News
·
8 Desember 2020 12:52

Unikama Jadi Tuan Rumah Bimtek Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi

Konten ini diproduksi oleh Tugu Malang
Unikama Jadi Tuan Rumah Bimtek Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi (26603)
Unikama. Foto: Feni Yusnia
MALANG - Universitas Kanjuruhan Malang (Unikama) patut berbangga. Pasalnya, kampus multikultural ini, dipercaya oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Dirjen Belmawa Kemdikbud RI) menjadi tuan rumah pelaksanaan Bimtek Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi (PT).
ADVERTISEMENT
Di samping itu, Program Kerja Belmawa tersebut turut mengundang universitas lain di wilayah 7 – Jawa Timur. Bertajuk Bimtek Pengembangan Kurikulum PT di Era 4.0 untuk Mendukung MBKM Tahun 2020, kegiatan ini digelar secara offline dan online dalam waktu bersamaan.
Dengan menerapkan protokol kesehatan, seluruh penanggungjawab kurikulum tingkat Prodi hadir secara langsung di Ruang Abdul Radjab. Sedangkan, peserta bimtek dari universitas lain mengikuti secara daring melalui aplikasi Zoom Meeting.
Unikama Jadi Tuan Rumah Bimtek Pengembangan Kurikulum Perguruan Tinggi (26604)
Unikama. Foto: Feni Yusnia
Rektor Unikama, Dr Pieter Sahertian MSi, mengungkapkan rasa terima kasih kepada Dirjen Belmawa karena telah mempercayakan Unikama sebagai tuan rumah kegiatan Bimtek kali ini.
“Kami berharap dengan adanya Bimtek ini, para peserta dapat lebih mudah mengembangkan kurikulum di prodi masing-masing, khususnya di Unikama,” harapnya.
ADVERTISEMENT
Kegiatan ini dibuka oleh Sub Koordinator Kurikulum dan Capaian Pembelajaran Dirjen Belmawa Kemdikbud, Nur Maysita Syam. Dia menekankan, MBKM dilaksanakan dengan tujuan agar mahasiswa memperoleh pengalaman pembelajaran yang lebih luas. Termasuk menambah kompetensi baru di luar jurusannya.
Tak hanya itu, Bimtek juga dilakukan untuk membantu universitas dalam mengembangkan kurikulum yang mendukung program MBKM.
“Karena urgensi pelaksanaan MBKM, maka dari itu untuk saat ini kami berfokus pada universitas-universitas yang prodinya memperoleh hibah kerjasama MBKM untuk diberikan Bimtek penyesuaian kurikulum,” ujarnya.
Hadir langsung di Unikama, Tim Belmawa juga turut memberikan buku panduan pengembangan kurikulum PT di era Industri 4.0 di era MBKM dan buku panduan 8 kegiatan MBKM kepada Unikama.
ADVERTISEMENT
Penyerahan buku dilakukan secara simbolis oleh Rektor Unikama dan Wakil Rektor I Unikama, Dr Sudi Dul Aji MSi.
Kendati demikian, untuk memastikan materi bimtek dipahami oleh peserta, pihak Belmawa bahkan sempat melakukan pre test dan post test selama kegiatan. Dimana, tiga peserta dengan nilai tertinggi mendapatkan hadiah 2 buku tentang pedoman pengembangan kurikulum PT.
Kemudian, turut serta menjadi narasumber dalam bimbingan teknis pengembangan kurikulum ialah Prof Dr Ir Hendrawan Soetanto dari Universitas Brawijaya Malang; Prof Dr Edy Cahyono MSi dari Universitas Negeri Semarang; Dr Sri Suning Kusumawardhani dari Universitas Gadjah Mada; serta Prof Dr I Made Suparta Utama dari Universitas Udayana.
Sementara itu, Wakil Rektor I Unikama berharap, pasca dilaksanakan kegiatan ini, prodi yang mendapat hibah kerjasama MBKM dapat menyusun kurikulum sesuai panduan selama Bimtek dengan maksimal.
ADVERTISEMENT
“Semoga semester genap nanti, kurikulum yang telah dikembangkan sudah bisa diterapkan. Ini merupakan pekerjaan besar untuk kita semua menyusun kurikulum yang mendukung program MBKM,” tandasnya.(ads)