lulusan kampus ternama di dunia. Risa merupakan lulusan S1 University of California, Amerika Serikat. Di kampus ini, dia mengambil jurusan ekonomi.
Risa Santoso, Rektor Termuda di Indonesia.
Risa Santoso, Rektor Termuda di Indonesia. Foto: Dok. Tugu Malang
Selanjutnya, dia lulusan S2 Harvard University jurusan pendidikan melalui beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Tak hanya itu, selama dua tahun, Risa juga pernah bekerja sebagai tenaga ahli muda utama di Kantor Staf Kepresidenan.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan