Diet Hanya dengan Defisit Kalori

Mahasiswa Binus University jurusan Mass Communication
Konten dari Pengguna
10 Februari 2022 18:16
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Vanesa Julianti tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Diet Hanya dengan Defisit Kalori (29771)
zoom-in-whitePerbesar
Menu Diet/vanesajlnt
ADVERTISEMENT
Selama masa pandemi COVID-19 memberikan perubahan hidup bagi semua orang menjadi lebih baik dan sehat. Meskipun banyak tantangan yang diberikan pada pandemi ini, namun masih banyak peluang yang dapat dilakukan saat pandemi ini.
ADVERTISEMENT
Memiliki berat badan yang ideal merupakan salah satu impian dari semua orang. Banyak sekali cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan berat badan yang ideal, namun dibutuhkan kesabaran untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.
Hal yang dapat kalian lakukan untuk menurunkan berat badan dengan mudah selama di rumah saja, yaitu dengan melakukan defisit kalori dan homeworkout.
Niat dan Konsisten
Selama menjalankan diet tentunya banyak sekali pantangan yang dihadapi. Selalu ada rasa keinginan untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kalori tinggi. Namun, balik lagi ke impian kalian dengan memperkuat niat untuk mencapai berat badan yang ideal.
Sebagian dari kita tentunya ingin mendapatkan hasil yang lebih cepat, padahal semua itu pasti butuh waktu dan tidak ada yang instan. Oleh karena itu, perlu adanya konsistensi dalam diri kita agar proses diet kita berhasil. Dalam menjaga konsistensi dalam diri selama diet kalian dapat menentukan target penurunan berat badan kalian agar menambah semangat dalam menjalankan program diet.
ADVERTISEMENT
Untuk mencapai hasil target tentunya membutuhkan waktu yang tidak cepat, maka dari itu perlu adanya kesabaran dan motivasi diri untuk mengubah kebiasaan buruk sebelumnya.
Pola Makan dan Olahraga
Mengubah kebiasaan buruk selama sebelum diet merupakan salah satu pantangan yang terberat. Yang sebelumnya sering mengkonsumsi makanan yang berkalori tinggi tanpa memperhatikan kandungannya, sekarang sudah harus mengatur pola makan dan harus memperhatikan makanannya. Cara yang dapat dilakukan agar berhasil menurunkan berat badan adalah dengan menggunakan metode defisit kalori.
Sebelumnya, pastikan kalian tahu berapa kebutuhan kalori sehari kalian untuk menghitung kalori yang masuk, karena setiap orang memiliki AKG (Angka Kecukupan Gizi) yang berbeda-beda. Misalkan kebutuhan kalori sehari kalian 1.200, maka kalian harus menghitung kalori makanan yang masuk pada tubuh kalian selama sehari.
ADVERTISEMENT
Pada pagi hari sekitar jam 07.00 – 09.00 sarapan dengan nasi merah atau nasi putih dengan porsi 1/3 piring, sayuran, dan lauk yang mengandung protein.
Siang hari jam 11.00 makan siang dan porsi dikurangin, dilanjut jam 13.00 workout. Untuk workout, kalian bisa ikutin workout Emiwong pada channel YouTube nya yang 15 Minutes Fat Burning dan channel Chloe Ting yang Abs Two Weeks Shred.
Sore hari sekitar jam 16.00 -17.00 ngemil buah-buahan dan jalan-jalan sore di sekitar rumah. Dilanjut makan malam sekitar jam 18.00 – 19.00 dengan telur rebus dan buah-buahan, atau bisa juga dengan lauk yang mengandung protein.
Malam hari sekitar jam 20.00 kalian dapat melakukan olahraga ringan sebelum tidur, seperti elbow plank, legs up the wall, push up, atau olahraga ringan lainnya.
ADVERTISEMENT
Setelah melakukan olahraga ringan, jika merasa lapar lagi cukup cemilin buah seperti apel untuk mengganjal rasa lapar.
Selama proses diet, harus diimbangi dengan konsumsi air putih yang cukup. Untuk cheating day dapat dilakukan seminggu satu kali atau diimbangi dengan pola makan kalian.