Food & Travel
·
19 Juli 2021 15:27
·
waktu baca 2 menit

Cara Membuat Cuko Pempek Khas Palembang yang Enak

Konten ini diproduksi oleh Urban Id
Cara Membuat Cuko Pempek Khas Palembang yang Enak (75922)
searchPerbesar
Ilustrasi pempek. Foto: dok.shutterstock
Siapa yang tak kenal dengan pempek, kuliner khas Palembang. Namun, dibalik rasa pempek yang enak, ada cuko sebagai bahan olahan pelengkap saat pempek disajikan. Cuko dalam bahasa Palembang adalah cairan dengan rasa khas biasanya berwarna coklat pekat atau kehitaman.
ADVERTISEMENT
Cuko selalu ada saat disandingkan dengan pempek. Masyarakat Palembang menyebut tak lengkap rasanya jika tidak ada cuko pada pempek yang disajikan. Nah, berikut ini Urban Id rangkum cara membuat cuko pempek khas Palembang.

Siapkan bahan

Sebelum memulai membuat cuko pempek, siapkan bahan gula merah sebanyak 500 gram. Jika ingin mendapatkan rasa yang khas bisa dengan menggunakan gula batok hitam. Selain itu siapkan juga 500 sampai 600 mili liter air, ebi disangrai atau dihaluskan sebanyak 1 sendok makan, garam secukupnya, asam jawa, cuka masak 1 sendok makan.
Siapakan juga bawang putih sebanyak 8 hingga 10 siung, cabai rawit sesuai selera atau tambahkan juga cabai keriting yang dihaluskan.

Cara membuat

Langkah pertama membuat cuko yakni dengan merebus air yang sudah disiapkan, iris halus gula merah lalu masukan ke dalam air yang sudah direbus lalu aduk hingga rata dan mendidih. Jika sudah masukan semua bahan yang dihaluskan dan ditambah gula, garam, perasan asam jawa, cuka masak dan ebi.
ADVERTISEMENT
Setelah semua tercampur, mulailah menyesuaikan rasa yang diinginkan. Jika sudah pas maka kecilkan api hingga terlihat seperti mengental sesuai dengan selera. Setelah itu, masukan ke dalam wadah dengan cara disaring.

Cara menyajikan

Cara Membuat Cuko Pempek Khas Palembang yang Enak (75923)
searchPerbesar
Ilustrasi pempek. Foto: Instagram @mksfoodbang
Untuk menyajikan cuko pempek, biasanya ditambah dengan irisan timun atau bahan tambahan lainnya. Pempek disajikan dengan keadaan hangat bersama cuko.