kumparan
2 November 2019 19:48

5 Perlengkapan Mendesak yang Harus Disiapkan Sebelum Melahirkan

Gerai penjualan perlengkapan bayi di Jalan Veteran, Palembang. Foto. Urban ID
Calon ibu yang baru akan memulai proses lahiran anak pertama, sebaiknya memperhatikan perlengkapan yang akan dibawa saat melahirkan. Selain perlengkapan bayi, juga dibutuhkan perlengkapan sang ibu, agar tidak bolak-balik ke rumah sakit.
ADVERTISEMENT
Nah berikut ini, beberapa perlengkapan bayi dan ibu yang cukup mendesak dipersiapkan jelang lahiran.
1. Pakaian bayi
Pakaian menjadi paling dibutuhkan pasca melahirkan, baik ketika bayi baru saja lahir atau di butuhkan ketika pulang dari rumah sakit. Biasanya rumah sakit hanya menyediakan pakaian saat bayi dalam perawatan, namun saat pulang pakaian bayi disedikan sendiri. Pakaian bayi juga termasuk sarung tangan dan kaus kaki bayi.
2. Pakaian ibu
Selain pakaian bayi, pakaian ibu juga sangat penting, pilihlah pakaian yang cukup longgar guna memudahkan gerak pasca bersalin. Pakaian ibu biasanya lebih sedikit jika akan melahirkan dengan cara normal, umumnya hanya untuk dua hari saja. Selain baju, juga sebaiknya disiapkan korset untuk ibu yang melahirkan normal agar proses pengecilan rahim lebih maksimal.
ADVERTISEMENT
3. Perlengkapan menyusui
Perlengkapan menyusui juga termasuk perlengkapan bayi baru lahir yang harus Anda siapkan. Bra menyusui merupakan hal wajib yang Anda miliki. Tidak hanya itu, bantal menyusui, pompa ASI, botol susu, penghangat ASI, alat steril botol, sikat botol, cooler box, sabun pencuci botol, dan sebagainya.
4. Popok
Popok bayi juga termasuk ke dalam perlengkapan bayi baru lahir yang harus segera disiapkan. Ada dua jenis popok yang bisa Anda miliki, yaitu popok sekali pakai atau popok kain. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan sesuai dengan kondisi bayi.Jika melahirkan normal, popok sang ibu juga dibutuhkan.
5. Alat mandi bayi
Perlengkapan bayi baru lahir berikutnya adalah alat-alat mandi. Terdiri dari bak mandi bayi, sabun, shampo, minyak telon atau kayu putih, bedak, handuk mandi, waslap, sisir, gunting kuku, body lotion bayi, kapas, cotton bud, baby oil, pelembap, dan sebagainya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan