Tentang KamiPedoman Media SiberKetentuan & Kebijakan PrivasiPanduan KomunitasPeringkat PenulisCara Menulis di kumparanInformasi Kerja SamaBantuanIklanKarir
2024 © PT Dynamo Media Network
Version 1.93.2
Konten dari Pengguna
Pengaruh Gawai dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran
13 November 2024 17:48 WIB
·
waktu baca 4 menitTulisan dari Rica Hardiyanti tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Gawai adalah sebuah perangkat elektronik yang lazim digunakan pada kehidupan sehari-hari, gawai menurut KBBI disebut juga dengan sebutan gatget. umumnya gawai yang biasa kita gunakan adalah Smartphone, Pc, Tablet dan Kamera digital. Menurut Chusna (2017) gatget adalah sebuah istilah dalam bahasa Inggris yang mengartikan sebuah alat elektonik kecil dengan berbagai macam fungsi khusus. Dalam hal ini gawai atau gatget lebih cenderung di gunakan oleh manusia. Adapun pendapat lain tentang pengertian dari gawai, menurut Harfiyanto (2015) gawai merupakan salah satu barang canggih yang menyajikan berbagai aplikasi baik itu jejaring sosial, media berita dan juga hiburan bagi para pengguna gawai.
ADVERTISEMENT
Dalam era yang makin modern ini gawai juga sering digunakan sebagai alat bantu dalam proses pembelajaran baik di sekolah, di ranah perkuliahan maupun di mana saja. Pasalnya di dalam gawai sendiri terdapat fitur-firur yang memudahkan kita dalam melakukan kegiatan kita sehari-hari, adapaun gawai juga sebagai alat informasi yang digunakan kita untuk mengetahui sesuatu yang kita tidak tahu.
Fungsi dari gawai sendiri sebagai media yang atau sarana yang memudahkan manusia dalam berinteraksi dan berkomunikasi. Adakalanya gawai juga berdampak buruk bagi kesehatan mental dan kesehatan mata, penggunaan gawai yang berlebihan akan membuat mata menjadi mudah jenuh, namun pada zaman yang makin maju ini para masyarat memanfaat kan gawai sedemikian mungkin sehingga menjadi teknologi yang bermanfaat bagi mereka khususnya dalam pembelaran. Menurut Inspektorat Jendral Kementrian Pendidikan Kebudayaan Republik Indonesia, manfaat dari penggunaan gawai dalam proses pembelajaran antara lain:
ADVERTISEMENT
1. Akses Informasi yang Luas:
Gawai memungkinkan pelajar untuk mengakses berbagai informasi denga cepat dan mudah melalui internet. Para siswa dapat mencari referensi, e-book, jurnal, dan sumber daya pendidikan lainnya yang mendukung keberlangsungan dari proses pembelajaran.
2. Fleksibilitas dan Kemudahan:
Penggunaan gawai memungkinkan seorang pelajar untuk belajar di mana saja dan kapan pun mereka inginkan. Mereka dapat mengikuti kelas daring (kelas online), mengakses materi pembelajaran, dan berkomunikasi dengan rekan sejawat atau rekan sekelas ataupun guru tanpa ada batasan waktu dan lokasi.
3. Penggunaan Aplikasi Pendidikan:
Ada banyak sekali aplikasi pendidikan yang dapat membantu para pelajar dalam memahami materi pelajaran, dan ilmu pengetahuan. Aplikasi ini seringkali dirancang untuk membuat pembelajaran lebih interaktif dan menyenangkan.
ADVERTISEMENT
4. Kemudahan Kolaborasi:
Gawai memungkinkan para pelajar untuk bekerja sama secara daring dalam proyek kelompok. Mereka dapat berbagi dokumen, berkomentar, dan berkomunikasi, dengan rekan tim mereka dengan mudah.
Berikut adalah point utama tentang pengaruh gawai dalam meningkatkan mutu pembelajaran:
1. Pembelajaran yang lebih Interaktif dan Personal:
Penggunaan dari aplikasi pembelajaran di gawai membuat proses belajar menjadi lebih interaktif, seperti melalui video, simulasi, dan game edukasi. Menurut Dr. Heather Staker dalam laporan Blanded Learning, Interaksi digital memungkinkan siswa belajar sesuai dengan gaya belajar dan kecepatan masing-masing, sehingga mereka bisa lebih memahami materi dengan lebih efektif.
2. Pengembangan Keterampilan Teknologi:
Menggunkan gawai sejak dini dapat membantu seseorang mengembangkan keterampilan teknologi yang diperlukan dalam dunia kerja yang modern. Menurut penelitian dalam Journal of Coumputer Assisted Learning, siswa yang terbiasa menggunakan gawai cenderung memiliki keterampilan digital yang lebih baik, yang sangat penting untuk masa depan mereka sendiri.
ADVERTISEMENT
3. Motivasi dan Partisipasi Siswa:
Dalam beberapa penelitian, seperti yang dilakukan oleh Dr. Paul Kim dari Stanford University, menunjukkan bahwa siswa yang menggunkan gawai dalam pembelajaran cenderung lebih termotivasi dan aktif terlibat. Teknologi sering kali membuat sebuah pembelajaran terasa lebih menarik sehingga siswa lebih bersemangat dalam kegiatan pembelajaran.
Jadi gawai sangat berperan penting dalam proses pembelajaran sekaligus dalam meningkatkan mutu metode pembelajaran yang lebih efisien dan sangat mudah untuk di gunakan dan diakses. Namun penggunaan dari gawai perlu adanya pengawan dan pemantauan dari orang tua, pasalnya gawai sering kali di salah gunakan oleh remaja jadi bukan hanya sebagai mendia yang canggih untuk menunjang pembelajaran namun juga para remaja menggunakan gawai untuk hal-hal yang tidak patut untuk di tiru.
ADVERTISEMENT
Rica Hardiyanti, Mahasiswa Manajemen Pendidikan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta