News
·
25 November 2020 10:47

Nasib UMKM di Tengah Pandemi

Konten ini diproduksi oleh tututsolikah
Presiden Joko Widodo mengumumkan covid 19 masuk di Ind0nesia pada bulan Maret 2020. Pandemi covid 19 berdampak besar bagi para pelaku UMKM. Seperti halnya di daerah Kabupaten Trenggalek juga ikut merasakan dampak pandemi ini. Pelaku UMKM di Trenggalek mengalami penurunan penjualan adanya covid 19. Tetapi dengan adanya pandemi covid 19 ini Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perdagangan ( Komindag) memberikan stimulus bagi para pelaku usaha mikro yaitu sebagai upaya pemerintah untuk mendorong pemulihan ekonomi di masa pandemi. Sebanyak kurang lebih 15 ribu pelaku UM di Kabupaten Trenggalek mendapatkan bantuan permodalan masing-masing sebesar Rp. 400 ribu.
ADVERTISEMENT
" Setidaknya nilai Rp. 400 ribu ini bisa di gunakan menjadi modal pelaku UM," kata Agus.
Dengan diberikannyan bantuan seperti ini Komindag di Kabupaten Trenggalek berharap supaya para pelaku UM bisa tetap bekerja dengan modal yang yang diberikan , sehingga perputaran di Kabupaten Trenggalek bisa kembali normal.
Salah satu pelaku usaha pedagang cilok yang dikelola Bapak Wakit asal desa Sumurup Kecamatan Bendungan Kabupaten Trenggalek memanfaatkan bantuan yang diberikan Pemerintah Daerah
" Sebelum adanya pandemi covid 19 saya mendapatkan penghasilan 1.000.000 perbulan, tetapi adanya pendemi covid 19 penghasilan saya menjadi 500.000perbulan, tetapi adanya bantuan Rp. 400 ribu yang diberikan saya bisa kembali bangkit membeli bahan cilok karena pertambahnya modal walaupun penjualan menurun tetapi saya tetap semangat berjualan " kata Bapak Wakit.
ADVERTISEMENT
Tetapi agar usahanya bertambah lancar, Pak Wakit mempunyai inisiatif tersendiri yang semula berjualan di wilayah gang masuk perumahan, sekarang pindah berjualan disekitar alun-alun, pasar, dan dekat dinas.
Meskipun adanya pandemi covid 19 Bapak Wakit tetap merasa bersyukur karena ada bantuan dari Pemerintah Daerah usahanya tetap berjalan meskipun penghasilannya menurun.
Terakhir Pak Wakit berharap, semoga wabah virus corona ini segera hilang dari Indonesia dan terimakasih atas bantuan stimulus yang telah di berikan oleh Dinas Koperasi Usaha Mikro (Komindag) di Kabupaten Trenggalek .

sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white