kumparan
2 April 2019 15:44

'Ikan Tawar, Ikan Cakalang' Jadi Pantun Jokowi di Palembang

Capres Jokowi bersama istri saat diarak menggunakan kendaraan hias saat kampanye di Palembang. (Urban Id)
Setibanya di Kota Palembang, capres nomor urut 01, Jokowi, terlebih dahulu turut meramaikan karnaval kendaraan hias dengan menaiki kendaraan perahu hias menuju lokasi kampanye di Palembang Sport Convention Center (PSCC), Selasa (2/4).
ADVERTISEMENT
Karnaval yang disiapkan oleh Tim Kampanye Daerah (TKD) Koalisi Indonesia Kerja (KIK) Sumatra Selatan mencakup puluhan kendaraan hias, budaya daerah, serta beragam pertunjukkan nusantara lainnya.
Di awal sambutanya, mantan Wali Kota Solo ini juga menyampaikan sebuah pantun khas Palembang, yang kemudian disambut riuh massa pendukungnya.
Ikan tawar ikan cakalang,
Dimasak hangat bermacam rasa,
Apo kabar Kota Palembang,
Wong kito galo luar biasa.
Jokowi mengapresiasi antusiasme massa pendukung yang membuatnya kian optimis menghadapi hari pemungutan suara pada 17 April mendatang. "Saya lihat di karnaval tadi banyak khas kebudayaan, agama, suku-suku, semua kelihatan menunjukkan kegembiraannya menyambut 17 April," katanya.
Jokowi mengingatkan kepada massa pendukung untuk terus semangat hingga 17 April dan terus menyuarakan fakta dan kebenaran tentang apa yang sudah dilakukan pemerintah pada 4,5 tahun belakangan.
ADVERTISEMENT
"Ketuk pintu tetangga, sampaikan apa yang sudah pemerintah lakukan," katanya.
Menurutnya, Sumatra Selatan (Sumsel) merupakan provinsi dengan kekayaan sumber daya alam yang luar biasa. Palembang sebagai ibu kotanya pun disebut sebagai pusat pengetahuan dan olahraga.
"Palembang ini multikultural. Semua suku ada di sini, semua budaya, adat, dan tradisi. Semuanya ada di Sumsel khususnya Palembang," katanya.
Dirinya pun kembali memamerkan tiga kartu sakti yang menjadi andalan programnya untuk meraih suara. Jokowi mengangkat KIP kuliah dan berjanji dirinya akan meringankan beban masyarakat menyekolahkan anak hingga menjadi sarjana.
Selain itu, tak lupa juga, Jokowi mengingatkan agar masyarakat memberikan hak suaranya pada 17 April nanti. Ia berpesan agar masyarakat tidak golput, sebab penyelenggaraan Pemilu 2019 menghabiskan dana hingga Rp 25 triliun.
ADVERTISEMENT
Sementara Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN), Erick Thohir, yakin kalau pasangan calon nomor urut 01, Joko Widodo-Ma'ruf Amin, akan mendapatkan suara di atas 50 persen pada Pilpres 2019 yang akan berlangsung pada 17 April mendatang.
Erick mengatakan, sejauh ini, dukungan terhadap calon petahana terus berjalan secara positif di Pulau Jawa, Sulawesi, Papua, dan Sumatra. Bahkan, untuk wilayah Sumatra seperti di Provinsi Lampung, diyakininya paslon 01 akan mendulang suara terbanyak.
"TKN di Sumatra bergerak secara positif. Data yang kami dapat, Sumatra bergerak jauh sangat positif. Lampung, Sumsel, Riau pergerakannya signifikan, kalau kita bisa 50:50 (dapat suara) luar biasa. Secara kumulatif dengan seluruh Indonesia Jokowi akan di atas 50 persen," katanya. (jrs)
ADVERTISEMENT
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan