Pemprov Sumsel Sediakan Program Mudik Gratis

Konten Media Partner
8 Maret 2024 16:52 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Sejumlah pemudik yang menggunakan transportasi kereta api di Stasiun Kertapati Palembang Foto: abp/Urban Id
zoom-in-whitePerbesar
Sejumlah pemudik yang menggunakan transportasi kereta api di Stasiun Kertapati Palembang Foto: abp/Urban Id
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pj Gubernur Sumsel Agus Fatoni meluncurkan Gerakan Mudik Gratis serentak di Sumsel (GMGSS) bagi masyarakat yang hendak mudik pada Lebaran Idul Fitri 2024 mendatang.
ADVERTISEMENT
Mudik gratis tersebut ditujukan bagi warga yang berdomisili di Sumsel. Pendaftaran Mudik Gratis ini akan dibuka pada 20 Maret 2024 secara online.
"Mulai hari ini hingga tujuh hari ke depan kami akan melakukan sosialisasi Gerakan Mudik Gratis ini ke masyarakat dan selanjutnya pada 20 Mei 2024 mendatang akan di buka pendaftaran mudik gratis secara online, " kata Kepada Dinas Perhubungan Sumsel, Arinarsa JS, Jumat 8 Maret 2024.
Ari menyebutkan untuk gerakan Mudik Gratis Lebaran 2024 ini disediakan kuota 700 kursi dengan modal transportasi bus dan 520 kursi untuk kereta api.
"Jumlah bus disediakan 18 Bus dengan 10 Bus Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP) untuk tujuan dalam Provinsi Sumsel dan 8 Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) untuk tujuan Provinsi lainya, " kata dia.
ADVERTISEMENT
Arinarsa menjelaskan untuk bus dalam provinsi memiliki 5 rute perjalanan di antaranya, Palembang - Lahat-Pagar Alam-Pendopo, lalu Palembang-Lahat - Tebing Tinggi. Kemudian Palembang-Musi Banyuasin-Lubuk Linggau-Musi Rawas Utara. Lalu rute Palembang-Kayu Agung - Belitang-Muara Dua dan Palembang-Muara Enim-Baturaja - Martapura-Muara Dua.
"Sedangkan untuk tujuan luar Provinsi lain yakni Palembang-Padang Sidempuan (Medan). Lalu Palembang-Kota Medan. Kemudian Palembang-Solok - Lubuk Basung (Padang), lalu Palembang-Solo dan Palembang-Surabaya, " kata dia.
Sedangkan untuk mudik gratis menggunakan kereta api, Arinarsa mengatakan ada dua rangkaian kereta api yakni Palembang-Lubuk Linggau (Stasiun Akhir) dan Palembang-Tanjung Karang (Stasiun Akhir).
"Gerakan Mudik Gratis ini menjangkau tujuan dalam Provinsi Sumsel dan juga luar Provinsi Sumsel dengan menggunakan dua moda Transportasi Bus dan Kereta Api, " kata dia.
ADVERTISEMENT
Bahkan Arinarsa menerangkan masyarakat akan mendapatkan asuransi selama perjalanan mudik hingga sampai daerah yang menjadi tujuan.
"Asuransi itu kami bekerja sama dengan Jasa Raharja bagi para pemudik nanti, " kata dia.
Selain itu, Arinarsa mengaku pihaknya memberikan persyaratan bagi masyarakat yang ingin mengikuti Gerakan Mudik Gratis 2024. Persyaratan itu dengan menunjukkan STNK kendaraan yang aktif bagi yang memiliki kendaraan bermotor.
"Selain syarat berdomisili di Sumsel, masyarakat harus menunjukkan STNK kendaraan yang telah membayar pajak. Hal ini juga agar masyarakat juga patuh membayar pajak kendaraan mereka," kata dia.