News
·
21 Agustus 2020 12:31

Waspada, 50 Persen Kebakaran di Kabupaten Malang karena Sampah

Konten ini diproduksi oleh Tugu Malang
Waspada, 50 Persen Kebakaran di Kabupaten Malang karena Sampah (50145)
Ilustrasi kebakaran. Foto: Kumparan
MALANG - 5 dari 10 penyebab kebakaran di Kabupaten Malang pada bulan Agustus 2020, disebabkan oleh sampah.
ADVERTISEMENT
"Sudah lima kali bakar-bakar sampah jadi penyebab kebakaran di Bulan Agustus ini," ungkap Kepala Bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Damkar Kabupaten Malang, Golly Karyanto, pada Jumat (21/8/2020).
Oleh sebab itu, dia memperingatkan warga agar lebih berhati-hati saat membakar sampah. "Pastikan ampas sampah benar-benar sudah terbakar dan padam," jelasnya.
Menurut Golly, ketika membakar sampah yang menggunung, biasanya tidak terlihat jika api masih menyala di dalam tumpukan tersebut.
Oleh sebab itu, dia menyarankan agar sampah-sampah tersebut diurai agar tidak menggunung. "Kalau masih ada bara api, sebaiknya disiram saja," bebernya.
"Yang menyebabkan kebakaran itu kan biasanya nyiramnya tidak benar. Hanya dipermukaan saja lalu langsung ditinggal. Padahal di dalam tumpukan sampah itu masih ada bara api," sambungnya.
ADVERTISEMENT
Golly memperingatkan, agar warga meninjau lokasi sebelum membakar sampah. "Pastikan tidak dekat rumah atau bahan yang mudah terbakar," tukasnya.
Terbaru, kebakaran karena sampah terjadi di Desa Sepanjang, Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang, pada Kamis kemarin (20/8/2020).
"Kebakaran terjadi di dekat penjual ban bekas. Penyebabnya ya bakar-bakar sampah tadi," ungkapnya.
Sementara untuk 5 kebakaran lain, Golly mengatakan, penyebabnya karena kelalaian pemilik rumah. "Ketika memasak lalu gasnya lupa dimatikan, sehingga bara api menyulut sebelah-sebelahnya dan kebakaran terjadi," paparnya.