PMKM Universitas Pamulang: Pemanfaatan Botol Plastik Menjadi Tempat Pensil

saya jaenal rizki, akrab dengan panggilan jeje saya merupakan mahasiswa Akuntansi di universitas pamulang, selain sebagai mahasiswa saya merupakan karyawan di sebuah perusahaan swasta yang bergerak dibidang jasa konstruksi.
Konten dari Pengguna
24 November 2021 14:37
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Jaenal Rizki tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Berpedoman pada Tri Darma Perguruan Tinggi, Kelompok Mahasiswa Universitas Pamulang Jurusan Akuntansi melaksanakan kegiatan Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) di Yayasan Sosial dan Panti Asuhan Yatim Al-Kamilah Depok.
PMKM Universitas Pamulang: Pemanfaatan Botol Plastik Menjadi Tempat Pensil (2901)
zoom-in-whitePerbesar
Membuat Tempat Pensil Berbahan Dasar Botol Plastik
Dilakukannya kegiatan ini bertujuan untuk berbagi ilmu dan praktik mengenai pentingnya menjaga lingkungan kepada masyarakat khususnya santri dan santriwati Yayasan Al-Kamilah, hal ini diperkuat dengan adanya Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Undang-Undang ini berbunyi “Perguruan Tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat".
ADVERTISEMENT
Dengan mengusung tema “Pemanfaatan Botol Plastik untuk Dijadikan Tempat Pensil Hias yang Bernilai Seni dan Jual.” Diharap peserta dapat memanfaatkannya menjadi barang yang berguna serta dapat mengurangi jumlah limbah plastik yang semakin bertambah.
Mengapa harus limbah Plastik?
Karena pesatnya penggunaan plastik dalam kehidupan modern menyebabkan tingkat ketergantungan manusia pada plastik semakin tinggi. Hal tersebut disebabkan plastik merupakan bahan pembungkus ataupun wadah yang praktis dan terlihat bersih, mudah didapat, tahan lama, dan harganya relatif murah. Selain itu, kebiasaan masyarakat sebagai konsumen yang selalu menghasilkan limbah yang mengakibatkan terus adanya penumpukan yang berdampak bagi Kesehatan dan Lingkungan.
Maka dari itu, Mahasiswa Universitas Pamulang mengajak anak-anak Yayasan Al-Kamilah Depok untuk memanfaatkan limbah botol plastik sebagai sarana belajar yang dimana limbah ini akan diubah menjadi tempat pensil yang bernilai seni serta memiliki nilai jual tinggi.
ADVERTISEMENT
Acara dimulai pukul 08.30 WIB diawali dengan sambutan oleh ust.Badruddin S.Ag., M.M. selaku Ketua Yayasan Al-Kamilah Depok, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan oleh Haryono, S.H., M.M., M.H. selaku Dosen Pembimbing, serta pengenalan 4 mahasiswa Pengabdian Mahasiswa Kepada Masyarakat (PMKM) Universitas Pamulang, yang diketuai oleh Jaenal Rizki bersama Filda Sylviana, Indah Majidah dan Melti.
Memasuki acara inti, peserta diberikan materi tentang bagaimana tips pengurangan penggunaan plastik dalam kehidupan sehari-hari. Saran pun diberikan untuk menggunakan kemasan berbahan kain saat berbelanja dan dalam keseharian menggunakan alat makan berbahan stainless steel, kaca, keramik, dan kayu.
PMKM Universitas Pamulang: Pemanfaatan Botol Plastik Menjadi Tempat Pensil (2902)
zoom-in-whitePerbesar
Pemaparan Materi
Kegiatan dilanjutkan dengan praktik membuat tempat pensil dari limbah plastik berupa botol dan sedotan. Selama acara berlangsung, kegiatan ini berjalan dengan lancar dan tertib. Beberapa anak yang dapat menjawab pertanyaan mendapatkan hadiah dari kelompok PMKM ini.
ADVERTISEMENT
Di penghujung acara, Jaenal Rizki menyampaikan, “Tujuan dari kegiatan yang kami lakukan adalah mengedukasi peserta tentang pentingnya menjaga lingkungan, selain itu berbagi ilmu cara kreatif untuk mendaur ulang botol plastik menjadi tempat pensil, agar sampah yang dihasilkan tidak serta merta hanya dibuang saja, namun bisa menjadi barang yang memiliki daya guna bahkan jual. Kegiatan di akhiri dengan sesi foto Mahasiswa-Mahasiswi bersama santri dan santriwati Yayasan Al-Kamilah.
PMKM Universitas Pamulang: Pemanfaatan Botol Plastik Menjadi Tempat Pensil (2903)
zoom-in-whitePerbesar
Foto Bersama Dosen Pembimbing
PMKM Universitas Pamulang: Pemanfaatan Botol Plastik Menjadi Tempat Pensil (2904)
zoom-in-whitePerbesar
Foto Bersama Santri dan Santriwati Yayasan Al-Kamilah.
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020