Inovasi JKT48, Theater Online hingga Video Call di Era Pandemi

Septiyan Triwidodo
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Purwokerto
Konten dari Pengguna
6 Juni 2022 19:35 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Septiyan Triwidodo tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sumber : Dokumen Pribadi
zoom-in-whitePerbesar
Sumber : Dokumen Pribadi
ADVERTISEMENT
Pandemi Covid-19 memaksa seluruh industri bisnis di Indonesia beradaptasi. Dengan semua kegiatan offline dibatasi, industri bisnis harus bisa memanfaatkan media online agar bisa terus berjalan.
ADVERTISEMENT
Bagaimana nasib JKT48 di dunia hiburan?
Kiprah JKT48 di dunia hiburan terbilang cukup manis, sebab di usianya yang sudah lebih dari 10 tahun ini mereka masih saja mempunya banyak penggemar yang tersebar di seluruh Indonesia. Kesetiaan dari fans JKT48 tersebut yang membuat idol group ini masih bertahan hingga sekarang.
Management JKT48 memutar otak agar mereka tidak mengalami kebangkrutan dengan membuat banyak inovasi. Salah satunya adalah pertunjukan theater online. Jika pada masa sebelum pandemi para fans bisa menonton show dari JK48 yang dilaksanakan pada hari selasa hingga minggu, kini mereka bisa menontonnya secara online di rumah. Hal ini tentu disambut baik oleh penggemar, apalagi mereka yang memang tinggal di luar Jakarta.
ADVERTISEMENT
Dengan tiket pertunjukan yang hanya seharga Rp.30.000 ini, dinilai harga yang cukup terjangkau untuk bisa menikmati pertunjukan selama 2 jam. Dalam pertunjukan tersebut fans tidak hanya menikmati pertunjukan menari dan menyanyi saja, tapi juga diselingi sesi mengobrol dan berbagi cerita antar member JKT48 dan fans yang hadir langsung di theater.
Tidak hanya itu, management JKT48 juga membuat sebuah inovasi lainnya. Video Call with JKT48, inovasi tersebut diciptakan sebagai pengganti event Handshake Festival. Dalam acara tersebut fans bisa dengan langsung bercengkrama dan berjabat tangan langsung dengan member JKT48. Namun setelah prosedur kesehatan diterapkan, tentu acara tersebut ditiadakan.
Sebagai gantinya fans dapat bercengkrama lewat video call yang dilakukan di aplikasi zoom. Dalam event tersebut fans dapat mengobrol via video call selama 50 menit dari 1 tiket yang mereka beli. Dengan maksimal 1 orang hanya bisa membeli 5 buah tiket.
ADVERTISEMENT
Dengan 2 inovasi tersebut, sebenarnya tidak hanya menyelamatkan keuangan JKT48 saja tapi juga sebagai bentuk menghargai dan memfasilitasi fans di luar Jakarta agar dapat berinteraksi secara online dengan member kesukaannya.