Bisnis
·
1 September 2020 14:44

Mulai Investasi Sejak Dini, Jadi Crazy Rich di Kemudian Hari

Konten ini diproduksi oleh Swara
Mulai Investasi Sejak Dini, Jadi Crazy Rich di Kemudian Hari (80073)
Investasi tidak hanya untuk mereka yang sudah lama bekerja. Sebaiknya memang mulai berinvestasi sejak dini, sekaligus menyiapkan dana pensiun sejak awal agar tidak stres di kemudian hari. Yuk, mulai investasi sejak dini, biar jadi crazy rich di kemudian hari.
ADVERTISEMENT
Untuk kamu yang sudah ingin menyiapkan dana pensiun sejak sekarang, berikut beberapa jenis investasi yang bisa kamu miliki dan sesuai dengan kebutuhan di masa depan.

Deposito

Investasi deposito cukup aman karena risiko yang kecil. Namun, risiko kecil juga diikuti dengan imbalan yang kecil. Untuk deposito, kamu diharuskan menyetor sejumlah uang sesuai denngan nilai pokok yang telah ditentukan. Kamu hanya bisa mengambil tabungan deposito ini dalam jangka waktu tertentu. Umumnya, deposito bisa mendapat bunga 6-8% per tahun.

Peer-to-peer landing

Jenis investasi ini disediakan oleh perusahaan fintech yang mempertemukan antara penyedia pinjaman dan peminjam. Kamu bisa memberikan pinjaman secara digital untuk pelaku UMKN. Keuntungan yang ditawarkan berkisar antara 18-24% per tahun.
ADVERTISEMENT

Reksa Dana

Bagi generasi muda, reksa dana jadi pilihan favorit. Kamu bisa menerima keuntungan yang cukup besar, tergantung pada reksa dana yang kamu pilih. Untuk menyiapkan dana pensiun, kamu bisa memilih jenis reksa dana pasar uang karena risikonya yang tergolong kecil dan cocok untuk pemula.

Saham

Saham memiliki risiko yang cukup besar dibanding jenis investasi lain, tapi keuntungan yang didapat juga besar. Sebelum memulai saham, lakukan riset mendalam terlebih dahulu.

Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK)

DPLK disediakan oleh pihak bank atau perusahaan asuransi jiwa. Pelaksanannya hampir mirip dengan Jaminan Hari Tua dari BPJS Ketenagakerjaan. Kamu perlu membayar iuran bulanan untuk dimasukkan ke dalam rekening DPLK yang nantinya bisa digunakan saat memasuki usia pensiun. Kamu pun bisa menentukan jumlah iuran per bulannya.
ADVERTISEMENT
Yuk, mulai rencankan keuangan di masa pensiun sejak dini. Berhubung saat ini kita masih berada di usia produktif.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white