SEMEABB ke-V Tahun 2022 Bahas Optimisme Ekonomi Dalam G20 Presidency Issues

Hi, Im graduated Bachelor of Biology from the University of Islam Malang. Conference manager and copywriter of Akademisi, Teacher of MI Mambaul Ulum Al-Amin. You can contact me via 085252090662/[email protected]
Konten dari Pengguna
4 Oktober 2022 17:12
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Tri Widyaningsih tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
AKADEMISI - Pada Kamis (22/09/2022), dalam rangka membangun semangat dan bangkitnya semua sendi kehidupan bangsa, terutama dibidang perekonomian dan keuangan di era pasca Pendemi Covid 19 maka AKADEMISI dan Fakultas Ekonomi (FE), Universitas Bangka Belitung (UBB) berkolaborasi menggelar acara bergengsi Seminar Nasional Manajemen, Ekonomi, Akuntansi Bangka Belitung (SEMEABB) ke V Tahun 2022.
ADVERTISEMENT
Sukses diikuti secara online, acara ini mengusung tema “Optimisme Ekonomi dalam G20 Presidency Issues” dengan rangkaian acara talkshow dengan pakar Manajemen, Ekonomi, Akuntansi dan Oral Presentation untuk mendapatkan Best Presenter dan berhasil dengan 133 pemakalah dan 429 peserta.
Tri/AKADEMISI - Dokumenter SEMEABB 2022
zoom-in-whitePerbesar
Tri/AKADEMISI - Dokumenter SEMEABB 2022
SEMEABB 2022 merupakan seminar nasional penting terlebih dengan tema tahun ini yang membahas mengenai G20 Presidency Issues, dimana hal ini perlu dibahas untuk meningkatkan kontribusi dalam mendukung pemulihan ekonomi domestic. Dekan Fakutas Ekonomi Dr. Devi Valeriani, S.E., M.Si menyampaikan bahwa G20 difokuskan mengenai arsitektur kesehatan global, transisi energi berkelanjutan, dan transformasi digital ekonomi.
“Tema Optimisme Ekonomi dalam G20 Presidency Issues Theme tersebut di angkat di tengah pemulihan ekonomi Indonesia dimana saat ini Indonesia memiliki ketahanan yang baik dengan pertumbuhan ekonomi yang diperkirakan mencapai 4,7 – 5,5% pada 2022. Presidensi G20 Indonesia merupakan momentum untuk meningkatkan kontribusi dalam mendukung pemulihan ekonomi domestic. Dengan 3 issue yang difokuskan dalam G20 yaitu arsitektur kesehatan global, transisi energi berkelanjutan, dan transformasi digital dan ekonomi.” ucap Devi.
ADVERTISEMENT
Issue tersebut menurut Devi, mencerminkan kepentingan nasional Indonesia terhadap pentingnya transformasi global pasca Pandemi Covid 19. SEMEABB menjadi momentum yang bermanfaat untuk bangkit dan pulih bersama dalam pertumbuhan perekonomian Indonesia melalui artikel-artikel yang dibuat oleh para pemakalah. Melalui berbagai persepsi, hal ini akan menjadi tolak ukur bagaimana menyelaraskan dan menyikapi issue G20.
“Ketiga issue tersebut tidak hanya mencerminkan kepentingan Nasional Indonesia tetapi cara pandang Indonesia terhadap pentingnya transformasi global pasca Pandemi Covid 19. Semoga Indonesia dapat memanfaatkan momentum ini untuk bangkit dan pulih bersama. Tren pertumbuhan perekonomian Indonesia terus memperlihatkan hasil yang sangat baik dan memberikan optimisme bagi berlanjutnya penguatan perekonomian ke depan. Selaku akademisi FE berupaya memberikan kontribusi atas issue G20 tersebut, dengan mengusung tema G20 dalam National Confference. Peran para narasumber dalam seminar hari ini dengan materi-materi yang berkaitan dengan issue-issue G20 termasuk artikel-artikel yang telah masuk juga menyelaraskan issue G20 dalam penelitiannya. Tentunya ini menjadi sebuah gambaran dari berbagai persepsi dalam menyikapi issue G20, yang bersama-sama memiliki tujuan bersama yaitu untuk Indonesia Bangkit dan pulih.” Tambah Devi
ADVERTISEMENT
Hal tak kalah menarik disampaikan oleh Wakil Rektor I UBB Dr. Nizwan Zuhri, S.E., M.M., bahwa tahun 2020 ketika pandemi covid 19 melanda indonesia pertahanan ekonomi sangat kuat dilakukan, lalu pada tahun 2021 banyak masyarakat indonesia mulai melakukan kebangkitan ekonomi, berbeda pada 2022 ini mulai bermunculan bagaimana cara pemulihan perekonomian.
“Setelah 2 tahun lebih upaya dan kerja keras dari negara-negara di berbagai belahan dunia terhadap permasalahan covid, hal ini kita melihat bahwa misalnya pada tahun 2020 ketika pandemi covid barusaja melanda berarti kita mungkin menerapkan pada saat itu strateginya merupakan strategi bertahan, dilanjutkan pada tahun 2021, itu mulai dilakukan kebangkitan khususnya dibidang perekonomian sedangkan ditahun 2022 ini sudah menunjukkan cara pemulihan.” Imbuh Nizwan
ADVERTISEMENT
Nizwan optimis bahwa perekonomian indonesia jauh lebih baik dibandingkan pada tahun 2021 baik data dari BPS atau Bank Indonesia, hal ini dibuktikan bahwa pada tahun 2021 dan tahun 2022 perekonomian indonesia naik sebesar 3,69 %. Sehingga ini menjadi penting untuk di bahas dan di diskusikan melalui SEMEABB dalam mendorong perbaikan ekonomi gobal terlepas dari adanya inflasi bidang energi yang terjadi selama satu hingga dua bulan terakhir akibat perang Rusia dan Ukhraina.
“Saya yakin pemerintah optimis, perekonomian indonesia akan jauh lebih baik dibandingkan pada tahun 2021, baik yang kita peroleh misalnya melalui data dari BPS ataupun data dari Bank Indonesia sendiri yang menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi indonesia memang tadi sudah disampaikan oleh Bu Dekan Fakultas Ekonomi diperkirakan ini mencapai kisaran 4,7 - 5,5 %, artinya meningkat dari 3,69 % dari tahun 2021. Sehingga pada saat ini tema yang diangkat oleh SEMEABB kali ini mengenai “Optimisme Ekonomi dalam G20 Presidency Issues” menjadi sangat penting sekali, yang optimis meningkatkan laju pertumbuhan ekonomi nasional. Ini memang didorong dari perbaikan ekonomi global, misalnya kita lihat dari meningkatnya kinerja ekspor dan tingginya permintaan domestik. Namun kita sadari bahwa satu atau dua bulan terakhir masalah inflasi menjadi permasalahan diberbagai daerah, apalagi sekarang ini dengan masih berlanjutnya perang antara Rusia dan Ukhraina. Berimbas terhadap perekonomian nasional, khususnya dibidang masalah energi” tegas Nizwan.
Tri/AKADEMISI - Wakil Rektor I UBB Dr. Nizwan Zuhri, S.E., M.M. dalam SEMABB 2022
zoom-in-whitePerbesar
Tri/AKADEMISI - Wakil Rektor I UBB Dr. Nizwan Zuhri, S.E., M.M. dalam SEMABB 2022
Dalam sesi menarik moderator yang dipandu oleh Firman Rahmadoni, S.E., M.M mengundang pakar Manajemen, Ekonomi dan Akuntansi yaitu Agus Taufik dari Wakil KPw. BI Bangka Belitung sebagai pembicara utama. Selain itu, Prof. Dr. Taufik Marwah, S.E., M.Si dari Guru Besar FE-UNSRI, Prof. Dr. Lindriansari. S.E., M.Si, Akt., C.A. dari Guru Besar FE-UNILA, Prof. Lizar Alfansi, S.E., M.B.A., Ph.D dari Guru Besar FE-UNIB, dan Adriyanto, S.E., M.M., M.A., Ph.D dari Direktur Transfer Umum Direktorat Jenderal Perimbangan Keuangan-Kemenkeu turut meramaikan acara sebagai Narasumber.
ADVERTISEMENT
Hal yang sangat ditunggu oleh semua yang hadir dimana Agus Taufik menyampaikan tentang Peran BI dalam Implementasi G-20 di Indonesia. Sementara itu, Prof. Dr. Taufik Marwah, S.E., M.Si membagikan topik yang membangun terkait bagaimana Optimisme Ekonomi di Tengah Ketidakpastian Global. Sesi dilanjutkan oleh Prof. Dr. Lindriansari. S.E., M.Si, Akt., C.A. yang memberikan jabaran mengenai Optimism of the Accounting Profession in the Digital Era. Dari Prof. Lizar Alfansi, S.E., M.B.A., Ph.D membagikan sebuah paparan terkait Post Covid-19 Tourist Behavior: New Challenges for Indonesian Tourism Businesses. Sesi ditutup oleh Adriyanto, S.E., M.M., M.A., Ph.D mengenalkan Peran Pemerintah Daerah dalam Mengatasi Scarring Effect.
Tri/AKADEMISI - Prof. Lizar Alfansi, S.E., M.B.A., Ph.D dalam SEMEABB 2022
zoom-in-whitePerbesar
Tri/AKADEMISI - Prof. Lizar Alfansi, S.E., M.B.A., Ph.D dalam SEMEABB 2022
Setelah itu, berlanjut pada sesi oral presentation bagi para peserta untuk memaparkan hasil penelitian yang akan dinilai, dan mendapatkan reward pemakalah terbaik. Terdapat tiga pemakalah terbaik yaitu pemakalah terbaik pertama atas nama Suwaldiman dengan judul paper "strategi UMKM menghadapi covid 19: analisis deskriptif kualitatif (studi kasus UMKM kuliner Kota Palembang)", pemakalah terbaik kedua atas nama Yelly Zamaya dengan judul paper "analytical hierarchy process and borda methods for mapping potential economic sectors of rengat peatland", dan pemakalah terbaik ketiga atas nama Zuhri Ruslan dengan judul paper "letter of credit: uniform custom practice in the face of fraud in international trade".
Tri/AKADEMISI - Suwaldiman sebagai Pemakalah Terbaik dalam SEMEABB tahun 2022
zoom-in-whitePerbesar
Tri/AKADEMISI - Suwaldiman sebagai Pemakalah Terbaik dalam SEMEABB tahun 2022
Di sesi acara berbeda, Ketua Panitia SEMEABB 2022, Dr. Abu Nizarudin, SE., M.Si, menyampaikan terimakasih kepada banyak pihak yang ikut meluangkan waktu dan berkontribusi dalam SEMEABB tahun ini dan memohon maaf sebesar-besarnya apabila banyak terdapat kekurangan .
ADVERTISEMENT
“Terimakasih kami ucapkan kepada bapak Rektor, Dekanat Fakultas Ekonomi UBB, bapak perwakilan Bank Indonesia provinsi Banka Belitung, para Narasumber, para peserta presenter, para moderator, juga kepada rekan-rekan panitia dan pihak AKADEMISI serta pihak-pihak yang telah membantu terlaksananya SEMEABB tahun ini yang tidak dapat disebutkan satu persatu, telah meluangkan waktu dan berkontribusi dalam seminar SEMEABB ini. Pada kesempatan kali ini kami menguapkan selamat kepada bapak dan ibu yang telah mendapat penghargaan the best presenter semoga kedepan dapat terus meningkatkan kinerja risetnya dan bagi bapak/ibu, yang belum memperoleh the best presenter, mudah mudahan di waktu mendatang dapat memperolehnya asal terus berkarya, selanjutnya bapak/ibu kami juga memohon maaf kalau dalam penyelenggaraan seminar SEMEABB kali ini, terdapat beberapa kekurangan walaupun pastinya kami telah mencoba to do our best mengerjakan yang terbaik yang kami bisa, hal ini tentunya akan menjadi evaluasi bagi kami untuk menyelenggarakan SEMEABB tahun mendatang” ujar Nizarudin.
Tri/AKADEMISI - Dr. Abu Nizarudin,SE., M.Si dalam SEMEABB tahun 2022
zoom-in-whitePerbesar
Tri/AKADEMISI - Dr. Abu Nizarudin,SE., M.Si dalam SEMEABB tahun 2022
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·