News
·
29 Oktober 2020 11:32

SMKN 1 Turen Raih Juara 1 Olimpiade Akuntansi Nasional

Konten ini diproduksi oleh Tugu Malang

Lomba Digelar Secara Daring

SMKN 1 Turen Raih Juara 1 Olimpiade Akuntansi Nasional (132009)
SMKN 1 Turen. Foto: dok
MALANG - Pandemi Corona bukan menjadi halangan bagi siswa SMKN 1 Turen untuk meraih prestasi. Pasalnya, belum lama ini, siswa SMKN 1 Turen terpilih menjadi juara 1 olimpiade Accounting Skill and English Competition (ASEC) 2020 yang diselegarakan oleh Polinema.
ADVERTISEMENT
Guru Pembimbing Akuntansi SMKN 1 Turen, Devi Nur Rahmawati F SPd, membenarkan bahwa setiap awal tahun ajaran baru, prodi Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) selalu melakukan seleksi internal olimpiade akuntansi yang diikuti seluruh peserta didik kelas XII prodi AKL.
"Kami selalu mengadakan seleksi setiap tahun yang nantinya akan kami ikutkan lomba. Namun untuk tahun ini, dikarenakan ada pandemi, proses seleksi dilakukan secara daring melalui LMS Moddle dan Google Meet," ujar Devi.
Sebelumnya, SMKN 1 Turen mengirimkan 5 delegasi untuk mengikuti proses seleksi. Namun, 4 diantaranya tidak sampai pada tahap akhir.
"Setiap hari saya mengadakan latian rutin dengan tatap muka dan menggunakan protokol kesehatan yang lengkap. Tetapi tidak seperti tahun lalu yang bisa latian sampai sore hingga optimal," katanya.
ADVERTISEMENT
Adapun tata cara perlombaan akutansi yang dilakukan secara virtual yakni peserta mengerjakan soal akuntansi dengan jenis soal 60 multiple choice dan 15 true false. Presentasi soal 80 persen berbahasa Inggris dan 20 persen berbahasa Indonesia.
"Pada babak ini 30 peserta dengan nilai tertinggi akan masuk ke babak semifinal. Alhamdulillah dari 5 perwakilan SMKN 1 Turen, 4 peserta berhasil masuk ke babak semifinal," ucapnya.
Selanjutnya pada semifinal dibagi menjadi 2 babak, yaitu Babak Play and Lost dan Babak Input and Report. Peserta mengerjakan siklus akuntansi perusahaan dagang dengan menggunakan software MYOB Accounting versi 18ED. Pada babak ini, diambil 5 peserta dengan akumulasi nilai tertinggi dari babak semifinal.
"Dari sini, satu peserta didik atas nama Chindy Putri Novitasari berhasil masuk ke babak final dengan urutan ke-4. Berlanjut hingga tahapan akhir dan presentasi dengan menggunakan bahasa Inggris melalui Zoom Meeting," terangnya.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, pengumuman dilakukan secara daring melalui Zoom Meeting dengan akumulasi poin sebanyak 157 sehingga dia berhasil meraih juara 1.(ads)