Telan Biaya Rp 500 Juta, Patung Bung Karno di Banyuasin Tak Mirip dan Gempal

Konten Media Partner
20 September 2023 16:03 WIB
·
waktu baca 2 menit
Patung Bung Karno yang dibangun di Banyuasin. (ist)
zoom-in-whitePerbesar
Patung Bung Karno yang dibangun di Banyuasin. (ist)
ADVERTISEMENT
Pembangunan patung Bung Karno oleh Pemkab Banyuasin menuai berbagai kritikan karena dinilai tidak mirip. 'Sang Proklamator' terlihat lebih gempal.
ADVERTISEMENT
Patung yang di bangun di kawasan Bung Karno Sport Center rencananya menjadi ikon kawasan olahraga. Tapi kini justru menjadi sorotan karena dianggap tidak sesuai.
Seperti diungkapkan Susilo (44 tahun), warga Pangkalan Balai, Banyuasin, mengaku baru mengetahui adanya pembangunan patung Bung Karno itu karena viral di media sosial.
"Saya awalnya juga tahu dari orang, dan pas lihat langsung kok aneh. Sama sekali tidak mirip dengan foto-foto Bapak Soekarno," katanya, Rabu, 20 September 2023.
Menurutnya, patung yang dibuat lebih gempal dan wajahnya juga tidak sesuai. Oleh karena itu, sangat disayangkan bila tidak diperbaiki.
"Jagan hanya ingin cepat selesai jadi dibuat asal-asalan saja," katanya.
Mengutip dari LPSE Banyuasin, pembangunan patung tersebut tercatat dalam tender proyek pembangunan merk, patung Bung Karno, dan aksesoris dengan pagu anggaran Rp 500 juta bersumber dari APBD tahun 2023.
LPSE Banyuasin. (ist)
Tender pembangunan patung itu berasal dari Dinas PUPR Pemkab Banyuasin dan dimenangkan oleh ATTAKI dengan nilai HPS Rp 498,70 juta.
ADVERTISEMENT
Kepala Dinas PUPR Banyuasin, Ardi Arpani, mengatakan di kompleks Bung Karno Center nantinya akan di bangun venue sepakbola, futsal, voli, basket, dan menembak.
Adapun terkait pembangunan patung Bung Karno, menurutnya saat ini proses konstruksinya belum selesai 100 persen oleh kontraktor pelaksana.
"Jika nanti pembangunan patung itu tidak sesuai kami akan meminta pihak ketiga untuk membongkarnya," katanya.