kumparan
23 Agu 2019 11:32 WIB

Negara Somalia Diam-diam Memilliki Tempat Wisata yang Indah!

Pernah mendengar negara Somalia? Atau membacanya di berita? Ya, negara Somalia, dulu bernama Republik Demokratik Somali adalah negara yang terletak di Tanduk Afrika. Negara ini berbatasan dengan Djibouti, Kenya, Teluk Aden, Yaman, Samudra Hindia dan Ethiopia, di masing-masing sisi mata angin. Somalia dinobatkan sebagai salah satu negara yang berbahaya karena sejak 2005 terjadi perang saudara. Juga politik yang tidak stabil membuat Somalia memiliki peraturan ketat untuk wisatawan.
ADVERTISEMENT
Namun, dibalik semua masalah yang dialami Somalia, negara ini memiliki tempat wisata yang indah. Beberapa pantai berpasir putih dengan air yang bening. Bukit-bukit hijau yang membentang sejauh mata memandang. Sejumlah gua dengan lukisan khas Neolitik kuno. Seandainya Somalia tidak berbahaya, ekonomi dan politik yang stabil, inilah rekomendasi tempat wisata di Somalia!
1. Pantai Liido
Pemandangan pantai Liido (www.tripadvisor.com)
Salah satu pantai terbaik di Somalia, pantai Liido terletak di Wadada Liido, di antara Via Sanca dan W Boondheere. Wisatawan dapat menikmati pantai berpasir putih dengan air biru bening. Pantai Liido bersih dan dirawat dengan baik. Wisatawan diperbolehkan berenang di pantai atau sekedar duduk-duduk di tepi pantai dengan kursi yang sudah disediakan. Setelah berenang, wisatawan bisa menikmati kuliner dari restoran-restoran yang ada. Masakan yang disajikan pun makanan laut segar dengan rasa yang enak!
ADVERTISEMENT
2. Pantai Jazeera
Sisi tebing pantai Jazeera (www.tripadvisor.com)
Tidak kalah dengan pantai Liido, pantai Jazeera menyimpan daya tariknya tersendiri. Sama seperti Liido, pantai Jazeera adalah pantai berpasir putih dengan air biru sebening kristal. Yang membuat unik, ada sisi tebing pantai yang dapat dinaiki dan merasakan ombak yang memecah di bawahnya. Sungguh memacu adrenalin! Pemandangan yang disungguhkan juga sangat menarik. Cocok bagi wisatawan yang ingin menikmati pemandangan pantai yang apik.
3. Laas Geel
Sisi Gua Laas Geel (www.commons.wikipedia.org)
Destinasi wisata ini sangat popular di kalangan wisatawan, Laas Geel menawarkan serangkaian gua-gua yang indah dengan lukisan Neolitik kuno . Situs gua Laas Geel ini memperlihatkan seni batu di kala 9000 SM. Terletak di Hargeysa, jalan menuju Laas Geel cukup bergelombang dan diterpa cuaca yang panas. Tapi tidak menurunkan semangat wisatawan yang berkunjung ke sini. Pemandangan gua-gua Laas Geel yang bagus, lukisan batu dirawat dengan baik, struktur gua yang unik, sayang untuk dilewatkan!
ADVERTISEMENT
4. Shanghai Old City
Pemandangan Shanghai Old City (www.somalitopnews.com)
Terletak di Mogadishu, Shanghai Old City juga merupakan wisata popular. Shanghai Old City dikenal dengan kastil khas arsitektur China yang unik. Bagi wisatawan penggemar fotografi, bangunan dan pemandangan di sekitarnya sangat bagus untuk diabadikan. Selain itu, wisatawan dapat menikmati beragam toko ataupun restoran di sisi kastil Shanghai Old City.
5. Museum Saryan
Pintu Masuk Museum Saryan (www.africannews.com)
Museum Saryan terletak di Shacab Area, Hargeysa. Museum Saryan tertata rapi dan dirawat dengan baik. Museum ini terdiri dari 2 ruangan, ruangan pertama mmenceritakan kehidupan sejarah dan politik Somali, sedangkan ruangan satu lagi menceritakan kehidupan orang-orang Somali. Barang-barang dan interior museum dikumpulkan sendiri oleh pendiri museum. Walaupun Museum Saryan terbilang kecil, namun isi museum sungguh berbobot.
ADVERTISEMENT
Nah, itulah rekomendasi wisata di negera Somalia. Sungguh menarik bila dikunjungi, apabila negara Somalia merupakan negara yang stabil. Uniknya, turis Somalia menjadi pengunjung negara ke-79 di Sate Ratu, Yogyakarta, loh!
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan