News
·
14 Juli 2020 10:45

Rektor UIN Malang Siapkan SDM Menuju World Class University

Konten ini diproduksi oleh Tugu Malang
Rektor UIN Malang Siapkan SDM Menuju World Class University (743344)
Prof Dr Abdul Haris. Foto: Dani Kristian.
MALANG - Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang mengajak seluruh dosen untuk aktif di dalam penulisan karya ilmiah yang terpublikasi di jurnal nasional maupun internasional. Hal ini dilakukan guna memperbaiki mutu kualitas perguruan tinggi di PTKIN yang telah didukung pemerintah menjadi World Class University (WCU).
ADVERTISEMENT
Rektor UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Prof Dr Abdul Haris, mengatakan untuk menuju WCU bukan suatu hal yang mudah. Namun semua harus di mulai dari sekarang. Salah satunya dengan menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM).
"Memang bukan hal mudah untuk mencapai WCU tapi bukan berarti kita tidak bisa mencapai. Kami berusaha untuk mencapai hal tersebut. Salah satunya dengan memperbaiki dan menyiapkan SDM yang mumpuni untuk menunjang menuju kampus WCU," jelas Haris.
UIN Malang juga telah mengadakan sosialisasi melalui webinar internasional yang mengusung tema Sosialisasi Akreditasi Internasional ASIIN Jerman dan Strategi Menuju World Class University.
Haris menjelaskan, saat ini prosentase hasil penelitian ilmiah di Indonesia masih tertinggal dengan beberapa negara seperti Malaysia, Thailand dan Singapura.
ADVERTISEMENT
Oleh sebab itu, Haris menegaskan seluruh dosen agar tidak sibuk dengan urusan normatif yang berdampak kurang produktif pada hasil penelitian di jurnal ilmiah yang terakreditasi.
“Kami UIN Malang siap memfasilitasi para dosen yang produktif melakukan risetnya,” ujarnya.
Haris menambahkan, perguruan tinggi tidak hanya sebagai agen pendidikan saja, tetapi keberadaannya harus bisa menggerakkan masyarakat sekitar untuk lebih mandiri dalam sektor ekonomi melalui hasil inovasi riset dosen.
Haris mengatakan, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (LP2M) UIN Malang mempunyai program unggulan yaitu UIN Mengabdi Qaryah Thayyibah 2020.
Program tersebut sebagai wadah untuk mahasiswa dan dosen melakukan riset di tengah masyarakat secara langsung. "Adanya program tersebut agar hasil penelitian tepat sasaran bagi masyarakat," tandasnya.
ADVERTISEMENT
Selain meningkatkan kualitas penulisan dari dosen, Haris mengatakan, UIN Malang juga berupaya menambah jumlah profesor hingga mencapai formulasi yang ideal.
“UIN Malang terus berupaya meningkatkan mutu SDM baik di sektor pegawai tenaga pendidiknya maupun para dosen,” ucapnya.(ads)