Pencarian populer

5 Cara Efektif Menjaga Keamanan Data Perusahaan

Photo Credit: Pexels
Dengan perubahan gaya kerja, ada banyak ancaman baru terhadap keamanan data perusahaan, baik itu informasi karyawan, informasi pembayaran pelanggan, hingga strategi bisnis. Setiap organisasi mengkhawatirkan keamanan data mereka. Keamanan jaringan mungkin terdengar seperti konsep sederhana, tetapi ada beberapa insiden pelanggaran data yang saat ini perlu diantisipasi perusahaan.
ADVERTISEMENT
Menjaga keamanan data perusahaan juga telah menjadi tugas yang menantang, terutama bagi usaha kecil dan menengah yang harus berkompromi dengan langkah-langkah keamanan jaringan di tengah arus kas yang ketat. Lantas, apa saja tips menjaga keamanan data perusahaan yang bisa dilakukan? Simak informasinya di bawah ini:
  1. Mengajari karyawan praktik keamanan jaringan terbaik
Dengan tren BYOD (Bring Your Own Device) saat ini, karyawan bebas bekerja dari laptop, smart phone, dan perangkat seluler mereka. Tetapi kurangnya enkripsi pada perangkat yang digunakan karyawan atau sistem operasi yang ketinggalan zaman dapat menyebabkan kebocoran data. Malware juga dapat menemukan jalan ke jaringan perusahaan melalui perangkat seluler yang tidak dilindungi.
Oleh karena itu, penting bagi perusahaan untuk mengajari atau mendidik karyawan tentang praktik keamanan jaringan yang diharapkan pada saat on boarding. Gagasan tentang email phishing harus disampaikan terlebih dahulu, dan karyawan juga harus waspada mengenai penggunaan aplikasi berbagi file publik seperti Dropbox, OwnCloud, dan JungleDisk.
ADVERTISEMENT
  1. Atur pembaruan perangkat lunak otomatis
Beberapa peretas berusaha memindai jaringan atau situs untuk melihat versi perangkat lunak apa yang sedang perusahaan jalankan. Sehingga hal ini memudahkan mereka untuk menargetkan kerentanan yang diketahui di versi tersebut. Untuk membatasi eksploitasi semacam ini, pengaturan keamanan perangkat, sistem operasi, dan perangkat lunak lain harus diperbarui. Dengan tambalan dan perbaikan yang dikeluarkan secara berkala, menjadikannya diperbarui secara otomatis di latar belakang, dan memastikan Anda melakukan peningkatan terbaru dan terbaik.
  1. Amankan perangkat dan jaringan
Tak perlu dikatakan lagi bahwa mengambil pendekatan proaktif terhadap keamanan adalah salah satu investasi terbaik yang dapat dilakukan bisnis, terutama jika langkah tersebut dapat membantu mencegah pelanggaran keamanan yang mahal. Pengujian penetrasi dan taktik peretasan etis dapat membantu mengungkap kerentanan sebelum menjadi sasaran peretas. Libatkan spesialis keamanan jaringan untuk menjalankan audit penuh jaringan Anda dan memastikannya selalu aman.
ADVERTISEMENT
  1. Instal dan perbarui software keamanan perusahaan
Berinvestasilah pada software, antivirus, dan cybersecurity. Ketika berbicara tentang peretasan dan keamanan siber, solusi terbaik adalah mempercayai para profesional dibanding mencoba untuk menangani masalah tersebut sendiri. Setelah Anda menginstal software yang tepat, sangat penting untuk memperbaruinya.
Jika Anda melakukan kesalahan, itu artinya Anda membiarkan pintu belakang terbuka bagi peretas untuk masuk dan membahayakan informasi perusahaan. Me-reboot sistem atau menjadwalkan pembaruan mungkin menyebalkan, namun manfaatnya jauh lebih besar daripada ketidaknyamanan kecil yang dihadirkan.
  1. Aktifkan otentikasi kata sandi dua langkah
Tidak ada solusi yang mudah, tetapi otentikasi dua faktor tetap menjadi salah satu cara paling efektif untuk memastikan orang yang masuk ke sistem atau perangkat perusahaan Anda benar-benar orang yang berhak. Bahkan jika nama pengguna dan kata sandi dikompromikan, otentifikasi kata sandi dua langkah ini akan mencegah hacker menggunakannya tanpa akses ke email pengguna, perangkat fisik, atau biometrik seperti pemindaian sidik jari.
ADVERTISEMENT
Lakukanlah beberapa tips efektif menjaga keamanan data perusahaan di atas agar keamanan data perusahaan Anda terjamin keamanannya, ya. Semoga bermanfaat!
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan
Tentang kumparan · Bantuan · Ketentuan dan Kebijakan Privasi · Panduan Komunitas · Pedoman Media Siber · Iklan · Karir
2019 © PT Dynamo Media Network
Version: 1.1.80