Uji Kompetensi Siswa SMK Broadcast

ASN Guru broadcasting di SMKN 3 Batu. Pendidikan terakhir magister dibidang pengembangan sumber daya manusia di Universitas Airlangga.
Konten dari Pengguna
16 Mei 2022 7:38
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Enggar Pristianora tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Uji Kompetensi Siswa SMK Broadcast (2452)
zoom-in-whitePerbesar
Pelaksanaan UKK praktik di SMKN 3 Batu. foto koleksi pribadi
ADVERTISEMENT
Uji Kompetensi Keahlian (UKK) merupakan penilaian yang diselenggarakan bagi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik yang setara dengan kerangka kualifikasi nasional indonesia (KKNI) jenjang 2 atau 3 yang dilaksanakan di kelas XII.
ADVERTISEMENT
DUDIKA dalam UKK
SMKN 3 Batu pada Kompetensi Keahlian (KOMLI) Produksi Dan Siaran Program Televisi (PSPT) atau lebih dikenal dengan KOMLI broadcast, memilih skema UKK Mandiri yang melibatkan dunia usaha, dunia industri dan dunia kerja (DUDIKA) mitra yaitu Equator Cinema. UKK yang diselenggarakan ini mengacu pada standar kualifikasi kompetensi yang ditetapkan Equator Cinema dengan tujuan siswa mendapatkan sertifikat yang diakui oleh asosiasi profesi, asosiasi industri dan atau mitra dari mitra dunia kerja. Dalam Pelaksanaan UKK, SMK dapat memilih minimal 1 (satu) dari 6 (enam) jenis skema penyelenggaraan ujian yaitu: ujian melalui sistem sertifikasi mitra dunia kerja atau asosiasi profesi, ujian melalui LSP pihak kesatu (LSP-P1), ujian melalui LSP pihak kedua (LSP-P2), ujian melalui LSP pihak ketiga (LSP-P3) atau lembaga sertifikasi keterampilan (LSK), ujian melalui panitia teknis uji kompetensi (PTUK) sesuai regulasi yang dikeluarkan oleh BNSP, atau UKK mandiri.
ADVERTISEMENT
Bagi sekolah dan siswa SMKN 3 Batu, UKK ini menjadi indikator capaian Standar Kompetensi Lulusan (SKL). Sedangkan bagi DUDIKA capaian hasil UKK ini dapat dijadikan sebagai informasi atas kompetensi yang dimiliki oleh calon tenaga kerja yang akan bermitra dengan mereka. DUDIKA yang dipilih ini berskala nasional dan memiliki pekerjaan utama yang relevan dengan kompetensi keahlian peserta yang akan diujikan yaitu bergerak dibidang rumah produksi. Equator cinema juga telah bekerja sama dengan SMK lebih dari 1 (satu) tahun dan telah memberikan kontribusi terhadap pengembangan sekolah antara lain terlibat dalam sinkronisasi kurikulum kejuruan, sebagai guru tamu, atau sebagai penyedia tempat praktik kerja lapngan (PKL) peserta uji.
Penguji Dan Bentuk Tes UKK
Penguji Internal adalah guru mata pelajaran muatan produktif yang sesuai dengan persyaratan pada Instrumen Verifikasi, yaitu guru produktif yang memiliki kewenangan dan memenuhi persyaratan untuk melakukan dan/atau menilai hasil capaian kompetensi peserta uji. Penguji Eksternal berasal SDM dari DUDIKA equator cinema yang memiliki sertifikat kompetensi dan pengalaman kerja yang relevan dengan Kompetensi Keahlian yang akan diujikan.
ADVERTISEMENT
Bentuk Soal tes UKK berupa tes tulis yang dinilai individu dan penilaian proyek yang dinilai secara kelompok. Untuk tes tulis, pihak DUDIKA juga memberikan kontribusi dalam penyusunan instrumen pengujian dan menyiapkan penguji/asesor. Dalam penilaian proyek, untuk dapat membuat/ menghasilakan suatu produk disesuaikan dengan standar kompetensi yang harus dimiliki siswa. DUDIKA menggunakan teknik penilaian berbentuk penugasan yaitu membuat karya video travel dokumenter televisi sebagai salah satu standar untuk menguji aspek ketrampilan sehingga akan menghasilkan suatu produk atau jasa. Untuk tim penguji biasanya akan mengujinya berdasarkan pada indikator yang tercantum dalam lembar pedoman penilaian.
Penilaian
Karya travel dokumenter Tv yang dibuat siswa secara berkelompok akan dinilai oleh penguji internal dan eksternal. Karya ini di setiap episode terdiri dari 3 segmen. Dalam 1 segemen video dengan durasi 8 menit dikerjakan 3-4 orang siswa. Proses penilaian kinerja siswa terdiri atas penyusunan rencana atau desain produksi, proses produksi, pasca produksi dan presentasi proses hingga hasil karya video yang mereka buatkepada penguji. Penilaian kinerja merupakan hasil dari suatu penilaian yang sistematik dan didasarkan pada kelompok indikator kinerja kegiatan yang berupa indikator-indikator input, output, hasil, manfaat dan dampak. Kerjasama antar tim dan hasil karya merekalah yang menjadi catatan penilaian bagi penguji.
ADVERTISEMENT
Lembaran penilaian UKK terdiri dari aspek pengetahuan, ketrampilan dan sikat yang memuat beberapa komponen dan sub komponen, di samping itu juga ada rubrik penilaian yang berisikan tentang hasil unjuk kerja, sikap kerja dan komponen indikator lainnya. Kriteria pencapaian kompetensi hasil dari UKK Mandiri dapat diuraikan sebagai berikut:rentang skor kurang dari 70 berpredikat Belum Kompeten, rentang70 hingga 79 berpredikat Cukup Kompeten, rentang nilai 80 sampai 90 berpredikat Kompeten dan rentang 91hingga 100 mendapatkan predikat Sangat Kompeten
Di akhir kegiatan UKK, DUDIKA equator cinema menerbitkan dan menandatangani sertifikat kompetensi yang memiliki pengakuan secara lokal maupun regional, bagi peserta didik yang mengikuti uji kompetensi yang dinyatakan kompeten.
Uji Kompetensi Siswa SMK Broadcast (2453)
zoom-in-whitePerbesar
Pelaksanaan UKK tulis di SMKN 3 Batu. foto koleksi SMKN 3 Batu
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020