UAD Perkuat Kerja Sama Internasional dengan Polytechnic of Porto Portugal

NEWS UAD
Informasi terkini Universitas Ahmad Dahlan
Konten dari Pengguna
16 Agustus 2023 8:57 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari NEWS UAD tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Delegasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) pada kegiatan International Credit Mobility ErasmusPlus di Polytechnic of Porto Portugal (Dok. Istimewa)
zoom-in-whitePerbesar
Delegasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) pada kegiatan International Credit Mobility ErasmusPlus di Polytechnic of Porto Portugal (Dok. Istimewa)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Universitas Ahmad Dahlan (UAD) sukses menyelenggarakan kegiatan International Credit Mobility (ICM) ErasmusPlus bekerja sama dengan School of Accounting and Business (ISCAP), Polytechnic of Porto Portugal (P Porto). Kegiatan ini didanai melalui program ErasmusPlus dari Uni Eropa dan berlangsung selama enam hari, pada Senin, 29 Mei 2023 hingga Sabtu, 3 Juni 2023. Hibah ICM ini merupakan pertama yang diterima oleh UAD, setelah sebelumnya mendapat hibah ErasmusPlus dalam kategori Capacity Building of Higher Education (CBHE) sejak tahun 2017.
ADVERTISEMENT
Kegiatan ini mencakup dua jenis program, yaitu pertukaran dosen dan pertukaran staf. Dalam pertukaran pengajaran, terdapat 2 dosen dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) UAD, yakni Nabila Na’Ma Aisa S.E., M.Sc., dan Dr. Ema Nurmaya mewakili UAD untuk memberikan pengajaran di P Porto dengan mengajar kelas S1, workshop, dan seminar.,
Sementara kegiatan pertukaran staf diikuti oleh Rektor UAD, Dr. Muchlas, M.T., dan Kepala Bidang Kerja Sama Luar Negeri UAD, Ida Puspita, S.S., M.A.Res. Mereka melakukan tindak lanjut kerja sama sebelumnya dengan P Porto yang melibatkan pendanaan dari ErasmusPlus dalam program Building Universities in Leading Disaster Resilience (BUiLD).
Dalam kunjungan ini, Ida Puspita mengenalkan UAD pada dua fakultas di P Porto yakni School of Engineering dan School of School of Accounting and Business dan sekaligus menginisiasi kerja sama dengan Polytechnic of Tyrana dari Negara Albania. Selain itu, tim UAD juga berkesempatan untuk berkunjung ke laboratorium P Porto yang telah merancang Virtual Reality untuk manajemen kebencanaan.
ADVERTISEMENT
Pada kesempatan berikutnya, delegasi dari UAD yang mengikuti program pertukaran pelatihan melakukan sebuah presentasi yang berkaitan dengan UAD dan potensi kerja sama dengan School of Accounting and Business (ISCAP) yang menjadi tuan rumah dari acara ICM ErasmusPlus ini. Dalam rangkaian kegiatan tersebut, terdapat dua kerjas ama baru yang akan dijalankan, yaikni pertukaran dosen dan mahasiswa dari P Porto ke UAD pada tahun berikutnya, serta penandatanganan MoU dengan Polytechnic of Tyrana, Albania.
Pada Juli 2023, enam dosen dari ISCAP Universitas P Porto telah melakukan pertukaran dosen dengan UAD. Kegiatan ini melibatkan serangkaian agenda, seperti pengajaran di kelas S1 dan S2, workshop dengan dosen FEB UAD, serta diskusi mengenai kolaborasi dalam bimbingan tesis Magister Manajemen dan penelitian bersama dengan dosen FEB UAD.
ADVERTISEMENT
Rektor UAD menyampaikan bahwa kunjungan ke Politeknik Porto di Portugal sangat penting sebagai upaya internasionalisasi UAD. “Pendanaan yang sepenuhnya kegiatan ICM ErasmusPus Uni Eropa ini menunjukkan bahwa UAD telah memperoleh pengakuan oleh lembaga kredibel di tingkat dunia. Pengakuan secara internasional oleh Politeknik Porto ditunjukkan pula oleh diterimanya dua dosen FEB UAD untuk melaksanakan pertukaran dosen dengan kegiatan mengajar di kelas S1, mengisi acar workshop dan seminar”.
Melalui hibah ErasmusPlus ICM ini diharapkan dapat memperluas jaringan kerjasama internasional serta memberi kesempatan bagi dosen-dosen terlibat untuk berinteraksi dengan mahasiswa internasional, memperkaya pengalaman mengajar, dan meningkatkan pengakuan internasional. Langkah ini juga mendukung akreditasi program studi dan institusi, serta membuka peluang kerjasama yang lebih luas di masa depan. (Doc)
ADVERTISEMENT