kumparan
search-gray
News8 Februari 2018 2:41

Kebutuhan Reinforced Concrete Indonesia

Konten kiriman user
Kebutuhan Reinforced Concrete Indonesia (448195)
"Tulisan ini bertujuan untuk kepentingan pembaca yang baru sedikit mengetahui tentang sisi lain dunia beton, bukan untuk yang sudah pro tentang per-konstruksian, apalagi menggurui, sekedar sharing, untuk yang sudah pro koreksi dan tuntunan saya harapkan"
ADVERTISEMENT
Melihat beberapa proyek yang sedang berjalan di Indonesia saat ini begitu gencar dilakukan terutama pada sarana pembangunan transportasi, tentunya membutuhkan material yang sudah siap pakai.
Belum lagi proyek raksasa milik Lippo Group yang notabene masih menyimpan segudang "misteri" dari mulai perizinan hingga "sulap selip susulapan", tentang misteri ini dapat dilihat di sumber
Terlepas dari sulap selip dan misteri tadi disini saya hanya mencoba menguraikan mengenai salah satu kebutuhan beton precast atau bahasa krennya Reinforced Concrete untuk pembangunan yang sedang berjalan di Indonesia tercinta.
Beton precast adalah beton ready to use, para aktivis konstruksi tidak perlu lagi memikirkan bagaimana cara memproduksi jenis beton tersebut, tinggal pasang dan tinggal bayar tukang pasang, biarpun demikian tetap saja diperlukan ketelitian dan kecermatan terutama dalam memilih mutu dari beton dan pada saat instalasinya.
ADVERTISEMENT
Pembuatan beton precast sudah barang tentu menggunakan besi-besi yang secara khusus dirancang untuk kebutuhan beton pracetak, besi-besi ini dianyam sebelum dituangkan cairan betonnya ke dalam cetakan.
Penggunaan besi anyaman tersebut biasa juga disebut dengan besi wiremesh, ukuran besi tersebut antara besi m4, m5 hingga besi 12.
Berbicara mengenai beton precast sudah barang tentu akan membahas produk-produk apa saja yang berhubungan dengan reinforced concrete tersebut.
JENIS-JENIS BETON PRECAST
Berikut ini sebagian jenis-jenis reinforced concrete yang biasa dipakai dalam pembangunan antara lain:
Reinforced Concrete Ditch yaitu beton pracetak yang memiliki tipe dan bentuk antara lain:
I. RC DITCH
RC Ditch beton precast ini mememiliki beberapa tipe diantaranya
1. U-DITCH
U Ditch adalah salah satu jenis beton precast atau beton cetak siap pakai dengan memiliki bentuk menyerupai huruf U, jenis beton ini biasa diberi penutup plat beton (u-ditch cover).
ADVERTISEMENT
Kegunaan u-ditch adalah sebagai saluran drainase ataupun irigrasi. Ukuran uditch sangat bervariasi,
Ukuran tersebut dapat mengikuti dari kebutuhan di lapangan atau elevasi saluran yang diinginkan.
Dapat dirasakan manfaat utama dari beton cetak ini untuk mengatur saluran air pembuaangan supaya lebih teratur dan sesuai dengan alur yang diharapkan.
Dengan precast ini pekerjaan yang membutuhkan pembuangan dapat dialirkan dengan baik dan bangunanpun jadi terlihat enak dilihat. (Sumber: U Ditch)
2. RC Parabolic Ditch
3. RC Circular Ditch
3. RC Cascade
II. PAGAR BETON
Kebutuhan pagar panel atau pagar siap pakai yang terbuat dari beton precast sudah menjadi kebutuhan para pegiat industri misalnya untuk keperluan sekitar bangunan pabrik dan juga kebutuhan yang sifatnya memerlukan pagar yang memiliki kekuatan yang tidak termakan oleh waktu.
ADVERTISEMENT
Di kota-kota besar kebutuhan produk ini sudah menjadi kewajiban, banyak manfaat yang bisa dirasakan dengan pemasangan jenis pagar ini.
Diantara manfaat pemasangan ini adalah lebih privacy area lingkungan yang dimiliki, tidak mudah dibobol oleh orang yang berniat tidak baik. (sumber: pagar panel)
III. RC CULVERT
Box culvert adalah salah satu jenis beton precast yang terbuat dari beton dengan dibubuhi besi beton sebagai tulangan didalamnya, bentuk beton precast ini secara umum berbentuk segi empat atau kubus dan diberi ruas spigot (keran) dan socket (sumber: Box Culvert)
Dipasaran harga beton precast bervariasi tergantung dari jenis apa beton precast yang diinginkan, contoh harga u ditch dengan ukuran yang paling kecil yaitu 30x30x120 harga umum kisaran Rp.300.000,- dan harga tertinggi untuk ukuran tinggi dikisaran 5 juta-an.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white