Ketika Warganet Salah Sasaran Pelampiasan

Penulis konten semenjak 2017 Lulusan Ilmu Komunikasi di Universitas Al Azhar Indonesia (2014), Bekerja sebagai Marketing Communication (2018 - 2020) Wirausaha hingga kini.
Konten dari Pengguna
5 Oktober 2021 14:37
·
waktu baca 2 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Dhul Ikhsan tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ketika Warganet Salah Sasaran Pelampiasan (71271)
zoom-in-whitePerbesar
Saat Facebook, Instagram, Whatsapp down, pihak Facebook memberi pernyataan di Twitter, dan warganet Indonesia minta maaf ke IndiHome. Sumber : Unsplash/Brett Jordan
3 (tiga) layanan milik Facebook Inc., yaitu Facebook, Instagram, dan Whatsapp mengalami down pada Selasa (4/10/2021), pukul 22.30 WIB. Justru menariknya, ketiga media sosial tersebut memberi keterangan melalui cuitan di Twitter.
ADVERTISEMENT
Warganet pun melampiaskan kekesalan mereka di sana. Tagar Instagram down, Facebook down, serta kata kunci Mark Zuckerberg, error, dan WhatsApp menjadi tren perbincangan di aplikasi burung biru tersebut.
Atas kejadian ini, kalian mungkin teringat kejadian gangguan massal internet beberapa waktu yang lalu. Memori yang belum sepenuhnya hilang tersebut, muncul kembali karena padamnya aplikasi media sosial ini.
Begitu juga warganet Indonesia. Uniknya, justru mereka meminta maaf kepada IndiHome. Sampai tadi pagi, kata kunci IndiHome masih menempati trending topic, dengan kicauan mencapai 27,2 ribu tweet.
Usut punya usut, ternyata banyak warganet yang sempat salah paham saat Facebook, Instagram, dan WhatsApp down. Mereka mengira bahwa IndiHome alami gangguan massal internet lagi hari ini.
ADVERTISEMENT
Berbondong-bondong lah mereka meminta maaf kepada produk layanan milik perusahaan pelat merah itu. Kebanyakan malah bikin meme ekspresif.
"Kasian indihome gara gara Whatsapp sama Instagram kena tuduh," ketik akun @bucindarilahir, sambil memasang meme bergambar Iron Man dan Thanos.
"One tweet WA sama IG down. Twitter IndiHome bestie sejati, saling menguatkan," ketik @railogy.
“Gwe kira IndiHome lagi down ternyata Whatsapp sama Instagram yang lagi download, pengguna Whatsapp be like kembali ke zaman purbakala,” cuit @wigarbw semenjak 8 jam lalu.
Selalu ada cara untuk meluapkan perasaan hati konsumen, meski ketiga layanan media sosial terbesar di dunia ini mengalami pemadaman. Padahal, pemadaman hanya berlangsung selama enam jam. Kini, terpantau lancar.
Kejadian ini mungkin tidak berdampak serius bagi warganet Indonesia, karena terjadi menjelang tengah malam hari. Bagi warga Amerika Serikat, tidak demikian adanya. Kejadian itu terjadi justru di jam warga tengah sibuk-sibuknya.
ADVERTISEMENT
Saking pentingnya ketiga media sosial ini, isu peretasan terangkat ke permukaan. Pihak Facebook sendiri belum memberi keterangan resmi sumber masalah yang terjadi.
Pemadaman yang terjadi pada Facebook, Instagram, dan Whatsapp dinilai paling terburuk semenjak tahun 2008 lalu. Hingga kini, platform Facebook memiliki sekitar 3 miliar pengguna.
Mengutip dari TheVerge.com, yang mendapat bocoran melalui dua orang sumbernya, teknisi dan insinyur dari pihak Facebook telah dikirim ke pusat data perusahaan Amerika Serikat untuk memperbaiki pemadaman yang terjadi.
Mereka pun berspekulasi bahwa setelah ini gangguan atas Facebook, Instagram, dan WhatsApp akan kembali terjadi.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020