Bisnis
·
7 September 2020 11:10

Kuasai 5 Soft Skill Ini untuk Sukses Bekerja dari Rumah

Konten ini diproduksi oleh Swara
Kuasai 5 Soft Skill Ini untuk Sukses Bekerja dari Rumah (81138)
Meski beberapa perusahaan sudah kembali bekerja di kantor, masih ada yang sampai saat ini bekerja dari rumah. Ada tantangan tersendiri saat bekerja dari rumah, dan seringkali dirasa lebih berat sampai membuat kita kewalahan.
ADVERTISEMENT
Selain itu, batas tipis antara jam kerja dan jam personal membuat kita merasa jadi semakin mudah lelah karena tidak ada work-life balance. Banyaknya distraksi, terlebih yang sudah memiliki anak, semakin menambah tantangan saat harus bekerja dari rumah. Yuk, kuasai 5 soft skill ini untuk sukses bekerja dari rumah.

Manajemen waktu

Penting untuk bisa mengatur waktu dengan baik selama bekerja di rumah. Jika berhasil, maka kamu
Kemampuan manajemen waktu yang baik penting kamu miliki selama bekerja di rumah. Cara sederhana, kamu bisa membuat jadwal harian untuk menentukan kapan mulai bekerja dan kapan saatnya beristirahat. Ikuti jadwal tersebut dengan ketat agar lebih produktif saat bekerja.
ADVERTISEMENT

Komunikasi

Saat bekerja dari rumah, kamu tidak berinteraksi langsung dengan rekan kerja. Ada batas jarak, dan mungkin juga waktu, antara dirimu dan rekan sehingga harus mengandalkan teknologi. Karena itulah dibutuhkan komunikasi yang baik.
Kamu bisa menerapkan pola over-communication. Tidak perlu takut dicap bawel atau banyak bicara, karena pola ini penting untuk meminimalisir kesalahpahaman saat berdiskusi waktu remote working.
Teamwork
Teamwork mungkin saja sulit untuk diwujudkan kalau kamu sudah lama tidak bertemu teman satu tim. Namun, teamwork ini penting untuk menimbulkan rasa saling percaya dengan rekan kerja. Meski secara fisik bekerja sendiri, ingatlah bahwa sebenarnya kamu berada dalam satu tim.

Critical Thinking

Kemampuan berpikir kritis ini berguna saat memecahkan masalah. Seringkali, kamu harus memecahkan masalah seorang diri tanpa punya waktu untuk berdiskusi langsung dengan teman satu tim. Selain itu, critical thinking juga membentuk pemikiranmu jadi lebih mandiri.
ADVERTISEMENT

Fokus

Banyaknya gangguan membuatmu sulit untuk fokus. Latih diri agar bisa berkonsentrasi dengan pekerjaan. Cara sederhana yaitu dengan mencari area yang tenang dan pencahayaan yang cukup, sehingga kamu bisa lebih fokus. Selain itu, ruang kerja yang tenang dan jauh dari suara bising juga bisa mendukungmu untuk lebih berkonsentrasi.
Walaupun secara fisik sendiri, pada dasarnya kamu masih bekerja bersama dengan tim. Persiapkan diri untuk beradaptasi dengan metode kerja baru melalui soft skill tersebut.