Bisnis
·
6 Juli 2020 16:14

Tips Bisnis Online Lewat Aplikasi Jual Beli Shopee

Konten ini diproduksi oleh Tugu Malang
Tips Bisnis Online Lewat Aplikasi Jual Beli Shopee (359759)
Septy Alviaa membagikan tips lewat kanal YouTube miliknya. Foto: dok.
Bisnis online kerap menjadi andalan ibu rumah tangga untuk menambah pundi-pundi pendapatan. Tak terkecuali bagi Septy Alviaa. Wanita 28 tahun ini sukses menjadi pebisnis kosmetik melalui salah satu aplikasi jual beli online, Shopee.
ADVERTISEMENT
Kepada Tugumalang.id, mantan news anchor di salah satu televisi swasta ini menceritakan awal mula terjun ke dunia bisnis.
Pada tahun 2015, saat bekerja sebagai news anchor, Septy selalu merasa kesulitan ekonomi. Akhirnya, pada tahun 2017, Septy mencoba memulai bisnis dengan mengunggah produk kosmetik di Shopee.
"Pas saya coba upload ternyata banyak yang laku hingga financial keluarga membaik," beber ibu satu anak ini.
Bisnis Septy berkembang pesat karena banyak yang tertarik menjadi reseller.
"Saya semakin hari banyak memiliki reseller. Hingga akhirnya saya memutuskan resign sebagai news anchor di 2017 untuk fokus pada bisnis kosmetik online. Bahkan sampai sekarang alhamdulillah reseller saya bertambah dan sampai kehabisan stok," ungkapnya.
ADVERTISEMENT
Tak hanya melalui online, Septy juga menjual produk kosmetik door to door. Darisana, dia mengaku mendapat keuntungan Rp 50 ribu per kunjungan.
"Saya sangat bersyukur dapat untung Rp 50 ribu. Setiap pembeli saya save nomernya dan saya buat grup dan sampai saat ini mereka juga masih setia menjadi reseller saya," ujar alumni Universitas Muhammadiyah Malang ini.
Wanita kelahiran Blitar ini mengaku sempat khawatir dan ragu bisnis kosmetiknya tidak laku dan tidak bisa kembali modal.
Bahkan, Septy menceritakan pernah tertipu senilai Rp 20 juta saat suplier mengirim barang tidak sesuai pesanannya.
"Ternyata benar itu hanya sedikit ujian yang Allah berikan. Tidak lama kemudian saya bisa mendapatkan hasil dari jerih payah saya. Berlipat dari nominal yang saya ketipu tadi. Benar-benar rencana Allah misterius," ucap Septy.
ADVERTISEMENT
Kini, Septy tak pelit berbagi ilmu. Bahkan, dia membuat kanal YouTube untuk memberikan tutorial bisnis. Kanal YouTube tersebut bernama Momy Cila.
Tak lupa, Septy membagikan tips bisnis. "Pandailah melihat peluang. Tidak usah gengsi. Dicoba terlebih dahulu sebab manusia tidak akan pernah tau jalan mana yang akan mengantarkan pada kesuksesan," pesannya.
"Terpenting selalu khusnudzon dengan siapapun. Baik dengan Allah, dengan calon pembeli yang tidak jadi beli, dengan orang yang nyinyir. Keep positive thinking karena energi positif dan cinta yang kita tebarkan dalam hati dan fikiranlah yang akan mengantarkan pada kesuksesan," imbuh Septy.
"Selama mindset kita uang adalah segalanya, maka akan semakin berat kita raih. Tapi selama kita berfikir bahwa kita lebih mulia dari pada uang, maka uanglah yang akan mengejar kita," tandas Septy.
ADVERTISEMENT