Seberapa Penting Strategi Digital Marketing?

Septiyan Triwidodo
Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Amikom Purwokerto
Konten dari Pengguna
11 Juni 2022 11:16 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Septiyan Triwidodo tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sumber : Milik Pribadi
zoom-in-whitePerbesar
Sumber : Milik Pribadi
ADVERTISEMENT
Suatu produk yang dibuat oleh sebuah perusahaan, produk berjenis apa pun pasti memerlukan promosi untuk meningkatkan penjualannya. Dahulu kompetisi bisnis biasa menggunakan teknik penjualan dari rumah ke rumah. Namun sekarang teknik tersebut sudah tidak efektif.
ADVERTISEMENT
Bagaimana cara promosi yang efektif?
Strategi digital marketing, adalah sebuah teknik pemasaran secara global. Pemasaran ini merupakan strategi tingkat tinggi dalam mendongkrak penjualan, dengan promosi atau periklanan yang disebarkan melalui website, media sosial, email, dan lain-lain.
Apa kelebihan dari digital marketing?
Ketika menggunakan digital marketing pasti akan memerlukan biaya yang cukup mahal untuk proses branding. Tetapi, setelah brand makin terkenal di masyarakat, biaya marketing digitalnya akan lebih terjangkau.
Luasnya koneksi yang akan didapat ketika menggunakan digital marketing akan memudahkan perusahaan untuk menjangkau audience yang lebih luas. Digital marketing hanya perlu satu kali posting konten atau promosi, perusahaan sudah bisa menjangkau seluruh dunia.
ADVERTISEMENT
Perusahaan yang menggunakan strategi digital marketing tidak memerlukan banyak SDM, cukup dengan tim yang berisi beberapa orang saja. SDM tersebut haruslah seseorang yang menguasai software editing, hasil desain tadi pun bisa langsung disebarkan di media sosial.
Manfaat digital marketing
Digital marketing memungkinkan sebuah perusahaan memiliki kebebasan wilayah dan waktu. Promosi yang dilakukan bisa ke mana dan kapan saja, baik dalam negeri hingga luar negeri.
Perusahaan dan konsumen memiliki hubungan yang dekat, dengan hampir semua sosial media memiliki fitur chat di dalamnya, konsumen dapat dengan mudah berkonsultasi tentang apa yang dirinya butuhkan.
Dengan penjualan produk yang dilakukan secara daring, pembeli diberi kebebasan untuk bisa menilai produk yang dia beli. Penilaian tersebut yang nantinya akan digunakan oleh perusahaan untuk bisa melakukan peningkatan produk yang ada.
ADVERTISEMENT
Dibalik kelebihan digital marketing di atas, strategi ini tetap memiliki kekurangan. Apa sajakah itu?
Untuk membangun sebuah akun media sosial dengan followers yang banyak, membutuhkan waktu yang cukup lama. Perusahaan harus memiliki kreativitas agar setiap postingan konten, dapat menarik perhatian publik.
Sebuah digital marketing yang baru dibangun akan sulit mendapat kepercayaan dari customer karena di dunia maya, penipuan masih marak terjadi.
Dengan bisnis yang dapat diakses di mana saja, membuka peluang banyak perusahaan lainnya. Banyaknya bisnis yang serupa akan menghambat penjualan produk dari sebuah perusahaan. Pembeli hanya akan mempertimbangkan produk dengan rating penilaian yang besar.