Delegasi Mahasiswa UAD Raih Juara III Lomba Debat Nasional

NEWS UAD
Informasi terkini Universitas Ahmad Dahlan
Konten dari Pengguna
30 Maret 2023 10:29 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari NEWS UAD tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Raih Juara III Lomba Debat Nasional di Riau (Foto: Istimewa)
zoom-in-whitePerbesar
Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Raih Juara III Lomba Debat Nasional di Riau (Foto: Istimewa)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berhasil meraih juara III lomba debat nasional, dalam gelaran Formadiksi Cup and Event Nasional Chapter 3 yang diselenggarakan di Aula Rektorat Universitas Riau pada 16 hingga 19 Maret 2023. Mahasiswa delegasi tersebut yaitu Muhammad Fajri Majid, Rachma Chanesya Rizkina, dan Yulia Gesti Merkuri. Kompetisi bergengsi itu diikuti oleh berbagai perguruan tinggi di seluruh Indonesia.
ADVERTISEMENT
Saat diwawancarai mewakili tim, Rachma mengaku senang dan bersyukur atas perolehan juara tersebut. Ia mengatakan, berbagai persiapan pun dilakukan sebelum kompetisi berlangsung, mulai dari latihan rutin, recase, hingga case building. “Kami berlatih bersama kakak tingkat hampir setiap malam, melakukan recase hingga case building. Turun lomba juga merupakan salah satu cara latihan kami dalam menyongsong NUDC.”
National University Debating Championship atau NUDC merupakan kompetisi debat parlementer berbahasa Inggris tingkat universitas se-Indonesia. Kegiatan ini sudah berlangsung sejak tahun 2008 dan setiap tahunnya menghasilkan delegasi Indonesia untuk World Universities Debating Championship (WUDC).
“Bisa mengikuti lomba di sana bagi kami sangat berkesan sekali, karena bisa bertemu dan bertanding dengan para debaters dengan kemampuan yang mumpuni dan mengambil ilmu dari mereka. Selain itu, kami juga belajar tentang cara debat yang bagus, cara meningkatkan argumen, dan banyak lainnya,” ungkapnya.
ADVERTISEMENT
UAD dengan slogan “Prestasi Adalah Tradisi Kami” benar-benar mendorong dan mendukung mahasiswa dalam merealisasikan slogan tersebut. “Selama mengikuti kompetisi, dukungan kampus sangat banyak, mulai dari pendanaan, tiket, akomodasi, dan masih banyak lagi.”
Rachma dan tim berharap, “Semoga kami bisa terus berlatih dengan lebih disiplin lagi sehingga hasilnya juga bisa lebih maksimal, punya semangat yang baru, dan yakin bahwa semuanya bisa dicapai melalui latihan, usaha, serta kerja keras.” (eka)