News
·
10 November 2020 16:19

Surya Burhanuddin Berbagi Kisah Sukses dengan Jurnalis Tugu Malang ID

Konten ini diproduksi oleh Tugu Malang
Surya Burhanuddin Berbagi Kisah Sukses dengan Jurnalis Tugu Malang ID (368099)
Surya Burhanuddin. Foto: Ulul Azmy
MALANG - Penulis buku Para Pemburu Masa Depan, Surya Burhanuddin, yang juga seorang Pakar Pendidikan dan Motivator ulung, berkesempatan berbincang dengan para Jurnalis Tugumalang.id, pada Selasa (10/11/2020).
ADVERTISEMENT
Dalam kesempatan itu, dia berbagi banyak kisah inspirasi dan motivasi dalam menapak kebahagiaan dan kesuksesan dalam hidup.
Ada banyak hal yang bisa dipetik dari kisah dan pengalamannya. Bahwa kunci kesuksesannya selama ini, hanya berawal dari suatu keyakinan yang dia sebut sebagai Matematika Tuhan.
Surya Burhanuddin Berbagi Kisah Sukses dengan Jurnalis Tugu Malang ID (368100)
Surya Burhanuddin (kiri). Foto: Ulul Azmy
Seperti apa Matematika Tuhan yang dia maksud?
Pria yang sudah banyak memberikan beasiswa terhadap ribuan anak sejak 1998 ini menuturkan, dalam mencapai kesuksesan, keterbatasan bukanlah halangan. Ada banyak hal kecil yang sering tak disadari seseorang. Padahal, hal kecil ini sangat penting.
''Buka mata lebar-lebar. Dunia tak seluas kepala anda,'' ucapnya berkali-kali.
Surya Burhanuddin Berbagi Kisah Sukses dengan Jurnalis Tugu Malang ID (368101)
Surya Burhanuddin dan Tim Tugu Malang ID. Foto: Ulul Azmy
Setiap orang, kata dia, tak mutlak harus memiliki bakat tertentu dalam mencapai tangga kesuksesan. Semua orang punya potensi tersembunyi dalam dirinya masing-masing. Nah, bagaimana cara menggali potensi tersebut?
ADVERTISEMENT
Pertama, bangkitkan rasa kagum terhadap orang lain. Dari situ, kita bisa melihat dan merinci kelebihan orang lain, yang sebenarnya juga ternyata bisa kita lakukan.
"Ronaldo main bola. Taufik Hidayat main bulutangkis. Inul bisa nyanyi dan berjoged. Semua itu kan kita juga bisa. Tanyakan pada diri anda, kenapa anda kok gak bisa? Mereka saja bisa, dan kita tentu lebih hebat dari dia,'' tuturnya.
Setelah itu, perlunya seseorang menemukan sebuah dorongan dan semangat untuk menggali potensi dalam dirinya. Dia mengibaratkan dengan orang tak bisa benar-benar berlari sebelum dia dikejar anjing gila.
''Bagaimana cara menggali potensi? Ya carilah anjing gila. Kalau belum nemu anda gak akan bisa,'' katanya.
Selain menuturkan kisah-kisah inspiratif, Surya juga menuturkan pengalaman pribadi bersama keluarganya. Bagaimana dia membina hubungan dengan ketiga anaknya, menanamkan semangat kepada mereka untuk menggali potensi diri, belajar hingga menapak dunia kesuksesan.
ADVERTISEMENT
"Dulu saya sering ajak bicara anak saya untuk meniru orang-orang yang sukses. Meski anak saya belum bisa ngomong. Tapi itu saya praktikkan terus,'' ujarnya.
Lebih jauh, Surya juga mengungkap hal penting. Kunci sukses tentunya adalah dengan tidak membatasi diri untuk bermimpi. Banyak sekali Surya menjumpai seseorang menciptakan hantu untuk dirinya masing-masing.
"Belum ngapa-ngapain sudah pesimis. Belum makan udah mikir uang dan masih banyak lagi jenis hantu-hantu lain. Jangan batasi diri sendiri. Semua orang bisa sukses,'' tegasnya.
Jadi, begitulah kurang lebihnya apa yang dimaksud dengan Matematika Tuhan. Tentu, jika terus-terusan memakai logika manusia, tentu sangat terbatas dan kita hanya jalan di tempat. Dengan Matematika Tuhan, kata dia, seseorang bisa belajar banyak membaca hal baik disekitarnya.
ADVERTISEMENT
''Terlepas dari itu, semua hal yang terjadi di dunia ini tidak terjadi begitu saja, harus proses. Musti berani mendaki, bekerja keras, jeli melihat peluang, dan terus belajar,'' tutupnya.