Penerapan Strategi Pemasaran 4P Pada Bisnis F&B, Pentingkah?

Mahasiswa S1 Universitas Katolik Parahyangan
Konten dari Pengguna
15 Januari 2022 21:10
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Vincent Yang tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Penerapan Strategi Pemasaran 4P Pada Bisnis F&B, Pentingkah? (28277)
zoom-in-whitePerbesar
Media sosial menjadi salah satu tempat paling berpengaruh untuk menjalankan strategi pemasaran. Foto: Shutterstock
Pada pelaksanaan bisnis, banyak strategi yang harus diterapkan oleh sebuah perusahaan, salah satunya adalah strategi pemasaran. Strategi pemasaran digunakan untuk dapat memengaruhi perkembangan suatu bisnis. Strategi yang tepat dapat menarik perhatian konsumen untuk membeli atau menggunakan produk yang kita tawarkan. Strategi yang salah diambil dapat berakibat kegagalan.
ADVERTISEMENT
Saat ini, salah satu strategi yang harus diterapkan perusahaan adalah Strategi Pemasaran 4P, apalagi sekarang perusahaan yang sedang naik daun adalah yang bergerak di bidang food & beverages atau dikenal dengan F&B singkatnya. Strategi tersebut berisi mengenai beberapa komponen penting, seperti product, price, place, dan promotion. Strategi pemasaran 4p harus diterapkan pada perusahaan F&B agar dapat bersaing di masa kini.
Pemasaran merupakan kegiatan yang terpenting dalam pelaksanaan bisnis. Dapat diartikan bahwa pemasaran merupakan poros dari suatu roda bisnis perusahaan. Penerapan strategi pemasaran yang tepat akan berdampak pada perusahaan, terutama perusahaan F&B.
Strategi yang tepat tentu dapat beradaptasi dengan keadaan yang sedang terjadi di pasar, sehingga dapat mencapai tujuan perusahaan dengan baik. Saat ini, kondisi pandemi membuat perusahaan harus mencari cara untuk bertahan, menurut penulis strategi 4P tersebut dapat membantu perusahaan dalam menjalankan bisnisnya.
ADVERTISEMENT
Oleh sebab itu, perusahaan harus menerapkan strategi yang tepat seperti 4P. Kenapa? Karena perusahaan akan mendapatkan beberapa keunggulan dalam menerapkan strategi pemasaran ini. Pada saat pandemi seperti ini perencanaan strategi yang matang sangat berpengaruh pada jalannya bisnis.
Sebagai contoh, pada komponen produk, perusahaan dapat menentukan karakteristik dari produk yang akan dijual, seperti rancangan, fitur, dan kualitas produk. Lalu, perusahaan dapat menentukan harga yang sesuai dengan kualitas produk.
Selain harga, promosi juga menjadi salah satu yang penting karena memberikan informasi produk serta bertujuan untuk menarik minat calon konsumen. Terakhir, pemilihan tempat yang tepat akan berdampak pada efektivitas dan efisiensi perusahaan. Penerapan beberapa komponen penting tersebut dapat memaksimalkan keuntungan serta meningkatkan efisiensi dalam tata kelola perusahaan.
ADVERTISEMENT
Strategi 4P dapat berperan sangat penting. Kenapa? Tentu agar perusahaan dapat bertahan dalam persaingan pasar. Di masa kini, persaingan pasar semakin ketat sehingga terdapat banyak faktor yang dapat memengaruhi perkembangan perusahaan.
Faktor tersebut dapat meliputi beberapa hal, seperti tujuan perusahaan, inovasi produk, efisiensi distribusi, dan yang terpenting menurut penulis adalah perilaku konsumen. Konsumen memegang peranan penting, produk yang dapat menarik perhatian konsumen serta selalu berinovasi dalam perkembangannya akan selalu bertahan di pasar.
Salah satu contoh penerapan strategi pemasaran 4P oleh perusahaan F&B adalah Fore Coffee. Saat ini kita kenal sebagai salah satu startup yang cukup populer di Indonesia. Berdasarkan yang dapat kita lihat, Fore secara sederhana menerapkan 4P sebagai berikut, misalkan pada komponen product, Fore memiliki sebuah konsep produk yang ramah lingkungan, di mana kemasan dari produk minuman tersebut dapat dipakai kembali oleh konsumen tetapi tidak hanya itu. Produk kopi yang dihasilkan oleh Fore berkualitas dan memiliki berbagai macam varian yang unik.
ADVERTISEMENT
Lalu, pada bagian price perusahaan ini menetapkan harga yang cukup terjangkau untuk konsumennya yang sebagian besar merupakan kalangan generasi muda. Selain price, komponen place juga berperan penting dalam perkembangan bisnis Fore.
Tempat yang nyaman serta strategis yang dipilih oleh perusahaan tersebut membuat konsumen tertarik dan nyaman untuk membeli produk tersebut. Terakhir, pada bagian promotion Fore bekerja sama dengan salah satu selebgram terkenal untuk menciptakan sebuah produk kolaborasi dalam promosinya.
Akhir kata, sebelum kita akan membuka bisnis khususnya di bidang food & beverages, kita harus memilih strategi pemasaran yang sesuai dengan bisnis tersebut. Selain mendapatkan banyak keuntungan, bisnis kita pun dapat mencapai tujuan yang pasti.
Oleh karena itu, bisnis yang bergerak di bidang food & beverages tidak perlu ragu untuk menerapkan strategi dengan metode 4P, metode tersebut penting untuk diterapkan agar dapat bersaing di pasar masa kini yang semakin banyak kompetitor dan semakin maju. Apabila strategi tersebut diterapkan dengan baik, maka perusahaan kita akan dapat bertahan di tengah ketatnya persaingan pasar food & beverages di Indonesia.
ADVERTISEMENT
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020