Dampak Penggunaan Sistem Enterprise Resource Planning (ERP) Pada Perusahaan

Muhammad Raehan
Mahasiswa teknik informatika Universitas Pamulang
Konten dari Pengguna
27 Juli 2023 11:30 WIB
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Muhammad Raehan tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Ilustrasi Teknologi. Sumber: Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi Teknologi. Sumber: Shutterstock
ADVERTISEMENT
Enterprise Recource Planning atau yang disingkat ERP merupakan suatu sistem yang mengintegrasikan semua proses bisnis utama dalam suatu organisasi seperti akuntansi, manufaktur, penjualan, dan sumber daya manusia untuk membantu perusahaan meningkatkan suatu efisiensi, produktivitas dan profitabilitas melalui sumber data terpusat untuk seluruh divisi yang ada di perusahaan.
ADVERTISEMENT
Suatu perusahaan perlu memiliki sistem ERP karena dapat mempermudah seluruh operasi berjalan dengan lancar dan produktif, serta mendapatkan banyak profit dalam perusahaan.
ERP mampu menghubungkan berbagai divisi satu sama lain agar perusahaan berkembang lebih pesat.
Ada beberapa manfaat bagi perusahaan yang menggunakan ERP, yaitu:
1. Meningkatkan Kolaborasi
Ilustrasi Kolaborasi. Sumber: Shutterstock
ERP dapat meningkatkan kolaborasi antar divisi karena ERP sebagai penunjang kolaborasi antara tim dan divisi yang menjadi lebih efisien dan membuat suatu perusahaan lebih mudah dalam mengembangkan bisnisnya.
2. Menghemat biaya operasional
Ilustrasi Biaya. Sumber: Shutterstock
Suatu perusahaan yang menggunakan sistem ERP dapat lebih menghemat dalam biaya operasional karena ERP mampu mengambil berbagai pekerjaan manual sehingga pekerjaan dapat dikerjakan dengan cepat dan mengurangi lead time.
ADVERTISEMENT
3. Meningkatkan keamanan data
Ilustrasi Data. Sumber: Shutterstock
Dengan ERP pengelolaan dan keamanan data dapat lebih terjamin. ERP juga dapat dengan mudah mengidentifikasi tindakan yang tidak sah atau sesuatu yang mencurigakan dalam sistem.
Kenapa perusahaan membutuhkan sistem ERP? Karena pada dasarnya perusahaan ingin agar bisnis mereka bisa berjalan lebih produktif, efisien biaya operasional dan mendapatkan banyak profit. Semakin besar suatu organisasi maka semakin sulit memastikan bahwa seluruh operasi berjalan dengan lancar.
Muhammad Raehan. Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Pamulang.