4 Tips Nonton Konser Buat yang Bertubuh Mungil

Saya adalah mahasiswa ilmu komunikasi di universitas Bina Nusantara.
Konten dari Pengguna
6 Februari 2023 12:42
·
waktu baca 5 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Veren Moon tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Komedian Andre Taulany saat didapuk untuk tampil di Konser Dewa 19 bertajuk 'Pesta Rakyat' di Stadion JIS. Foto: Instagram/@andreastaulany
zoom-in-whitePerbesar
Komedian Andre Taulany saat didapuk untuk tampil di Konser Dewa 19 bertajuk 'Pesta Rakyat' di Stadion JIS. Foto: Instagram/@andreastaulany
Tahun 2022 adalah tahun yang dipenuhi dengan sederet jadwal konser. Lantaran, sejak pandemi COVID-19 sudah mereda akhirnya para penyanyi lokal maupun luar negeri berlomba-lomba untuk mengadakan konser secara offline. Jika dihitung maka ada sekitar 17 penyanyi luar negeri yang datang ke Indonesia seperti The Script, NCT 127, Louis Tomlinson, LANY, dan lain sebagainya.
Selain itu, terdapat kurang lebih 12 festival musik yang diramaikan oleh sejumlah penyanyi lokal seperti berdendang bergoyang yang dihadiri oleh Rizky Febian, Project Pop, Tulus, dan penyanyi lainnya. Di lain sisi, para penggemar memiliki semangat yang menggebu-gebu untuk menonton konser penyanyi kesukaan mereka. Bahkan beberapa konser yang sold out bahkan overcapacity yang artinya kerumunan yang sudah melebihi kapasitas. Sehingga dapat kita lihat antusiasme yang sangat besar di antara penyanyi dan penggemar terhadap konser tahun 2022.
Meskipun begitu, masih banyak penggemar yang ragu-ragu untuk membeli tiket konser karena takut tidak sesuai dengan ekspektasi. Seperti para penggemar yang memiliki tubuh pendek atau mungil. Lantaran, mereka datang dengan harapan bisa melihat sang idola secara langsung tetapi pada kenyataannya kaum mungil tersebut hanya bisa memandang pundak-pundak atau kepala orang yang berada di depannya alias zonk.
Terutama pada konser standing karena tidak hanya terhalang namun mereka juga harus merasakan desak-desakan bahkan tergencet. Alhasil, konser tersebut berubah menjadi pengalaman yang buruk dan tidak bermakna. Oleh karena itu, solusi yang dapat dilakukan oleh para penggemar tersebut adalah mempersiapkan rencana yang matang untuk menghindari pengalaman konser yang buruk. Berikut adalah beberapa tips saat menonton konser jika kamu memiliki tubuh yang pendek dan mungil.

1. Datang Paling Awal

Ilustrasi datang ke gedung lebih awal (Sumber: dokumentasi pribadi).
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi datang ke gedung lebih awal (Sumber: dokumentasi pribadi).
Tidak ada salahnya untuk datang ke lokasi konser jauh sebelum open gate yang merupakan waktu para penonton diperbolehkan untuk mulai memasuki gedung konser. Terdapat banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan jika kamu hadir paling awal. Pertama, tentunya kamu tidak akan telat untuk menonton konser. Kemudian datang dari awal artinya ada kemungkinan untuk mendapatkan spot yang paling bagus yaitu paling depan di mana kamu bisa melihat sang idola secara jelas. Oleh karena itu, kamu mempunyai kesempatan untuk berada lebih dekat dengan idola kamu. Akan tetapi, spot terdepan juga memiliki kekurangan yaitu tingginya risiko terkena gencet. Sebab, orang-orang dari belakang pastinya mendorong-dorong kamu bahkan ada yang ingin mengambil tempat kamu. Sehingga kamu juga perlu hati-hati jika mendapatkan posisi di depan panggung saat menonton konser.

2. Mencari Spot yang Strategis

Penyanyi asal Inggris, Calum Scott beraksi membawakan hits andalannya dalam konser 'Bridges World Tour 2022' di Bengkel Space SCBD, Jakarta, Selasa (25/10/2022). Foto: Alexander Vito/kumparan
zoom-in-whitePerbesar
Penyanyi asal Inggris, Calum Scott beraksi membawakan hits andalannya dalam konser 'Bridges World Tour 2022' di Bengkel Space SCBD, Jakarta, Selasa (25/10/2022). Foto: Alexander Vito/kumparan
Seperti yang kita ketahui bahwa spot sangat strategis untuk menonton konser adalah paling depan sehingga dekat dengan panggung. Akan tetapi tidak semua penonton bertubuh mini berkesempatan untuk berada di posisi tersebut. Sehingga hal yang dapat kita lakukan adalah mencari spot lain yang strategis. Berdasarkan pengalaman saya dalam menonton konser, spot strategis yang kedua adalah berdiri di tempat yang dekat dengan layar video. Dengan begitu, kita dapat melihat idola kita secara jelas melalui layar besar tersebut. Jika masih tidak dapat lokasi tersebut maka akan lebih baik berdiri di paling belakang daripada di tengah. Alasannya, jika kamu bertubuh kecil dan berdiri di tengah maka kamu hanya akan didesak oleh kerumunan penonton dan tidak dapat melihat apa-apa. Sedangkan jika berdiri di paling belakang maka kita akan terhindar dari seramnya kerumunan dan melihat keseluruhan dari konser. Namun permasalahannya adalah panggung dan layar video akan terlihat sangat kecil.

3. Menghindar dari Orang Tinggi

Penyanyi asal Inggris, Calum Scott beraksi membawakan hits andalannya dalam konser 'Bridges World Tour 2022' di Bengkel Space SCBD, Jakarta, Selasa (25/10/2022).  Foto: M Risyal Hidayat/ANTARA FOTO
zoom-in-whitePerbesar
Penyanyi asal Inggris, Calum Scott beraksi membawakan hits andalannya dalam konser 'Bridges World Tour 2022' di Bengkel Space SCBD, Jakarta, Selasa (25/10/2022). Foto: M Risyal Hidayat/ANTARA FOTO
Alangkah baiknya jika kita memperhatikan orang-orang di sekitar kita sebelum memilih spot berdiri. Lebih tepatnya, sebisa mungkin kita tidak berada di dekat terutama di belakang orang-orang yang bertubuh tinggi. Karena jika kita sudah berdiri di belakang orang tinggi tersebut maka pemandangan yang akan kita lihat hanya kepala mereka. Namun jika sudah telanjur begitu, hal yang dapat membantu situasi kita adalah mengintip melalui sela-sela pundak orang. Artinya kita perlu pintar-pintar dalam mencari celah di antara pundak orang supaya dapat melihat panggung konser walaupun terbatas.

4. Menggunakan Sepatu yang Tinggi

Wedges dan Platform heels. Foto: Dok.Tory Burch dan Nordstrom
zoom-in-whitePerbesar
Wedges dan Platform heels. Foto: Dok.Tory Burch dan Nordstrom
Persiapan yang paling penting sebelum menonton konser adalah mencari alas kaki yang kompatibel. Bagi para penonton dengan tinggi badan yang pendek maka sangat disarankan untuk menggunakan sepatu yang tinggi karena kita akan semakin tinggi sehingga membantu penglihatan kita. Selain itu, kita juga perlu mencari alas kaki yang nyaman karena kita akan berdiri selama berjam-jam di konser tersebut. Oleh karena itu, walaupun heels termasuk alas kaki yang tinggi namun heels sangat tidak disarankan karena lama kelamaan kaki kita akan merasa letih dan kerumunan yang dorong-dorongan akan memicu kemungkinan kecelakaan seperti keseleo. Dengan demikian, alas kaki yang paling kompatibel untuk menonton konser adalah platform sneakers yang merupakan sepatu dengan fitur sol yang tinggi dan tebal. Sehingga sama seperti heels, platform shoe juga akan menambahkan beberapa centimeter pada tubuh kita. Sudah ada banyak merek sepatu di Indonesia yang menjual platform shoe seperti converse chuck taylor all star move platform, puma suede buffalo sneakers, dan lainnya.
Secara singkat, tips yang dapat dilakukan oleh para penggemar yang bertubuh mini ketika menonton konser adalah selalu datang lebih awal, mencari lokasi yang strategis, dan menggunakan sepatu platform. Oleh karena itu, tidak ada alasan bagi kamu untuk ragu membeli tiket konser artis kesukaanmu, jangan sampai menyesal nantinya!